sign up SIGN UP

Mungil Tapi Kaya Serat, Buah Satu Ini Ternyata Ampuh Turunkan Berat Badan Menurut Ahli Diet!

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 19 Jul 2022 11:00 WIB
Mungil Tapi Kaya Serat, Buah Satu Ini Ternyata Ampuh Turunkan Berat Badan Menurut Ahli Diet!
caption
Jakarta -

Ada banyak faktor yang menyebabkan berat badan susah turun. Misalnya kurang asupan protein, tubuh kurang gerak, jarang minum air putih, hingga salah memilih jenis makanan saat diet. Yup, jenis makanan yang dikonsumsi setiap harinya tentu dapat berpengaruh pada berat badan.

Salah satu makanan yang wajib dikonsumsi ketika sedang diet adalah makanan yang kaya akan serat. Sebab, serat dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan. Tentu hal ini dapat mencegah kamu untuk makan berlebih.

Kandungan serat bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi sayuran, biji-bijian, hingga buah-buahan. Nah, menurut ahli diet, rupanya ada satu buah kaya serat yang dinilai paling ampuh untuk menurunkan berat badan. Kira-kira buah apa? Yuk, cari tahu!

Buah yang Paling Ampuh Turunkan Berat Badan Menurut Ahli Diet

Sports woman eating salad, standing with lots of healthy fresh food on the kitchen. Concept of losing weight, sports and healthy eatingIlustrasi diet/ Foto: Getty Images/iStockphoto/RossHelen

Beauties, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah berry. Buah yang memiliki beragam jenis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari menjaga daya ingat tetap tajam hingga bantu menurunkan berat badan.

Menurut Roxana Ehsani, seorang ahli gizi dan diet terdaftar, buah berry adalah salah satu buah yang paling padat nutrisi. Tak hanya itu, buah berry juga kaya akan serat.

"Buah berry tidak hanya sarat dengan vitamin, mineral, dan antioksidan tetapi juga dengan serat," ungkapnya kepada Eat This! Not That.

Jika kamu sedang dalam upaya menurunkan berat badan, Ehsani menyarankan untuk mengonsumsi buah berry. Dalam hal kandungan serat makanan, buah berry dinilai yang terbaik dibanding buah-buahan lainnya.

kandungan antioksidan pada beri-berian seperti strawberry, strawberry dan red berry dapat membantu mengurangi stressBuah Beri/foto: Pexels.com/susanne-jutzeler-sujufoto

"Serat adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan dalam diet Anda ketika ingin menurunkan berat badan," jelas Ehsani.

"Buah berry memberikan perasaan kenyang, karena makanan kaya serat dicerna pada tingkat yang lebih lambat daripada makanan rendah serat. Ini dapat mencegah Anda makan berlebihan pada waktu makan dan mencegah Anda untuk mengonsumsi camilan sepanjang hari juga."

Tak hanya itu, makanan kaya serat seperti buah berry juga dapat membuat gula darah lebih stabil karena pelepasan energi yang lebih lambat alam aliran darah. Perlu diingat, menjaga gula darah agar tetap seimbang sangat penting ketika sedang diet.

Jenis Buah Berry yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Buah RaspberryBuah Raspberry/ Foto: Freepik/user15285612

Seperti yang kamu ketahui, buah berry memiliki beragam jenis, seperti stroberi, blueberry, blackberry, cranberry, dan masih banyak lagi. Nah, dari sekian banyak jenis buah berry, rupanya ada satu jenis yang paling ampuh dalam membantu menurunkan berat badan. Jenis buah berry tersebut adalah raspberry.

Dilansir dari Eat This, Not That! satu cangkir raspberry mengandung 65 kalori, 15 gram karbohidrat, 8 gram serat makanan, 5 gram gula, dan 1,5 gram protein.

"Alasan raspberry sangat tinggi serat makanan adalah karena berry sebenarnya terdiri dari biji kecil. Satu cangkir raspberry mengandung 53 persen dari nilai vitamin C harian Anda, membantu mendukung sistem kekebalan Anda di saat bersamaan," ungkap Ehsani.

Jenis dan Manfaat Buah Berry untuk KesehatanRaspberry/ Foto: Freepik

Dia menambahkan bahwa sebagian besar karbohidrat dalam raspberry berasal dari serat, menjadikannya makanan rendah karbohidrat alami, yang dapat membantu ketika kamu sedang menurunkan berat badan. Karena satu cangkir berry di bawah 100 kalori per cangkir, menjadikannya buah rendah kalori yang sehat saat kamu sedang diet. 

"Makan makanan padat nutrisi dan rendah kalori seperti raspberry bisa menjadi pengganti yang sempurna saat Anda mendambakan sesuatu yang manis, tapi jangan terlalu banyak kalori," tambah Ehsani.

Cara Mengonsumsi Buah Berry saat Diet

Buah RaspberryBuah Raspberry/ Foto: Freepik/Freepik

Ada banyak cara untuk menyantap raspberry saat diet. Ehsani menyarankan untuk menambahkan raspberry ke smoothies, smoothies bowls, topping puding biji chia atau yogurt. Selain itu, kamu juga bisa membuat selai berserat tinggi dari raspberry.

"Cukup tumbuk raspberry Anda dan campur dengan biji chia dan diamkan. Anda akan melihat selai mengental saat didiamkan, yang kemudian dapat diaduk menjadi yogurt, dioleskan di atas roti panggang, bukan jelly atau selai biasa," kata Ehsani.

"Campur raspberry beku bersama dengan pisang beku, dan itu berubah menjadi sajian lembut yang lembut seperti alternatif es krim sajian buah yang sehat," tambahnya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id