sign up SIGN UP

Nggak Cuma Menyehatkan Tubuh, Puasa Juga Punya Sederet Manfaat Untuk Otak! Salah Satunya Bisa Cegah Alzheimer

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Selasa, 26 Apr 2022 06:00 WIB
Nggak Cuma Menyehatkan Tubuh, Puasa Juga Punya Sederet Manfaat Untuk Otak! Salah Satunya Bisa Cegah Alzheimer
caption

Selama ini kita tahu bahwa puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental. Namun tidak hanya itu, menahan lapar dan haus saat puasa juga ternyata berdampak baik untuk kesehatan otak lho, Beauties.

Mengutip dari Brain Facts, 4 hal positif ini ternyata terjadi pada otak saat tubuh berpuasa selama 10 - 14 jam!

1. Puasa Dapat Memperbaiki Sel Otak

manfaat puasa
Manfaat puasa untuk otak/Foto: Freepik/Wayhomestudio

Saat berpuasa, asupan glukosa yang didapatkan tubuh dari makanan menjadi berkurang. Padahal, glukosa merupakan sumber energi yang digunakan tubuh dan otak untuk bekerja. Kondisi ini akhirnya memaksa tubuh memecah energi cadangan berupa glikogen dan asam lemak yang terdapat pada organ hati, untuk dibentuk menjadi sumber energi yang disebut keton.

Perubahan sumber energi menjadi keton ini kemudian dapat merangsang terjadinya proses autofagi atau proses perombakan, di mana tubuh memperbaiki sendiri sel-sel yang rusak, termasuk sel-sel otak.

2. Fungsi Kognitif Meningkat

manfaat puasa
Manfaat puasa untuk otak/Foto: Freepik/Marymarkevich

Studi yang dikutip dari laman NCBI yang dilakukan pada hewan di laboratorium menunjukkan, puasa dapat menjadikan tubuh dan otak bekerja lebih baik. Fungsi otak seperti kognitif, memori dan kewaspadaan juga disebut mengalami peningkatan selama berpuasa.

Hal ini karena puasa dapat merangsang meningkatnya produksi protein dalam sel saraf yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Protein ini memegang peranan penting dalam membentuk sel-sel baru di hipokampus, yaitu bagian otak yang berfungsi mengolah memori dan pembelajaran lho, Beauties.

3. Lebih Tahan Terhadap Stres

manfaat puasa
Manfaat puasa untuk otak/Foto: Freepik/Tirachardz

Selain berperan dalam hipokampus, BDNF juga dapat membuat neutron lebih tahan terhadap stres

Menurut studi lain yang dilakukan oleh Mark Mattson, profesor di Johns Hopkins University, AS, peralihan sumber energi menggunakan keton yang diproduksi dari pembakaran asam lemak, juga membuat sel-sel tubuh menjadi lebih sehat.

Hal ini juga berdampak baik pada jaringan saraf sehingga dapat meningkatkan fungsionalitas dan ketahanan otak terhadap stres, cedera hingga penyakit.

4. Risiko Penyakit Degeneratif Otak Menurun

manfaat puasa
Manfaat puasa untuk otak/Foto: Freepik/Freepik

Manfaat lain yang bisa didapatkan dengan berpuasa adalah mengurangi resiko penyakit degeneratif otak, seperti alzheimer.

Pasalnya, sel-sel otak yang terus mengalami perbaikan, perombakan, dan pembaruan selama puasa dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan fungsi kognitif yang menjadi salah satu faktor utama penyebab penyakit ini.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id