STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Puasa Juga Bisa Bikin Otak Jadi Cerdas, Cek Penjelasannya Berikut Ini, Yuk!

Fina Prichilia | Beautynesia
Rabu, 06 Apr 2022 19:45 WIB
Puasa Juga Bisa Bikin Otak Jadi Cerdas, Cek Penjelasannya Berikut Ini, Yuk!

Berpuasa tidak cuma membuat seseorang menahan diri dari lapar, haus, juga berbagai tindakan yang dianggap bisa membatalkan puasanya. Karena selain menjadi kewajiban dari kepercayaan maupun agama, puasa juga berpengaruh ke lain-lain.

Misalnya pada kesehatan tubuh, seperti bisa menjaga berat badan tetap ideal, hingga mengurangi risiko munculnya kanker dalam tubuh --sebab selama puasa asupan nutrisi berkurang yang membuat laju pembelahan sel, termasuk sel kanker berkurang.

Lebih lanjut menurut National Institute of Health dari U.S Department of Health and Human Service, dengan berpuasa justru bisa meningkatkan kesehatan orang-orang dengan penyakit tertentu, Beauties. Seperti diabetes, obesitas, sakit jantung, gangguan saraf, serta kanker.

Puasa dan Kecerdasan

mengatur asupan buka puasa dengan cermatIlustrasi berbuka puasa. /photo by stefan vladimirov on unsplash/

Menariknya, adapula hubungan antara berpuasa dengan kecerdasan, lho! Mengutip laman Pacific Neuroscience Institute, penelitian terbaru dan uji klinis menunjukkan bahwa puasa intermiten yang dilakukan secara berkelanjutan, serta dipertahankan selama berbulan-bulan, bisa memengaruhi memori dan kognisi secara keseluruhan.

Puasa intermiten itu sendiri yakni kamu makan seperti biasa selama beberapa hari dalam seminggu, kemudian berpuasa di hari lain. Ada berbagai metode yang bisa dilakukan, biasanya dengan formula 5-2 atau lima hari makan seperti biasa, dan dua harinya berpuasa atau tidak lebih dari 500-600 kalori.

Atau ada juga metode 16/8, yaitu berpuasa setiap hari selama 16 jam, dan sisa 8 jamnya bisa digunakan untuk waktu makan. Sebagai contoh, bila kamu makan di pukul 4 pagi, maka kamu bisa makan kembali di malam harinya, pukul 8.

Ilustrasi kecerdasanIlustrasi Kecerdasan/Foto: Freepik/Benzoix/

Mengutip laman Healthline, dalam beberapa penelitian yang masih terbatas diuji pada hewan, disebutkan bahwa dengan berpuasa bisa meningkatkan fungsi otak serta mencegah gangguan neurodegeratif --berhubungan dengan saraf otak.

Ini karena manfaat dari puasa itu sendiri bisa membantu redakan peradangan, yang mana bisa membantu mencegah gangguan neurogeneratif.

Selain itu, penelitian dari Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menyebut puasa yang dilakukan dalam beberapa minggu bisa meningkatkan daya ingat. Fakta penting nih buat yang mudah lupa ya, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE