sign up SIGN UP

Nggak Gampang, Tapi Bisa Dicoba: Cara Menerima dan Mencintai Diri Usai Didiagnosis Kanker Payudara

Anindya Milagsita | Minggu, 24 Oct 2021 23:30 WIB
Nggak Gampang, Tapi Bisa Dicoba: Cara Menerima dan Mencintai Diri Usai Didiagnosis Kanker Payudara
caption

Beauties, mendapatkan diagnosis kanker payudara bagi seorang perempuan tentu menjadi hal yang berat untuk dijalani. Tak hanya rasa takut, marah, hingga depresi tapi ada serangkaian perasaan dan juga perubahan fisik yang harus dialami. 

Kalau kamu atau orang terdekat tengah mengalaminya, ternyata ada cara yang bisa dilakukan untuk membantu agar bisa bangkit dari masa sulit. Salah satunya dengan menerapkan selflove atau cinta terhadap diri sendiri. Cara ini diharapkan bisa membantu para perempuan yang tengah berjuang melawan kanker payudara untuk tetap nyaman dengan diri sendiri.

Penasaran bagaimana caranya? Simak selengkapnya lewat artikel berikut, yuk!

Berterima Kasih pada Diri Sendiri

Berterima kasih pada diri sendiri karena telah kuat menjali semua yang telah terjadi
Cara mencintai diri sendiri setelah didiagnosis kanker payudara/freepik/wayhomestudio

Langkah pertama untuk dapat mencintai diri sendiri pascadiagnosis kanker payudara, bisa dilakukan dengan berterima kasih pada diri sendiri terutama tubuh kamu, Beauties. Seperti dilansir dari Healthline, melakukan berbagai perawatan kesehatan kanker seperti operasi hingga kemoterapi nggak jarang membuat seseorang melupakan penghargaan untuk diri sendiri.

Mengenali semua yang pernah terjadi dan betapa kuatnya tubuh melaluinya bisa membantu kamu menemukan penghargaan hingga cinta pada diri sendiri. Jangan lupa untuk berterima kasih pada diri sendiri  atas perjuangan tubuh hingga bisa kuat bertahan selama ini. 

Lihat Tubuh dengan Tatapan Penuh Kasih

Tatap tubuh dengan penuh kasih sayang.
Cara mencintai diri sendiri setelah didiagnosis kanker payudara/freepik/freepik

Mengalami diagnosis dari dokter berupa kanker payudara tentu berpengaruh besar pada perasaan hingga penampilan. Terlebih setelah melalui berbagai perawatan yang membuat ada beberapa bagian dari tubuh yang berbeda. Sebagian orang yang mengalaminya cenderung malu dan nggak ingin untuk melihatnya.

Masih dilansir dari laman yang sama, buat kamu yang tengah berjuang untuk menjalaninya, ada cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan perasaan berbeda saat melihat tubuh kamu, Beauties.

Saat melihat cermin cobalah untuk pandangi setiap bagian tubuh dengan mata yang percaya kalau itu semua terlihat indah dan layak untuk dicintai. Tatapan penuh kasih yang diberikan pada diri kamu sendiri saat melihat cermin dapat memunculkan perasaan berbeda sekaligus memunculkan perasaan selflove.

Alihkan Pikiran Negatif yang Muncul

Mengabaikan pikiran negatif dan fokus pada diri sendiri.
Cara mencintai diri sendiri setelah didiagnosis kanker payudara/freepik/rawpixel.com

Buat kamu yang tengah berjuang melawannya, pernahkah ada pemikiran aneh setelah menerima diagnosis mengalami kanker payudara, Beauties? Kondisi ini wajar dan membuat seseorang justru terkadang semakin memikirkan banyak hal. Pikiran memanglah kuat, karena sebuah pemikiran nggak jarang bisa kita percaya meski itu semua bukanlah fakta.

Dibandingkan memikirkan hal-hal yang belum tentu benar, lebih baik fokus pada apa yang harus dilakukan. Terlebih pikiran-pikiran negatif yang muncul justru bisa jadi bumerang bagi diri sendiri. Alihkan pikiran negatif dan ambil kekuatan dari itu semua untuk lebih fokus terhadap diri sendiri.

Memakai Aksesoris Fashion yang Nyaman

Memakai aksesoris yang nyaman agar bisa tampil lebih percaya diri.
Cara mencintai diri sendiri setelah didiagnosis kanker payudara/freepik/freepik

Menerima diagnosis mengalami kanker payudara menjadi hal yang seringkali sulit untuk dipercaya. Terlebih adanya berbagai perubahan pada perasaan hingga penampilan membuat para perempuan yang mengalaminya terkadang kehilangan rasa percaya dirinya. Alih-alih malu dan menutup diri, kamu bisa mengubah penampilan agar lebih percaya diri, Beauties.

Melansir dari laman Breast Cancer, tampil percaya diri meskipun mengalami perubahan dalam penampilan seperti rambut rontok bisa dilakukan dengan memakai penutup kepala ataupun syal.

Ini disampaikan oleh seorang penyintas kanker payudara bernama Gina de Givenchy. Memakai topi ataupun penutup kepala yang lain hingga syal membantu seseorang yang tengah berjuang melawan kanker payudara untuk tetap bisa tampil percaya diri pada penampilannya.

Lakukan Me Time yang Membuat Senang

Melakukan me time yang menyenangkan untuk membuat pikiran lebih fresh.
Cara mencintai diri sendiri setelah didiagnosis kanker payudara/freepik/rawpixel.com

Masih dilansir dari laman yang sama, seorang advokat kanker payudara, perancang busana, juga pendiri Dana Donofree bernama AnaOno justru memberikan saran untuk melakukan aktivitas me time yang menyenangkan. Seperti menikmati jalan-jalan sore, berjemur di bawah sinar matahari pagi, hingga kembali melakukan rutinitas yang disukai.

Cara ini dilakukan agar seseorang mendapatkan keseimbangan hidup dan kebahagiaan meskipun tengah berjuang melawan kanker. Bagi kamu ataupun orang terdekat yang tengah menjalani perawatan kanker payudara, jangan lupa untuk selalu mencintai diri sendiri dan tetap semangat untuk menjalaninya, ya!

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id