sign up SIGN UP

Survei Terbaru: 6.000 Orang Membuktikan 4 Cara Ini Bisa Turunkan Berat Badan Sebanyak 22 Kg!

Cica Rahmania | Beautynesia
Rabu, 08 Jun 2022 13:45 WIB
Survei Terbaru: 6.000 Orang Membuktikan 4 Cara Ini Bisa Turunkan Berat Badan Sebanyak 22 Kg!
caption
Jakarta -

Para pelaku diet memiliki tantangan tersendiri dalam menjalani programnya. Mulai dari tantangan yang berasal dari dalam diri maupun dari luar. Namun, dari sekian banyak tantangan dalam menjalani diet, biasanya menjaga berat badan untuk stabil adalah yang sering dikeluhkan.

Yups! Diet bukan cara untuk mendapatkan berat badan dalam jangka waktu tertentu saja, Beauties. Melainkan upaya menjaga pola makan secara berkelanjutan untuk mendapat dampak baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

Menurut sebuah penelitian yang dikutip dari Eat That, lebih dari setengah berat badan yang hilang akan kembali dalam waktu dua tahun dan bisa meningkat hingga 80% dalam lima tahun. Hmmm... PR banget, ya, Beauties?

Diet yang salah menyebabkan permasalahan berat badanDiet yang salah menyebabkan permasalahan berat badan. (Foto: Freepik.com/ user18526052)

Namun, kamu nggak perlu khawatir. Sebab, studi baru di jurnal Obesity mengungkapkan cara utama mereka untuk mempertahankan berat badan. Para peneliti mensurvei lebih dari 6.000 peserta dalam program diet WW yang telah kehilangan lebih dari 50 pon atau setara dengan 22 kilogram dan stabil selama lebih dari tiga tahun.

Penasaran dengan apa saja yang dilakukan oleh orang-orang dalam program diet WW tersebut? Simak bocorannya di bawah ini.

Anggap Diet Sebagai Maraton, Bukan Sprint

Menurut Suzanne Phelan, PhD, dari Departemen Kinesiologi dan Kesehatan Masyarakat di California Polytechnic State University, ketekunana adalah kunci terbesar dari para pelaku diet dalam survei tersebut. 

Diet paleo untuk kulit yang kenyalIlustrasi diet. (Foto: freepik.com/Rawpixel) / Foto: Aqida Widya Kusmutiarani

Hal ini juga jadi metode utama untuk menghadapi turunnya semangat yang tak terhindarkan. Oleh karena itu, punya pandangan jangka panjang, akan jauh lebih mudah untuk memulai kembali dengan cepat daripada melepaskannya begitu saja.

Bikin Tracking

Selain ketekunan, para pelaku diet yang sukses dalam survei tersebut juga memaparkan bahwa membiasakan diri untuk mencatat makanan sehari-hari juga jadi kunci keberhasilan turunnya berat badan.

5 Tips Diet Ini Sering Diremehkan, Padahal Ampuh Turunkan Berat Badan!/Foto: pexels.com/Ketut SubiyantoIlustrasi diet. (Foto: pexels.com/Ketut Subiyanto) 

Hal ini mereka lakukan bahkan setelah mencapai goals berat badan mereka. Seorang responden menyarankan, "Kamu harus bangun setiap hari dan membuat pilihan untuk melacak dan makan dengan benar. Ini adalah perubahan gaya hidup, bukan diet."

Sadari dan Bikin Perayaan

Strategi penting lainnya adalah tidak menganggap berat badan sebagai motivator utama. Para responden mengatakan bahwa berat badan bukan motivasi utama. Bagi mereka, yang paling penting adalah "kemenangan non-skala".

Usai turun berat badan, penting bagi kita untuk memantau kadar gula darah tubuh/Foto: pexels.com/SHVETS ProductionIlustrasi diet. (Foto: pexels.com/SHVETS Production) 

Kemenangan yang dimaksud adalah seperti berkurangnya rasa sakit, rasa percaya diri yang meningkat, dan memiliki energi yang lebih konsisten serta suasana hati yang lebih ringan.

Fokus Pada Kesehatan, Bukan Berat Badan

Seperti yang telah dikatakan di atas, para responden tidak menjadikan berat badan sebagai motivasi utama. "Pikirkan untuk mengubah kebiasaan makan Anda sebagai bagian dari menciptakan gaya hidup sehat," kata seorang responden pada survei tersebut.

Sadar akan kesehatan sejak dini menjadi cara agar tubuh tetap bugar di usia 30-an.Ilustrasi sehat. (Foto: freepik/senivpetro)

Mereka menganggap penurunan berat badan terjadi sebagai akibat, atau bahkan efek samping, dari pergeseran pola makan daripada menjadikannya sebagai fokus utama. Hal itu akan membantu kamu beralih ke perubahan sehat lainnya, seperti aktivitas harian, kualitas tidur, dan penurunan stres.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id