sign up SIGN UP

Kata Orang Tua Zaman Dahulu, Satu Diet Ini Terbukti Efektif Turunkan Berat Badan dan Bikin Umur Panjang!

Cica Rahmania | Beautynesia
Kamis, 09 Jun 2022 08:45 WIB
Kata Orang Tua Zaman Dahulu, Satu Diet Ini Terbukti Efektif Turunkan Berat Badan dan Bikin Umur Panjang!
caption
Jakarta -

Kehidupan hari ini mungkin telah mengalami serangkaian perubahan dalam peradaban manusia. Tak terkecuali cara manusia memandang makanan dan gaya hidup. Namun, dari orang-orang terdahulu, kita bisa mengetahui banyak hal dari pengalaman mereka.

Kabar baiknya, sebuah penelitian telah melibatkan orang-orang tua dari beberapa negara untuk membagikan pengalaman gaya hidup dan kebiasaan makan mereka hingga bisa bertahan hidup dalam keadaan sehat seperti sekarang.

DietIlustrasi diet nabati. / Foto: freepik.com/yanalya

Dipimpin oleh pendiri Blue Zone (zona panjang umur), Dan Buettner, Blue Zone Project mengidentifikasi lima tempat di dunia, di mana orang hidup paling lama berada, yaitu Okinawa, Jepang; Sardinia, Italia; Nicoya, Kosta Rika; Ikaria, Yunani, dan Loma Linda, California.

Kemudian, Buettner dan timnya mempelajari orang-orang dengan panjang umur ini dan mencatat beragam nasihat hidup yang harus dipelajari dari mereka.

Namun, ada benang merah yang bisa ditarik dari komunitas Blue Zone. Mereka memiliki banyak kesamaan dalam hal kebiasaan makan, yaitu berupa kebiasaan makan makanan berbasis tumbuhan.

Diet Plant-Based Rahasia Umur Panjang

orang tuaIlustrasi orang tua umur panjang. / Foto: Getty Images/praetorianphoto

Kendati banyak makan makanan berbasis tumbuhan, tapi orang-orang di Blue Zone masih makan daging, kok. Hanya saja mereka makan dalam porsi yang sangat kecil dan jarang.

"Orang-orang di Zona Biru makan berbagai sayuran kebun yang banyak ketika sedang musimnya, dan kemudian mereka mengasinkan atau mengeringkan lebihnya untuk dinikmati selama tidak musim," kata Blue Zone Project dihimpun dari Eat This.

Salad alpukatSalad alpukat. (Foto: Freepik.com/Jcomp) / Foto: Octavia Tunggal Dewi

"Makanan umur panjang terbaik dari yang terbaik adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, bit dan lobak, lobak, dan sawi. Dikombinasikan dengan buah dan sayuran musiman, biji-bijian, dan kacang mendominasi makanan Zona Biru sepanjang tahun. "

Hubungan Diet Plant-Based dengan Penurunan Berat Badan

Tak hanya menjaga kesehatan secara jangka panjang, diet plant-based juga terbukti membantu penurunan berat badan. Hal ini juga dibuktikan oleh segudang penelitian lain.

Penelitian yang dilakukan pada 2010 menunjukkan bahwa konsumsi daging berkaitan dengan penambahan berat badan, bahkan jika teknik penurunan berat badan yang sehat lainnya digunakan. Olahraga, misalnya.

dietIlustrasi diet. / Foto: freepik.com/freepik

Kemudian, pada 2018, dilakukan peninjauan komprehensif terhadap beberapa penelitian yang pernah dilakukan. Hasilnya menunjukkan bahwa pola makan nabati memiliki korelasi dengan kesehatan secara keseluruhan yang lebih baik. Hal ini termasuk upaya penurunan berat badan yang terbukti efektif.

Ditambah lagi dengan penelitian yang baru-baru ini dilakukan. Penelitian yang dilakukan pada 2020 menghubungkan pola makan nabati dengan penurunan berat badan. Mungkin penelitian-penelitian di atas nggak asing lagi di telingamu.

Namun Blue Zone Project berhasil memvalidasi bahwa gagasan tersebut berdasarkan pada sesuatu di luar penelitian akademis, yaitu dari nasihat orang-orang berumur panjang di dunia.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id