sign up SIGN UP

Nggak Melulu Daging, 7 Makanan Ini Ternyata Bisa Dipanggang, lho! Tertarik Coba?

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Sabtu, 23 Jul 2022 22:00 WIB
Nggak Melulu Daging, 7 Makanan Ini Ternyata Bisa Dipanggang, lho! Tertarik Coba?
caption

Beauties, siapa yang di sini suka memasak? Kira-kira kamu lebih suka memasak dengan teknik apa? Dalam memasak memang terdapat beragam jenis teknik. Untuk sebagian orang mungkin lebih suka memasak dengan teknik digoreng atau ditumis. Namun, itu akan menjadi membosankan jika terjadi secara terus-menerus, bukan?

Ada kalanya kamu butuh memvariasikan teknik masakan, bukan hanya menu masakkannya saja. Kamu bisa mencoba memasak dengan teknik memanggang, misalnya. Teknik memanggang adalah teknik pengolahan makanan yang dilakukan dengan cara memanfaatkan hawa panas di ruang tertutup seperti di dalam oven.

Untuk jenis makanannya bisa kamu sesuaikan, namun ada juga makanan yang selama ini hanya kamu masak dengan teknik lain ternyata juga bisa dimasak dengan teknik dipanggang lho. Nah, kira-kira makanan apa saja ya? Merangkum dari Sharp, berikut 7 jenis makanan yang bisa dipanggang. Yuk, intip!

Buah

Ilustrasi buah kiwi
Ilustrasi buah kiwi/Foto: Pexels/PhotoMIX Company

Buah adalah jenis makanan yang bisa dimakan langsung. Namun, jika kamu ingin memvariasikan rasanya cobalah dimasak dengan cara dipanggang. Memasak buah dapat meningkatkan rasanya.

Selain itu, jika kamu memasaknya dengan cara dipanggang maka akan memberikan sensasi berasap. Beberapa jenis buah, seperti nanas, semangka, persik, mangga, dan kiwi bisa menjadi pilihan yang bagus. Caranya mudah, kamu hanya perlu mengolesi sedikit potongan buah dengan minyak zaitun, lalu tempelkan pada tusuk sate agar tidak jatuh ke dalam api.

Pizza

Ilustrasi piza
Ilustrasi piza/Foto: Pexels/Beqa Tefnadze

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), piza adalah penganan berasal dari Italia, berbentuk bundar, terbuat dari terigu, telur, dan bumbu dengan keju, tomat, saus, dan sebagainya di atasnya. Biasanya, pizza dimasak dengan menggunakan oven batu bata. Tetapi, kamu juga bisa memasaknya dengan menggunakan panggangan. Untuk panas yang merata dan kerenyahan yang lebih baik, gunakan batu pizza di atas panggangan.

Keju

Ilustrasi keju
Ilustrasi keju/Foto: Freepik/Wirestock

Keju merupakan jenis produk olahan berbahan baku susu. Salah satu keju yang paling terkenal untuk dipanggang adalah halloumi, spesialisasi Yunani dengan titik leleh tinggi dengan rasa krim. Tetapi untuk jenis keju lainnya, seperti queso panela dan provolone, bentuknya tidak akan berubah ketika dipanggang dan cocok dipadukan dengan roti kering atau buah dan sayuran segar.

Kacang-kacangan

Ilustrasi kacang-kacangan
Ilustrasi kacang-kacangan/Foto: Pexels/Marta Branco

Almond, pecan, walnut, kacang mete, dan kacang tanah akan mendapatkan tambahan rasa di atas panggangan. Selain itu, kacang-kacangan juga cocok dipadukan dengan hidangan nasi, oatmeal, salad, atau es krim. Saat memanggangnya, gunakan "bahan pembasah", seperti kecap, minyak zaitun, atau jus buah. Campurkan bahan cairan pilihanmu dengan kacang dan aduk hingga rata.

Kerang

Ilustrasi kerang
Ilustrasi kerang/Foto: Pexels/Julia Filirovska

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kerang berarti binatang lunak yang hidup di air (laut) keluarga tiram, berinsang pipih, cangkangnya terdiri atas sepasang katup yang dihubungkan dengan engsel hingga dapat dibuka atau ditutup.

Binatang yang serupa dengannya adalah udang, lobster, tiram, dan kepiting cangkang lunak. Binatang-binatang tersebut akan sangat lezat jika dimasak dengan cara dipanggang. Selain itu, ketika kerang dipanggang akan memberikan perlindungan panas sambil membantu menahan dan memusatkan rasa yang kaya secara alami.

Makanan Penutup

Ilustrasi dessert
Ilustrasi dessert/Foto: Freepik/Azerbaijan_stockers

Makanan penutup atau dessert bisa dimasak dengan cara dipanggang. Caranya adalah dengan menggunakan panci aluminium sekali pakai atau kertas timah sederhana, lalu letakkan di atas panggangan.

Salad

Ilustrasi salad
Ilustrasi salad/Foto: Pexels/Ronmar Lacamiento

Definisi salad menurut Merriam-Webster adalah sayuran mentah (seperti selada) sering dikombinasikan dengan sayuran dan topping lainnya dan disajikan terutama dengan saus. Bisa diartikan pula sebagai potongan kecil makanan (seperti pasta, daging, buah, atau sayuran) biasanya dicampur dengan saus (seperti mayones) atau dimasukkan ke dalam agar-agar.

Sayuran salad yang lebih kuat, seperti romaine, endive atau kubis yang dibelah dua atau dipotong empat, dapat dimasak di atas panggangan. Kamu dapat mencoba salad irisan panggang, salad Caesar panggang dengan hati romaine, atau "steak" kubis panggang. Sajikan secara utuh sebagai lauk, potong sebagai salad cincang, atau iris sebagai coleslaw.

Nah, Beauties itulah tadi 7 makanan yang bisa dipanggang. Dari ketujuh makanan di atas ada yang sudah pernah kamu coba panggang?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id