sign up SIGN UP

Pentingnya Mengatur Jam Tidur untuk Kesehatan Anak, Simak 4 Manfaatnya Berikut Ini!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Selasa, 10 May 2022 22:00 WIB
Pentingnya Mengatur Jam Tidur untuk Kesehatan Anak, Simak 4 Manfaatnya Berikut Ini!
caption

Tubuh yang sehat tak hanya didapatkan dari makan makanan yang sehat atau olahraga saja, melainkan juga dibutuhkan tidur yang cukup. Tidur yang cukup tak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa, melainkan juga anak-anak, apalagi yang masih dalam rentang usia pertumbuhan. Namun, masalah anak kurang tidur cukup sering dialami oleh para orangtua.

Melansir dari US News, menurut hasil penelitian menunjukkan anak-anak usia 18 bulan dengan waktu tidur yang lebih lambat memiliki risiko lebih tinggi terhadap masalah defisit motorik, bahasa, sosial, masalah emosional, hingga memiliki kebiasaan makan yang buruk. Dilansir dari Web MD, setidaknya untuk usia bayi membutuhkan durasi tidur sebanyak 14 jam per hari, anak-anak 11-12 jam, dan  remaja setidaknya 8-9 jam per hari. 

Lantas, apa saja pentingnya mengatur jam tidur bagi anak? Dihimpun dari berbagai sumber, yuk simak ulasannya!

Mendukung Pertumbuhan Anak

mengatur jam tidur anak dapat mendukung pertumbuhan
Pertumbuhan Anak/Foto: Freepik.com/jcomp

Melansir dari Parents.com, menurut Judith Owens, direktur dari Childrens Nantional Medical Center di Washington, D.C, ia menyebutkan bahwa hormon pertumbuhan utamanya akan dilepaskan saat tidur nyenyak.

Sementara itu melansir dari CNN Indonesia, menurut Damayanti Sjarif, dokter spesialis anak konsultan nutrisi dan penyakit metabolik dari RSCM, ia menjelaskan bahwa hormon pertumbuhan hanya bekerja pada jam 12 malam hingga 1 dini hari saat anak memasuki fase tidur dalam.

Kesehatan Otak

Tidur yang cukup juga dapat menjaga kesehatan otak anak. Melansir dari CNN, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Pediatric Psychology pada tahun 2013 yang menguji fungsi emosional, perhatian, dan kelancaran matematika dengan melibatkan 32 peserta dengan usia 8 sampai 12 tahun ditemukan bahwa anak-anak yang diperintahkan tidur 1 jam lebih lambat menunjukkan kinerjanya dalam melakukan suatu hal jadi melambat.

Kesehatan Jantung

Tidur  yang cukup pada anak dapat membantu terhindar dari sakit jantung saat dewasa
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/jcomp

Melansir dai CNN Indonesia, menurut studi tahun 2011 dari European Heart Journal menunjukkan bahwa orang-orang yang mengalami kekurangan waktu tidur lebih berisiko 48 persen mengalami sakit jantung koroner. Tentu hal ini juga berlaku untuk anak-anak. Dengan mengatur waktu tidur anak untuk lebih awal dan tepat waktu dapat membantunya terhindari dari risiko sakit jantung saat usia dewasa kelak.

Mengontrol Berat Badan

mengatur waktu tidur anak dapatt mencegah terjadinya obesitas
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/jcomp

Masalah gangguan tidur dapat berisiko untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk obesitas. Melansir dari Healthline, kurangnya waktu tidur yang dialami oleh anak-anak dapat meningkatkan resiko obesitas sebesar 35-40 persen.

Dilansir dari CNN, menurut seorang Profesor Epidemiologi dan penulis di Sekolah Tinggi Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Ohio, ia menyebutkan bahwa tidur yang cukup dapat membantu hormon mengendalikan nafsu makan dan metabolisme. Untuk mencegah masalah obesitas pada anak, ia merekomendasikan agar anak usia prasekolah untuk tidur sebelum jam 8 malam.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id