sign up SIGN UP

Perhatikan 4 Hal Ini Ketika Mulutmu Terasa Bau, Bukan Cuma Gosok Gigi Lho!

| Selasa, 09 Nov 2021 08:00 WIB
Perhatikan 4 Hal Ini Ketika Mulutmu Terasa Bau, Bukan Cuma Gosok Gigi Lho!
caption
Jakarta -

Bau mulut pasti pernah dialami oleh semua orang. Namun, tidak semua orang menjadikan hal tersebut sebuah masalah dalam hidup. Sebab, sebagian bisa hilangkan dengan sikat gigi, sedangkan sebagian lagi tinggal dan menyebabkan rasa malu.

Jika kamu mengalami bau mulut dan sikat gigi tak cukup mampu mengusirnya, itu artinya ada hal lain yang perlu diperhatikan dari sekadar bakteri. Dikutip dari Byrdie, bau mulut bisa menjadi sinyal kesehatan yang membuatmu perlu melakukan beberapa penyesuaian.

Makanan adalah salah satu hal yang perlu kamu perhatikan dalam hal ini. Selain itu, yuk, simak artikel berikut ini.

Pakai Pembersih Lidah

Lidah juga harus selalu dibersihkan untuk mencegah perpindahan bakteri dari lidah menuju gigi.Ilustrasi membersihkan lidah. (Foto: pinterest.com/dentagama)/ Foto: Novianty Aulia

Sikat gigi saja tidak cukup, Beauties. Kamu juga perlu menjaga mulut lebih segar dengan membersihkan lidah kamu. Apakah kamu pernah melakukannya? Caranya yaitu dengan mengerok lidah dengan tongue scraper.

"Kerok lidah dengan pengikis setiap hari untuk menghilangkan bakteri yang hidup di permukaan lidah," kata am Saleh, DDS, adalah dokter gigi kosmetik di Beverly Hills, Los Angeles, dan London, kepada Byrdie. Menurutnya, tongue scraper dengan bahan tembaga adalah pilihan yang baik, karena tembaga memiliki sifat antibakteri alami.

Makanan Berminyak, Goreng, dan Manis

Makanan yang dibakar atau dipanggangIlustrasi makanan berminyak dan gluten. (Foto: Freepik.com/Wayhomestudio)/ Foto: Octavia Tunggal Dewi

Mona Dan, LAc., MTOM, seorang ahli herbal, ahli akupunktur, dan spesialis pengobatan tradisional Tiongkok dan pendiri Vie Healing, mengatakan bahwa halitosis atau bau mulut disebabkan oleh pencernaan yang tidak beres di perut.

Menurut Dan, bau mulut digambarkan sebagai "panas atau dingin terperangkap di saluran pencernaan, yang mungkin menyebabkan makanan hampir membusuk atau rusak, yang menyebabkan malabsorpsi atau gejala gangguan penyerapan."

Oleh karena itu, sebaiknya hindari makan makanan yang sulit dicerna oleh tubuh, seperti makanan bergluten, manis, dan berminyak atau gorengan.

Makan Makananan Sesuai Suhu Tubuh

Mengonsumsi Makanan Sehat / foto : pexels.com/TrangDoanIlustrasi makanan. (Foto: pexels.com/TrangDoan)/ Foto: aqillah diaz

Rupanya, menentukan makanan yang tepat bukan hanya dari suhu atau cuaca di luar sana, melainkan juga mempertimbangkan suhu tubuh diri sendiri. Menurut Dan, hal ini bisa menjaga saluran pencernaan dan menghindari mau mulut seperti yang diungkap pada poin di atas.

Dan mengatakan, jika tubuh kamu panas, perut terasa panas saat disentuh, dan lidah kamu kemerahan, sebaiknya hindari makanan yang digoreng, berminyak, dan pedas. Sebaliknya, jika kamu kedinginan, perut terasa dingin saat disentuh, dan lidah membengkak dan pucat, maka hindari buah dan sayuran mentah.

Hindari smoothie dingin, sebagai alternatif, Dan merekomendasikan kamu untuk memasak sayuran dan memasukkan makanan hangat ke dalam menu makanan harianmu. Perhatikan pula asupan air putih yang masuk ke tubuhmu ya, Beuties.

Seberapa Sering ke Dokter Gigi

Rutin Mengontrol ke Dokter GigiIlustrasi dokter gigi. (Foto: freepik.com) / Foto: Fauziana Hilda

Kamu mungkin bisa menjawab seberapa sering kamu menyikat gigi, tapi bagaimana jika ditanya seberapa sering kamu pergi ke dokter gigi? Kondisi bau mulut yang tidak bisa diatasi dengan mengubah pola makan dan kebersihan mulut itu berarti ada sesuatu yang terjadi di dalam tubuhmu.

Segera konsultasilah ke dokter gigi, terlebih jika kamu memiliki masalah pada gigi atau gusimu. Lawrence Fung, DDS, adalah dokter gigi kosmetik yang berbasis di California dan pendiri Silicon Beach Dental, mengatakan halitosis yang tidak sembuh dengan sendirinya mungkin sinyal masalah gigi yang mendasari seperti penyakit periodontal atau kerusakan gigi.

Gingivitis, tonsilitis, batu amandel, atau abses gigi adalah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan bau mulut, menurut Saleh. "Kamu juga harus menemui ahli kesehatan kamu empat kali setahun, untuk mengurangi tingkat bakteri di mulut," jelas Saleh.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id