STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Pound Fit Menjadi Olahraga Kekinian yang Bisa Turunkan Berat Badan dengan Cepat, Ini Ragam Manfaat Lainnya!

Aqillah Diaz Rahmadyani | Beautynesia
Minggu, 13 Nov 2022 10:30 WIB
Pound Fit Menjadi Olahraga Kekinian yang Bisa Turunkan Berat Badan dengan Cepat, Ini Ragam Manfaat Lainnya!
Ragam Manfaat Olahraga Pound Fit/Foto: pinterest.com/poundfit

Salah satu olahraga yang kini digemari masyarakat adalah pound fit. Gabungan gerakan menabuh drum dengan alunan musik energik membuat olahraga ini banyak diminati, termasuk bagi anak muda kekinian. Terlihat cukup mudah dan menyenangkan, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin melakukan olahraga ini.

Dilansir dari Wolipop, bagi kamu yang baru pertama kali mencoba olahraga ini, kamu bisa melakukan pemanasan terlebih dahulu, menghindari penggunaan pakaian olahraga yang terlalu ketat, memperhatikan matras yang digunakan, serta selalu memastikan tubuh dalam keadaan sehat ketika akan melakukan olahraga.

Nah, setelah kamu mengetahui beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum memulai pound fit, kira-kira manfaat apa aja sih yang kamu dapatkan ketika melakukan olahraga ini? 

1. Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Dapat Meningkatkan Daya Ingat / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio
Dapat Meningkatkan Daya Ingat / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio

Dilansir dari CNN, manfaat pound fit adalah dapat meningkatkan memori verbal dan visual seseorang. Ketika melakukan pound fit, tangan akan memegang drum stik dan saat itulah otak akan bekerja dan dapat melatih fokus. Ritme yang dihasilkan dari stik drum dapat meningkatkan daya pikir, merangsang otak untuk fokus, serta dapat meningkatkan kemampuan dalam membuat keputusan. 

Selain itu, dengan penggunaan stik drum ini dapat mengalihkan perhatianmu pada gerakan yang tidak kunjung selesai. Sebab, alih-alih menghitung jumlah repetisi yang dilakukan, justru kamu akan lebih fokus dengan ritme yang dihasilkan dari menabuh drum. 

2. Mampu Menurunkan Berat Badan

Mampu Menurunkan Berat Badan / foto : pexels.com/KetutSubiyanto
Mampu Menurunkan Berat Badan / foto : pexels.com/KetutSubiyanto

Manfaat yang bisa kamu dapatkan selanjutnya adalah penurunan berat badan. Dikutip dari Fitness Revolution, kalori dan lemak pada tubuh akan semakin cepat berkurang karena pound fit merupakan olahraga dengan intensitas cepat dan tinggi. Dimana kamu akan fokus untuk menjaga momentum pada musik dan gerakan.

Apalagi olahraga ini juga merupakan gabungan dari gerakan yoga dan pilates yang dilengkapi dengan unsur kardio, sehingga dalam sekali latihan dengan waktu 1 jam kamu bisa membakar kurang lebih 900 kalori. 

3. Meningkatkan Imun Tubuh

Meningkatkan Imun Tubuh / foto : pexels.com/OleksandrPidvalnyi
Meningkatkan Imun Tubuh / foto : pexels.com/OleksandrPidvalnyi

Olahraga lain juga tentu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, namun pound fit ini melibatkan seluruh bagian tubuh, sehingga lebih efektif meningkatkan imun. Melakukan pound fit dalam intensitas sedang dapat meningkatkan imun tertentu dalam tubuh dan disebut sebagai imunoglobulin, yang mana itu adalah antibodi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

4. Meningkatkan Mood

Meningkatkan Mood / foto : pexels.com/JuliaAvamotive
Meningkatkan Mood / foto : pexels.com/JuliaAvamotive

Hampir semua jenis olahraga baik untuk kesehatan mental, karena dapat meningkatkan mood atau suasana hati. Begitu juga dengan pound fit. Olahraga ini dapat meredakan kecemasan dan membangkitkan mood, serta juga dapat membuatmu lebih relaks.

Pound fit juga termasuk jenis olahraga dengan intensitas sedang ke tinggi, sehingga aktivitas ini dapat membuat tubuh dan otak akan memproduksi hormon dan neurotransmitter yang dapat membuatmu lebih bahagia. Kemudian, hormon yang dihasilkan adalah hormon endorfin yang mana hormon tersebut kerap membuat suasana hati meningkat. 

5. Dapat Memperkuat Otot Tubuh

Dapat Memperkuat Otot Tubuh / foto : pexels.com/KetutSubiyanto
Dapat Memperkuat Otot Tubuh / foto : pexels.com/KetutSubiyanto

Karena pound fit merupakan olahraga yang melibatkan seluruh bagian dan otot tubuh, maka tentu saja memiliki manfaat, yakni dapat memperkuat otot tubuh, terutama untuk mengencangkan otot paha dan perut. Penggunaan ripstix juga membantu menambah beban pada tiap gerakannya, sehingga dapat membantu tubuh lebih seimbang. 

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE