STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sudah Rutin Olahraga Tapi Belum Mendapatkan Hasil Memuaskan? Mungkin Ini Alasannya!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Kamis, 10 Nov 2022 07:30 WIB
Sudah Rutin Olahraga Tapi Belum Mendapatkan Hasil Memuaskan? Mungkin Ini Alasannya!

Olahraga merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk berbagai macam tujuan, mulai dari menjaga kebugaran tubuh, menurunkan berat badan, atau menciptakan bentuk tubuh yang diinginkan. Normalnya, kamu dapat dengan cepat meraih tujuan itu asalkan rutin berolahraga.

Namun, ada kalanya rutin berolahraga tidak kunjung memberikan hasil yang memuaskan. Dilansir dari Precor, tidak optimalnya hasil yang didapat meskipun telah rajin berolahraga, biasanya, disebabkan oleh beberapa faktor di bawah ini. Yuk, simak ulasannya!

Kurang Intens

Melakukan Olahraga yang Dapat Membentuk Massa Otot / foto : pexels.com/ElinaFairytaleIlustrasi olahraga/Foto: Pexels.com/ElinaFairytale

Pergi ke pusat kebugaran tiap hari tidak selalu menjamin bahwa rutinitas olahraga yang kamu lakukan sudah optimal. Jika kamu merasa lebih banyak bersosialisasi daripada benar-benar berolahraga di pusat kebugaran, inilah alasan di balik tidak berhasilnya olahraga yang kamu lakukan.

Agar olahraga benar-benar menunjukkan hasil maksimal, kamu harus memonitor detak jantungmu saat berolahraga. Agar olahraga bisa efektif, kamu harus berolahraga hingga mencapai 50-80 persen dari detak jantung maksimal. Pada umumnya, detak jantung maksimal yang dimiliki seseorang bisa dihitung dengan mengurangi angka 220 dengan usia mereka.

Hanya Melakukan Kardio

Punya segudang manfaat baik bagi tubuh, jangan abaikan olahraga kardio/Foto: pexels.com/Jonathan BorbaIlustrasi olahraga/Foto: Pexels.com/Jonathan Borba

Banyak orang yang berasumsi bahwa untuk menurunkan berat badan, mereka perlu memasukkan olahraga kardio ke dalam rutinitas mereka, salah satunya adalah berlari. Meskipun aktivitas kardio dapat membakar kalori, tetapi kamu juga perlu membentuk otot demi menurunkan berat badan.

Makin besar massa otot yang dimiliki, makin banyak pula kalori yang bisa dibakar oleh tubuh ketika sedang beristirahat. Kamu perlu menjadwalkan olahraga angkat beban atau olahraga lain, seperti push up dan squat yang bisa meningkatkan massa otot setidaknya dua kali dalam seminggu.

Tidak Mengatur Pola Makan

Minuman sehat yang bantu turunkan berat badanIlustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/RossHelen

Meskipun kamu telah rutin berolahraga, kamu tidak akan melihat banyak perkembangan jika tidak bisa mengatur pola makan dengan baik. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, kamu juga harus menghindari makanan yang mengandung banyak kalori.

Namun, alih-alih memangkas banyak kalori dalam dietmu, kamu harus mengonsumsi kalori dalam jumlah yang tepat karena tidak mengonsumsi cukup kalori justru malah akan menghambat metabolisme dan membuat makin sulit melihat hasil nyata dari olahraga yang telah kamu lakukan sejauh ini.

Tidak Cukup Istirahat

Alih-alih pergi ke pusat kebugaran setiap hari selama beberapa jam, lebih baik kamu menggunakan sebagian waktumu untuk beristirahat. Ahli mengatakan bahwa waktu isitrahat yang cukup di sela rutinitas olahraga akan membuat otot bisa pulih.

Ilustrasi olahraga (Foto: Pexels/cottonbro)
Ilustrasi olahraga (Foto: Pexels/cottonbro)

Apabila kamu terus memforsir otot untuk berolahraga, pada akhirnya, otot akan kelelahan sehingga akan mengganggu rutinitas olahraga di masa yang akan datang. Begitu pula dengan seluruh organ dalam tubuhmu yang perlu setidaknya waktu 7 jam untuk beristirahat agar bisa berfungsi optimal di keesokan harinya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE