BILLBOARD
970x250

Punya Penyakit Asam Lambung? Ini 5 Trik Puasa Lancar Selama Ramadan

Nazhifah Husna S | Beautynesia
Sabtu, 15 Apr 2023 18:30 WIB
Punya Penyakit Asam Lambung? Ini 5 Trik Puasa Lancar Selama Ramadan

Menjalani puasa selama Ramadan bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi penderita asam lambung. Kamu harus ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa.

Dalam menjalankan ibadah puasa kamu perlu menyesuaikan waktu makan dan pilihan makanan untuk menghindari asam lambung naik. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan lambung selama puasa? Berikut 5 cara puasa lancar bagi penderita asam lambung selama bulan Ramadan.

1. Tidak Melewatkan Waktu Sahur

Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengonsumsi menu makanan sehat saat sahur.Ilustrasi/Foto:Freepik.com/Snowing

Dilansir melalui detikcom, saat puasa jangan biarkan perut kosong terutama bagi penderita asam lambung. Oleh sebab itu, jangan lewatkan waktu sahur sebelum beraktivitas selama bulan Ramadan.

Beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi adalah karbohidrat komplek dan serat. Tips lainnya, hindari tidur setelah sahur karena hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan mulas.

2. Konsumsi Makanan Ringan

Kurma/ Freepik/FreepikKurma/Foto: Freepik/Freepik

Saat berbuka puasa, pilihlah makanan ringan seperti kurma yang mudah dicerna ke dalam perut. Kunyah makanan tersebut secara perlahan dan menyeluruh sehingga lebih mudah mencerna makanan saat di lambung. 

Cara ini memudahkan perut untuk makan lebih sedikit dan merasa kenyang dalam waktu lama. Dikutip melalui detikHealth, dengan memakan makanan ringan, ini bisa mencegah perut menjadi begah agar tidak meningkatkan asam lambung berlebih.

Punya Penyakit Asam Lambung? Ini 5 Trik Puasa Lancar Selama Ramadan
Ilustrasi minum air putih. /Foto: Freepik.com/stefamerpik.

3. Minum Air yang Cukup

Tips lancar berpuasa yang selanjutnya adalah pastikan kamu minum air yang cukup setiap harinya. Seperti yang diketahui, pada saat puasa cairan tubuh akan berkurang dan menyebabkan dehidrasi.

Dilansir melalui detikHealth, tubuh manusia juga dianjurkan untuk minum air putih sebanyak dua gelas saat berbuka puasa. Disarankan juga untuk meminum air hangat agar tubuh tetap bugar dan sehat selama berpuasa.

4. Hindari Pemicu Asam Lambung

Perbedaan GERD dan Maag/freepik.com/katemangostarIlustrasi/Foto: Freepik.com/katemangostar

Puasa dapat meningkatkan keasaman pada lambung di dalam perut. Maka dari itu, penting sekali untuk memperhatikan asupan makanan dengan kandungan gizi yang kaya akan serat, seperti dikutip dari detikcom

Hindari beberapa pemicu umum yang bisa meningkatkan asam lambung yang bisa membuat saluran pencernaan kamu bermasalah. Contoh jenis makanan pemicu asam lambung di antaranya seperti gorengan, makanan berlemak, pedas, asam, asin, gula, dan lain-lain.

5. Rutin Konsumsi Obat

Saat berpuasa, pastinya kamu tidak ingin aktivitas sehari-hari menjadi terganggu akibat asam lambung. Untuk mengurangi produksi asam lambung, kamu bisa konsumsi obat-obatan yang dapat mencegah rasa sakit perut itu kambuh.

Dilansir melalui detikcom, disarankan minum obat sesuai resep dan anjuran dokter selama Ramadan. Namun, jika sakit asam lambung tersebut cukup parah, berbuka puasa dan minum obat sangat diperlukan.

Itu dia 5 tips puasa lancar bagi penderita asam lambung selama bulan Ramadan. Agar puasa kamu lebih optimal, lakukan olahraga ringan untuk menjaga tubuh tetap sehat selama berpuasa.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE