STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Punya Segudang Aktivitas? Ini Cara Menjaga Pola Makan Sehat bagi Mahasiswa

Sifin Astaria | Beautynesia
Rabu, 30 Nov 2022 07:30 WIB
Punya Segudang Aktivitas? Ini Cara Menjaga Pola Makan Sehat bagi Mahasiswa

Masa kuliah adalah momen-momen yang banyak disibukkan dengan berbagai kegiatan akademik dan pengembangan diri. Dikenal juga sebagai masa pencarian jati diri, mahasiswa seringkali kehabisan waktu untuk mengerjakan tugas akademik perkuliahan, organisasi, bersosialisasi dan networking, serta beragam kegiatan lainnya.

Dengan berbagai tuntutan jadwal yang padat ditambah uang saku yang sering kali pas-pasan, tak heran jika banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan untuk mengatur pola makan dan kebiasaan hidup yang sehat pada masa kuliah. Dikutip dari laman IGNITE Student Life, simak beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatur pola makan dengan budget pas-pasan sebagai mahasiswa!

1. Membuat Meal Plan dengan Bahan Alami

Membuat Meal Plan dengan Bahan Alami/ Pexels.com/ cotonbrostudio
Membuat Meal Plan/ Pexels.com/ cotonbrostudio

Mencoba menerapkan clean eating ala mahasiswa dengan memakai bahan-bahan alami menjadi awal pola makan yang sehat, Beauties! Membuat meal plan tiap minggu juga akan membantu kamu untuk merencanakan budget makan tiap bulan dan menelusuri riwayat makanan yang masuk ke dalam tubuhmu.

Kamu bisa mencoba membeli bahan-bahan alami yang mudah dan murah untuk diolah seperti telur, tempe, dan sayuran. Bahan-bahan tersebut tentu dapat kamu dapatkan dengan harga murah di toko atau warung yang menjual bahan makanan sehari-hari.

2. Masak Sendiri dan Membawa Bekal

Memasak dan Bawa Bekal Sendiri/ Pexels.com/ Joe L
Memasak dan Bawa Bekal Sendiri/ Pexels.com/ Joe L

Sebagai mahasiswa, terkadang mungkin lebih suka membeli makanan matang di warung atau kedai cepat saji. Selain mudah dan praktis, makanan di warung biasanya juga lebih enak bagi lidah mahasiswa. Namun, tidak ada salahnya, lho, mencoba membawa bekal masakan sendiri untuk menemani kegiatanmu di kampus.

Selain dapat menekan budget makan bulanan bila diatur dengan tepat, kebiasaan ini juga tentu lebih sehat karena kamu dapat memastikan bahan makanan dan cara pengolahannya. Kamu bisa mengasah kreativitasmu dan mulai memasak dengan jenis olahan makanan yang mudah, seperti sandwich atau olahan telur.

3. Stok Bahan Makanan yang Sedang Diskon!

Stok Bahan Makanan/ Pexels.com/ Onojeghuo
Stok Bahan Makanan/ Pexels.com/ Onojeghuo

Apabila kamu sudah terbiasa belanja bahan makanan di toko atau supermarket, tentu kamu akan menyadari tanggal-tanggal diskon bulanan yang biasa diberikan. Momen seperti ini tentu akan sangat menguntungkan bila dimanfaatkan untuk membeli bahan makanan sehari-hari, Beauties!

Kamu bisa menyetok bahan makanan dengan masa penyimpanan yang lama pada momen diskon besar-besaran. Kamu dapat mencari informasi promo bulanan dari toko atau e-commerce yang sering kamu kunjungi, Beauties!

4. Bawa Botol dan Minum Air Putih

Minum Air Putih/ Pexels.com/ Ketut Subiyanto
Minum Air Putih/ Pexels.com/ Ketut Subiyanto

Last but not least, jangan lupa minum air putih dan membawa tempat minum kamu ke mana pun kamu pergi. Tubuh kita membutuhkan banyak air untuk dapat berfungsi dengan baik pada jadwal-jadwal yang padat. Membawa botol minum merupakan investasi termudah untuk kesehatan dan keuanganmu semasa kuliah. Selain menghemat uang jajan untuk membeli minuman di luar, membawa botol minum pasti akan membuatmu lebih sehat karena kebutuhan air tubuh telah tercukupi.

Nah, itu tadi beberapa cara dan kebiasaan mudah yang bisa kamu terapkan untuk mulai menjaga pola makanmu di masa muda ya, Beauties! Investasi kesehatanmu pada masa kuliah tentu juga penting untuk diperhatikan demi mencegah penyakit di kemudian hari.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE