STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Mengenal Kanker Ginjal dan Tanda-tandanya yang Kerap Tak Disadari, Termasuk Urine Berdarah!

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Minggu, 13 Nov 2022 13:00 WIB
Mengenal Kanker Ginjal dan Tanda-tandanya yang Kerap Tak Disadari, Termasuk Urine Berdarah!

Kanker ginjal merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang dapat menyerang siapa saja. Tak cuma pada orang dewasa tapi anak-anak pun bisa terserang.

Ahli medis memang belum dapat menjelaskan secara rinci penyebab kanker ginjal itu sendiri. Namun, gaya hidup yang buruk diduga menjadi penyebab tertinggi timbulnya sel kanker pada organ tubuh ginjal. Diantaranya seperti kebiasaan merokok, obesitas atau berat badan berlebih, hipertensi, serta konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat meningkatkan risiko penyakit mematikan ini. Lebih lengkap soal kanker ginjal, baca selengkapnya di sini!

Kanker Ginjal

Kanker Ginjal
Kanker Ginjal/Foto: Freepik.com/Freepik

Melihat data Globocan 2020, kasus baru kanker ginjal di dunia mencapai angka 431.288 orang dengan kasus kematian sebesar 179.368 orang. Dari ratusan juta penduduk di Indonesia, setidaknya tercatat 2.394 kasus baru kanker ginjal.

Kanker ginjal biasanya diawali dari sel-sel ginjal yang timbul secara tidak normal kemudian membentuk jaringan baru di luar tubuh. Pertumbuhan tersebut semakin lama akan menjadi tumor ganas yang memicu penyakit berbahaya ini.

Dikutip dari detikHealth, Prof dr Aru Wisaksono Sudoyo, Sp,PD-KHOM, FINASIM, FACP memaparkan bahwa kanker ginjal menjadi kasus kanker ketiga terbesar yang menyerang anak. Maka dari itu, oran tua tetap harus memperhatikan kondisi kesehatan terkait fungsi ginjal pada anak.

Tanda-tanda Kanker Ginjal

Tanda-Tanda Kanker Ginjal
Tanda-Tanda Kanker Ginjal/Foto: Freepik.com/Stefamerpik

Tanda-tanda kanker ginjal bukan merupakan hal normal yang dapat diabaikan. Jika tidak segera ditangani maka penyakit ini dapat memicu penyakit komplikasi yang mematikan.

Dilansir dari detikHealth, terdapat deretan tanda-tanda seseorang mengidap kanker ginjal, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Urine berdarah
  2. Sakit punggung
  3. Benjolan di area perut
  4. Kelelahan
  5. Anemia
  6. Penurunan nafsu makan
  7. Demam
  8. Bengkak di kaki.

Cara Pencegahan Kanker Ginjal

Cara Pencegahan Kanker Ginjal
Cara Pencegahan Kanker Ginjal/Foto: Freepik.com/Master1305

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang paling vital. Adapun fungsinya untuk menyaring produk limbah, air berlebih dalam tubuh, dan kotoran dari darah yang selanjutnya akan disimpan di kandung kemih dan dikeluarkan melalui urine. Ginjal juga berfungsi mengatur kadar pH, garam, serta kalium di dalam tubuh seseorang.

Dilansir dari detikcom, ini dia cara menjaga kesehatan ginjal yang harus kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terapkan juga ya, Beauties!

  1. Olahraga teratur
  2. Kontrol gula darah
  3. Pantau tekanan darah
  4. Pantau berat badan
  5. Minum banyak cairan
  6. Jangan merokok
  7. Waspada dalam konsumsi obat
  8. Lakukan tes ginjal

Nah Beauties, itu dia deretan tanda-tanda kanker ginjal yang harus kita waspadai. Jika kamu atau orang di sekitarmu menunjukkan tanda-tanda tersebut, segera periksakan ke ahlinya.

Sehat itu mahal, maka dari itu, yuk mulai sekarang lebih peduli dengan kesehatan diri sendiri maupun orang di sekitar kita. Semoga bermanfaat!

____________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE