sign up SIGN UP

Sakit Tenggorokan Saat Musim Pancaroba, Ini 4 Rekomendasi Teh yang Bisa Meredakannya

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Sabtu, 07 May 2022 09:30 WIB
Sakit Tenggorokan Saat Musim Pancaroba, Ini 4 Rekomendasi Teh yang Bisa Meredakannya
caption

Memasuki musim pancaroba, kebanyakan orang mulai merasakan nyeri atau sakit tenggorokan, sulit menelan, hingga suara serak. Gejala tersebut disebabkan oleh beragam gangguan atau penyakit, seperti infeksi virus, alergi, penyakit asam lambung, dan lainnya.

Meski sering dianggap sepele, sakit tenggorokan juga merupakan salah satu gejala awal infeksi virus Corona yang sering dikeluhkan banyak orang. Inilah pentingnya melakukan rapid test atau PCR untuk memastikan apakah positif atau negatif Corona.

Dengan meminum air hangat seperti teh dapat membantu menenangkan selaput lendir tenggorokan yang teriritasi dan meningkatkan aliran darah ke jaringan tubuh.  Dilansir dari Insider, ada 4 teh yang bisa meredakan sakit tenggorokan. Apa saja, sih? Check this out!

Teh Akar Licorice

Teh akar licorice/Foto: Pinterest.com/Magdalena Wszelaki
Teh akar licorice/Foto: Pinterest.com/Magdalena Wszelaki

Ada beberapa penelitian yang mendukung bahwa akar licorice dapat menghilangkan dahak dan lendir serta membantu menenangkan sakit tenggorokan. Tiga zat utama dari akar licorice, yaitu liquilitin dan liquiritigenin berperan sebagai ekspektoran, yang melencerkan lendir dan membuatnya lebih mudah untuk batuk.

Selanjutnya, glycyrrhizin berperan sebagai penenang, yang memberikan lapisan pelindung di tenggorokan, dapat mencegah iritasi saat menelan makanan dan minuman. Teh akar licorice dijual di berbagai marketplace, untuk penyajiannya cukup seduh dengan air panas atau hangat.

Teh Akar Marshmallow

Teh akar marshmallow/Foto: Pinterest.com/Organic Facts
Teh akar marshmallow/Foto: Pinterest.com/Organic Facts

Akar marshmallow memiliki lendir alami dari serat lunak dan akan mengembang saat terkena air. Selain itu, akar marshmallow mengandung antioksidan flavanoid, asam amino, dan senyawa lainnya.

Iritasi pada tenggorokan dapat berkurang jika kamu mengonsumsi teh akar marshmallow, karena adanya sifat antitusif. Lendir akar marshmallow juga berfungsi mengencerkan batuk dahak.

Cara membuat teh akar marshmallow, cukup 1 sendok teh marshmallow ditambah 200 mililiter air mendidih, lalu diamkan selama 10 menit. Jika ingin manis, tambahkan pemanis alami seperti stevia.

Teh Hijau

Teh hijau/Foto: Freepik.com/zirconicusso
Teh hijau/Foto: Freepik.com/zirconicusso

Senyawa antioksidan kuat di dalam teh hijau, disebut polifenol yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan virus pilek dan flu. Teh hijau juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan rasa tidak nyaman saat sakit tenggorokan.

Umumnya, sakit tenggorokan paling sering disebabkan oleh radang faring, atau bagian belakang tenggorokan karena pilek atau flu. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa meminum teh hijau atau mencoba dengan metode berkumur.

Jika kamu memilih mencoba metode berkumur dengan teh hijau, pastikan menggunakan air hangat, bukan air panas, karena suhu panas dapat membakar tenggorokan dan mengiritasinya lebih jauh. Sebaiknya berkumur dengan teh hijau selama 30 detik, selanjutnya kamu dapat berkumur lagi dua jam kemudian.

Teh Jahe

Teh jahe/Foto: Freepik.com/jcomp
Teh jahe/Foto: Freepik.com/jcomp

Akar jahe memiliki sifat pereda nyeri dan anti-inflamasi dari kandungan senyawa yang disebut gingerol dan shogoals yang dapat menenangkan sakit tenggorokan. Jahe juga dapat meredakan pilek atau flu, karena memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi virus.

Cara membuat teh jahe cukup gampang, kupas jahe dan memarkan. Selanjutnya, didihkan air bersama jahe, masukkan daun teh atau teh sachet. Tambahkan madu jika ingin ingin mendapatkan rasa manis alami.

Nah, beberapa jenis teh yang bisa meredakan sakit tenggorokan di atas juga bisa kamu konsumsi untuk mencegahnya, ya, Beauties. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id