STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sedang Diet Tapi Diajak Nongkrong? Ini Alternatif Menu Makanan Aman yang Bisa Kamu Pesan

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Jumat, 22 Jul 2022 15:15 WIB
Sedang Diet Tapi Diajak Nongkrong? Ini Alternatif Menu Makanan Aman yang Bisa Kamu Pesan

Pernahkah kamu sedang diet namun dipaksa nongkrong oleh bestie? Serba salah dan bikin galau biasanya. Sebab tempat nongkrong yang kamu tuju belum tentu menyediakan menu salad atau makanan rendah kalori lainnya.

Ingin menolak ajakan pun juga sungkan. Terlebih jika sekali waktu diajak makan oleh bos dan rekan kantor. Akan tidak mengenakkan jika kamu justru tidak memesan apapun.

Jangan khawatir, Beauties. Nongkrong tetap asyik dan diet tetap jalan kok apabila kamu bijak memilih menu makanan. Lalu menu makanan apa saja yang bisa kamu pesan?

Gado-Gado

Gado-gado
Gado-gado/ Foto: pinterest.com/Culinessa

Kamu mungkin setuju bahwa gado-gado adalah menu makanan yang paling aman kamu pesan jika sedang nongkrong. Penuh dengan sayur rebus, tambahan protein dari telur rebus dan tempe/tahu goreng, serta siraman saus kacang, membuat gado-gado lezat disantap. Tidak hanya itu, kebutuhan karbohidrat juga tercukupi dengan tambahan kentang rebus. 

Melansir dari laman Fat Secret, dalam satu porsi gado-gado memiliki kalori yang tergolong cukup rendah, yakni sebanyak 312 kkal. Adapun jumlah kalori tersebut terbagi lagi menjadi 31 % karbohidrat, 48% lemak, dan 21% protein.

Akan tetapi, kamu perlu hati-hati dengan saus kacangnya ya, Beauties. Meski rasanya nikmat, namun kalori dalam saus kacang cukup tinggi. Untuk itu, kamu bisa kurangi porsi saus kacangnya agar tidak mengacaukan dietmu.

Capcay

Capcay
Capcay/ Foto: pinterest.com/Masakan Indonesia

Menu lain yang bisa kamu pesan ketika jajan di luar rumah adalah capcay. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini terdiri dari berbagai jenis sayur. Tambahan telur dan suwiran ayam juga menambah kandungan protein di dalamnya.

Melansir dari laman Inlivo, komposisi capcay yang penuh sayuran dan protein menjadikan capcay kaya vitamin dan mineral serta sumber vitamin A dan Vitamin C yang baik. Capcay juga tinggi serat sehingga membantumu dalam menurunkan berat badan.

Kamu bahkan bisa memilih cara masak capcay. Sebab biasanya capcay disajikan dalam bentuk digoreng atau direbus. Tentunya dua-duanya tergolong tetap sehat dan lezat untuk dinikmati.

Bakso Kosongan

A bowl of meatball soup and vegetables in wooden backgroundA bowl of meatball soup and vegetables in wooden background/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Dwi Endah P

Bakso yang biasa kamu pesan biasanya berisi bulatan-bulatan bakso, bihun, mie kuning, seledri dan bawang goreng. Berhubung sedang diet, kamu bisa akali dengan memesan bakso kosongan alias seporsi bakso tanpa mie.

Jika kamu berpikir bakso sendiri memiliki kalori yang tinggi, namun setidaknya bakso kosongan lebih rendah kalori jika dibandingkan dengan bakso yang komplit dengan mie. Cara lain yang bisa kamu lakukan agar bakso kosongan tidak bertambah kalori tentunya dengan tidak menuangkan kecap dan saus secara berlebihan. 

Sebab melansir dari laman Fat Secret, semangkok bakso tanpa saus memiliki kalori sebanyak 388 kkal, sementara semangkok bakso dengan tambahan saus bisa memiliki kalori sebanyak 444 kkal.

Ayam Bakar

Resep Bumbu Ayam BakarResep Bumbu Ayam Bakar/ Foto: iStock

Tidak ada menu dengan sayuran dan hanya ada olahan ayam saat nongkrong bersama bestie? Wah, ada baiknya kamu hindari menu ayam yang digoreng dan beralih ke menu yang diolah dengan cara dipanggang atau dibakar. Sebab melansir dari laman The Health Site, penambahan minyak dalam menggoreng menambah jumlah kalori makanan. Namun, memanggang tidak menambahkan kalori dan lemak tambahan ke makanan yang dimasak.

Untuk itu, daripada tergiur ayam goreng, lebih baik kamu pilih ayam panggang atau ayam bakar yang lebih rendah kalori.

Sup

Sup
Sup/ Foto: freepik.com/timolina

Menu yang paling aman dipesan ketika sedang di luar tentunya sup. Ada beberapa jenis sup yang bisa jadi alternatif. Kamu bisa pesan sup ayam, sup matahari, sup galantin, atau sup sayur. 

Beberapa jenis sayur tersebut biasanya rendah kalori karena tidak terlalu banyak mengandung minyak dan lemak. Jenis sup tersebut tentunya juga lebih sehat karena berisi sayuran yang penuh vitamin dan beberapa sumber protein seperti ayam atau telur.

Minuman Tanpa Gula

Jus buah
Jus buah/ Foto: freepik.com/jcomp

Sudah memilih makanan yang rendah kalori bisa disempurnakan dengan memesan minuman yang rendah kalori pula. Air putih adalah pilihan yang tepat karena memiliki 0 kalori. Namun jika ingin memesan minuman yang 'berwarna', kamu bisa memilih teh tawar yang kalorinya jauh lebih rendah daripada teh manis.

Kamu juga bisa memesan jus buah yang segar dan sehat. Namun pastikan kamu request kepada penjualnya untuk tidak menambahkan gula dan susu kental manis di dalamnya. 

Nah, itu tadi beberapa menu yang bisa jadi alternatif ketika sedang jajan di luar rumah ya, Beauties. Jangan sampai tergiur dengan menu lainnya agar dietmu tidak gagal.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE