sign up SIGN UP

Selain Menyenangkan, 5 Hobi Ini Diketahui Juga Bisa Tingkatkan Kesehatan Fisik dan Mental

Ayuliy Lestari | Jumat, 23 Jul 2021 16:00 WIB
Selain Menyenangkan, 5 Hobi Ini Diketahui Juga Bisa Tingkatkan Kesehatan Fisik dan Mental
caption

Setiap orang umumnya memiliki hobi atau ketertarikan terhadap suatu hal. Tak hanya untuk mengisi waktu luang, ternyata ada beberapa hobi yang bisa memberikan manfaat cukup besar untuk kesehatan, lho!

Cek yuk, apakah hobi kamu merupakan salah satunya?

1. Menari Baik Untuk Kesehatan Jantung dan Otak

Hobi yang dapat meningkatkan kesehatan
Hobi yang dapat meningkatkan kesehatan/Foto: Pexels.com/Hasteleart

Menari memiliki berbagai manfaat kesehatan. Tentu saja juga merupakan cara mudah dan menyenangkan untuk berolahraga, Beauties. Hampir semua orang menikmati ketika menggerakkan tubuh mereka saat mendengar alunan musik.

Menari juga merupakan latihan kardio yang sangat baik. Seperti yang diketahui, latihan kardio dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan stamina dan memperkuat tulang serta otot.

Menari juga baik untuk kesehatan otak, sebuah studi di New England Journal of Medicine melaporkan hubungan antara menari secara teratur dan pengurangan 76 persen risiko demensia.

2. Berkebun Termasuk Latihan Aerobik Halus

Hobi yang dapat meningkatkan kesehatan
Hobi yang dapat meningkatkan kesehatan/Foto: Freepik.com/Lookstudio

Berkebun mungkin tidak tampak seperti olahraga, namun banyak penelitian yang melaporkan bahwa banyak manfaat kesehatan yang tidak terduga terkait dengan menjaga tanaman untuk tetap teratur, Beauties.

Dikutip dari Healthline, tindakan sederhana seperti mencabut rumput liar, menanam dan memegang alat berkebun, semuanya berkontribusi pada bentuk latihan aerobik halus, yang membantu melatih otot, meningkatkan kekuatan, stamina, dan fleksibilitas.

Bahkan berkebun juga dikaitkan dengan risiko demensia yang lebih rendah. Sebuah studi yang diterbitkan di PLOS One menemukan bahwa berkebun dan bersepeda secara teratur mengurangi kemungkinan kekurangan vitamin D pada orang tua dan risiko demensia 36 persen lebih rendah.

Dalam sebuah studi tahun 2013, yang dilakukan oleh Karolinska Institutet di Stockholm, Swedia, menjelaskan bahwa berkebun juga dikaitkan dengan pengurangan risiko serangan jantung dan stroke hingga 30 persen.

3. Menulis Dapat Atasi Stres

Hobi yang dapat meningkatkan kesehatan
Hobi yang dapat meningkatkan kesehatan/Foto: Freepik.com/Jcomp

Menulis telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan mental dan fisik, termasuk peningkatan memori serta tingkat stres. Beberapa penelitian menemukan bahwa menulis tentang pengalaman mereka membantu pasien kanker untuk menerima penyakitnya, membantu pasien untuk menahan stres dan berpotensi berkontribusi pada hasil fisik yang lebih baik.

Dikutip dari Medical News Today, para peneliti di Universitas Auckland di Selandia Baru menemukan fakta bahwa menulis dapat mempengaruhi kecepatan penyembuhan luka. Para peneliti menugaskan satu kelompok peserta untuk menulis selama 20 menit sehari tentang pengalaman hidup mereka yang paling traumatis, dan menugaskan kelompok lain untuk menulis dengan durasi yang sama setiap hari tentang rencana mereka untuk hari berikutnya.

Setelah dua minggu, biopsi kulit kecil diambil dari para peserta. Para peneliti kemudian memotret luka yang dihasilkan setiap 3-5 hari sampai sembuh dan menemukan bahwa 11 hari setelah biopsi, 76 persen luka pada kelompok peserta yang menulis tentang trauma telah sembuh, sedangkan pada kelompok peserta yang menulis tentang rencana harian mereka, hanya 42 persen luka yang sembuh.

So, secara keseluruhan, menulis adalah alat terbaik untuk ekspresi diri, sekaligus sangat baik untuk kesehatan mental seseorang. Kamu bisa meluapkan segala emosi pada selembar kertas semacam memberi efek menyembuhkan, Beauties.

4. Musik adalah Obat

Hobi yang dapat meningkatkan kesehatan
Hobi yang dapat meningkatkan kesehatan/Foto: Freepik.com/Lookstudio

Bermain dan mendengarkan musik juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik bahkan mendengarkan musik saja sudah dapat membantu menurunkan tingkat stres. Hal tersebut terjadi karena musik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tingkat kecemasan, serta meredakan depresi.

Menurut sebuah studi di Italia yang diterbitkan dalam, “Psychosomatic Medicine: Journal of Medicine Biobehavioral” mengatakan bahwa terapi musik juga menaikkan kualitas hidup dan kebahagiaan bagi penderita parkinson. Bahkan di antara pasien yang menunggu operasi, mendengarkan musik ditemukan lebih efektif dalam mengurangi kecemasan dibanding dengan obat-obatan.

Bermain atau mendengarkan musik memang dikaitkan dengan tingkat kortisol “hormon stres” yang lebih rendah. Musik dapat memengaruhi suasana hati atau mood seseorang, tak heran jika kerap digunakan sebagai salah satu terapi relaksasi. Mendengarkan musik dengan nada yang ceria dapat meningkatkan suasana hati seseorang.

5. Memiliki Hewan peliharaan Dapat Mengurangi Tekanan Darah

Hobi yang dapat meningkatkan kesehatan
Hobi yang dapat meningkatkan kesehatan/Foto: Pexels.com/Samsonkatt

Semua jenis hewan peliharaan bisa menjadi teman yang menyenangkan. Menurut CDC, memiliki hewan peliharaan mungkin tidak hanya memberikan kesempatan untuk berolahraga, aktivitas di luar ruangan dan sosialisasi, tetapi juga dapat membantu mengurangi tekanan darah, kadar kolesterol, kadar trigliserida dan perasaan kesepian.

Memiliki hewan peliharaan bahkan dapat memperkuat sistem imun. Kekebalan tubuh yang lebih baik juga dapat terbentuk pada anak-anak yang tumbuh di lingkungan rumah dengan hewan peliharaan lho!

Bahkan bermain bersama hewan peliharaan bisa membuatmu merasa senang dan melupakan sejenak masalah yang ada. Hal ini disebabkan adanya peningkatan hormon dopamin dan serotonin di otak saat kamu merasa bahagia. Dengan begitu, stres yang kamu alami pun akan mereda.

Itulah beberapa hobi yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bagaimana dengan hobimu, Beauties?


Our Sister Site

mommyasia.id