STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sembuh Covid-19 tapi Malah Alami Rambut Rontok? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Zeyra Haya | Beautynesia
Rabu, 02 Mar 2022 17:30 WIB
Sembuh Covid-19 tapi Malah Alami Rambut Rontok? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Tak hanya menyerang daya tahan tubuh, Covid-19 juga membawa dampak dan efek samping yang cukup beragam. Banyak dari pasien sembuh Covid-19 yang mengeluhkan beberapa gejala usai terpapar Corona. Salah satunya keluhan rambut rontok.

Diketahui lebih dari 25% pasien mengeluhkan kerontokan usai sembuh dari Covid-19. Meski hingga saat ini belum ada bukti konkrit mengenai rambut rontok sebagai efek samping Covid-19, namun beberapa penelitian juga ahli kesehatan membenarkan bahwa kerontokan rambut setelah infeksi Corona bisa terjadi.

Rambut Rontok Usai Sembuh Covid-19, Apa Penyebabnya?

Kebiasaan Ikat Rambut Saat TidurRambut Rontok Usai Sembuh Covid-19/ Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Menurut Dr. Susan Massick, dokter kulit di Ohio State University Wexner Medical Center, rambut rontok setelah sembuh Covid-19 bisa terjadi akibat stres fisik dan emosional yang diderita sang pasien selama terpapar virus. Kondisi ini kemudian dikenal dengan telogen effluvium.

Kondisi ini diketahui sering terjadi usai tubuh mengalami peristiwa atau penyakit yang menimbulkan stres seperti tekanan emosional, operasi besar, atau demam tinggi. Dalam kondisi ini, membuat lebih banyak rambut seseorang ke kondisi telogen, atau fase istirahat dari siklus pertumbuhan rambut. Pada akhirnya menyebabkan kerontokan rambut.

"Ketika ada sebuah kejutan pada sistem tubuh, tubuh akan masuk ke mode penguncian dan hanya berfokus pada menjalankan fungsi-fungsi yang penting,"katanya.

Dr. Susan pun menambahkan, pertumbuhan rambut tidak masuk dalam fungsi penting tersebut di dalam tubuh. Sehingga bisa jadi ketika tubuh terserang virus Corona akan berakhir dengan kerontokan rambut.

Cara Mengatasi Kerontokan Rambut Setelah Sembuh Covid-19

Beauties, bagi kamu yang mengalami rambut rontok sebagai efek samping Covid-19 tidak perlu terlalu cemas. Karena pakar kesehatan mengatakan bahwa kondisi tersebut hanya bersifat sementara. Guna meminimalisir kerontokan, lakukan cara-cara berikut ini.

1. Mengatur Pola Makan

Hindari kebotakan saat mengalami rambut rontok, atur pola makan dengan baik/Foto: pexels.com/Skitterphoto
(Hindari kebotakan saat mengalami rambut rontok, atur pola makan dengan baik/Foto: pexels.com/Skitterphoto)

Saat sedang dalam fase telogen effluvium, baik rambut dan kulit kepala harus ternutrisi dengan baik. Untuk itu, salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengatur pola makan.

Pastikan asupan gizi dan nutrisi tubuh seimbang agar pertumbuhan rambut usai kerontokan akan cepat. Sehingga tidak akan terjadi kebotakan.

2. Mengurangi Rokok

Kurangi merokok agar kondisi rambut rontok tidak makin parah. Ini penjelasannya/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska
(Kurangi merokok agar kondisi rambut rontok tidak makin parah. Ini penjelasannya/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska)

Bagi perokok, sebaiknya kurangi terlebih dahulu merokok saat mengalami kerontokan rambut. Terutama saat mengalami rambut rontok usai terpapar Covid-19.

Merokok dapat memicu penuaan dini pada sel-sel rambut, sehingga merokok justru dapat memperparah kerontokan.

3. Menggunakan Masker Rambut

Penuhi nutrisi rambut, gunakan masker rambut saat alami kerontokan/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska
(Penuhi nutrisi rambut, gunakan masker rambut saat alami kerontokan/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska)

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan masker rambut. Tujuan dari penggunaan masker rambut adalah agar kulit kepala dapat ternutrisi secara langsung.

Sehingga memacu tumbuhnya sel-sel rambut baru pengganti rambut yang rontok dengan cepat. Bagi kamu yang ingin coba, utamakan masker rambut alami ya.

4. Mengelola Stress

Stress jadi salah satu pemicu rambut rontok, kurangi stress-Mu saat ataupun usai terpapar Covid-19/Foto: pexels.com/Greta Hoffman
(Stres jadi salah satu pemicu rambut rontok, kurangi stres-Mu saat ataupun usai terpapar Covid-19/Foto: pexels.com/Greta Hoffman)

Seperti diketahui, stres merupakan salah satu penyebab terjadinya kerontokan rambut. Saat terpapar atau usai sembuh dari Covid-19, cara mengatasi rambut rontok yang paling efektif adalah dengan kelola stresmu dengan baik. Hal ini juga dapat membantu agar tidak memperparah efek samping Covid-19 lainnya.

Beauties, melansir dari Wolipop, itulah beberapa cara mengatasi rambut rontok usai terpapar Covid-19. Tetap waspadai Covid-19 dan selalu terapkan protokol kesehatan dimanapun kamu berada ya.

[Gambas:Video Beautynesia]

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE