STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Seperti Melly Goeslaw, Bedah Bariatrik Jadi Solusi Aman untuk Terbebas dari Obesitas!

Rini Apriliani | Beautynesia
Rabu, 16 Nov 2022 21:04 WIB
Seperti Melly Goeslaw, Bedah Bariatrik Jadi Solusi Aman untuk Terbebas dari Obesitas!

Setiap orang, tanpa mengenal gender baik perempuan maupun pria selalu berharap memiliki tubuh yang ideal. Bukan tanpa alasan, selain terlihat lebih menarik, tubuh yang ideal juga akan minim terkena berbagai macam penyakit. 

Namun dewasa ini, kasus obesitas kalangan dewasa di Indonesia justru meningkat dan berlipat ganda dalam dua dekade terakhir. Gaya hidup yang tak sehat, nafsu makan yang berlebih, kurangnya aktivitas fisik, membuat angka obesitas meningkat tajam. Apalagi dua tahun lebih ini, kita terserang dengan pandemi Covid-19 yang membuat banyak aktivitas sehari-hari jadi serba terbatas. 

Obesitas pun menjadi momok menyeramkan. Sejumlah penyakit pun bisa terjadi karena obesitas ini, mulai dari hipertensi, stroke, hingga kanker. Tentu kamu nggak mau hal ini menimpa kamu juga kan, Beauties?

Nah cara terbaik menghindari berbagai macam penyakit adalah dimulai dari menjaga tubuh agar sehat dan ideal. Di samping ini, banyak orang yang kemudian mengharapkan tubuh ideal dengan mencoba berbagai macam pola diet, penggunaan obat-obatan herbal dan kimia, olahraga intens, sampai jalur bedah kosmetik.

Ada dari mereka yang sukses sesuai harapannya, tapi banyak juga yang berujung dengan kembali naiknya berat badan bahkan lebih dari berat badan sebelumnya. 

Bedah Bariatrik, Jadi Solusi Terbebas dari Obesitas

Bedah Bariatrik Melly Goeslaw di RS Pondok IndahBedah Bariatrik Melly Goeslaw di RS Pondok Indah/ Foto: Dok. Rini Apriliani

Mengatasi masalah obesitas, bedah bariatrik bisa menjadi pilihan yang efektif. Tak cuma bisa sukses menurunkan obesitas semata, tapi juga bermanfaat mengurangi berbagai risiko penyakit. Hal ini diungkapkan langsung oleh Dr. dr. Peter Ian Limas, Sp. B, SubSp. BDig, dokter subspesialis bedah digestif RS Pondok Indah. 

"Bedah bariatrik hadir sebagai opsi lebih efektif untuk menangani kasus obesitas. Dengan tingkat kesuksesan tinggi untuk menurunkan berat badan, tindakan bedah bariatrik juga terbukti bermanfaat bagi pasien yang memiliki komorbid diabetes, hipertensi, dan efek dominonya yang dapat mengurangi bahkan menghilangkan risiko gangguan jantung dan ginjal, stroke, hingga kanker. Namun, perlu diingat, keseluruhan manfaat dari tindakan bedah bariatrik dapat dicapai secara optimal jika didukung oleh komitmen dan konsistensi yang kuat dari pasien dalam mengubah gaya hidup mereka, sepanjang usia," ujar dr. Peter. 

Adapun jenis bedah bariatrik yang paling sering dilakukan adalah sleeve gastrectomy, Roux en Y gastric bypass, dan single anastomosis duodeno-ileal bypass with sleeve gastrectomy (SADI). Ketiga tindakan ini sama-sama memiliki hasil akhir penurunan berat badan karena adanya modifikasi saluran pencernaan pasien. Hal ini memengaruhi pola makan dan penyerapan makanan dalam tubuh. Tindakan bedah bariatrik diperuntukkan pada pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) di atas 35 tanpa komorbid atau IMT di atas 30 yang memiliki komorbid diabetes atau hipertensi, dan atau telah gagal menurunkan berat badan padahal sudah diet dan olahraga.

Beauties, lebih lengkapnya baca halaman selanjutnya!

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE