STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

5 Tips Mengurangi Berat Badan tanpa Stres dengan Meningkatkan Sistem Metabolisme, Wajib Coba!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Rabu, 16 Nov 2022 09:30 WIB
5 Tips Mengurangi Berat Badan tanpa Stres dengan Meningkatkan Sistem Metabolisme, Wajib Coba!
Cara menurunkan berat badan tanpa stres/Foto: Pexels/Annushka Ahuja

Menurunkan berat badan adalah sebuah usaha yang dirasa sulit sebagian orang, terutama perempuan. Sebenarnya letak kesulitan menurunkan berat badan adalah pada ketidaktahuan kebanyakan orang mengenai cara menurunkan berat badan yang benar.

Kebanyakan perempuan malah berpikir bahwa satu-satunya cara untuk mengurangi berat badan adalah dengan cara membuat diri mereka kelaparan. Padahal, dilansir dari Life Hack, kamu bisa menurunkan berat badan tanpa stres dengan cara di bawah ini!

Olahraga Angkat Beban

Terlalu sering mengangkat beban berat dapat memicu terjadinya ambeienIlustrasi olahraga angkat beban/Foto: Pexels.com/anastasia-shuraeva

Salah satu langkah terbaik yang bisa dicoba untuk mengurangi berat badan adalah dengan melakukan olahraga angkat beban. Tidak hanya membuat tubuh dan otot menjadi kuat, angkat beban juga dapat membuat suhu tubuh meningkat sehingga bisa membakar lebih banyak lemak membandel di dalam tubuh.

Ditambah lagi, latihan angkat beban juga dapat meningkatkan kecepatan metabolisme sehingga bisa membantumu mengurangi lemak lebih cepat, bahkan ketika kamu sudah beristirahat atau sedang tidur.

Istirahat dan Tidur Cukup

Tidur yang cukup/Freepik/drobotdeanTidur yang cukup/Foto: Freepik/drobotdean/ Foto: Deviena Nur Fadillah

Makin lama kamu terjaga, makin banyak pula kalori yang cenderung dikonsumsi. Hal ini disebabkan oleh adanya hormon yang ikut aktif seiring dengan makin lamanya kamu terjaga, yakni hormon ghrelin.

Ghrelin adalah hormon yang membuat seseorang ingin terus makan karena lapar. Tidur yang kurang juga akan mengakibatkan terganggunya sistem metabolismemu. Jadi, perpaduan antara makan berlebihan dan terganggunya sistem metabolisme jelas akan membuat berat badanmu terus bertambah.

Mengonsumsi Teh Hijau

Ilustrasi Teh Hijau/Pexels/Charlotte MayIlustrasi Teh Hijau/Foto: Pexels/Charlotte May

Minum teh hijau secara rutin dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuhmu. Teh hijau tidak hanya dikenal dapat membantu mencegah kanker, tetapi juga sebagai minuman yang dapat meningkatkan metabolisme.

Meskipun kamu tidak sedang berolahraga atau beristirahat, meminum tiga cangkir teh hijau secara rutin setiap hari dapat membuat tingkat metabolisme tubuh naik hingga 4 persen sehingga membantumu mengurangi lemak.

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi

Mengonsumsi makanan yang tinggi zat besi juga sangat berguna bagi tubuh karena mineral ini dapat membantu oksigen mencapai sel-sel dalam tubuhmu, sehingga menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Ilustrasi menurunkan berat badan (Foto: Pexels/Gustavo Fring)
Ilustrasi menurunkan berat badan (Foto: Pexels/Gustavo Fring)

Kurangnya asupan zat besi dapat membuat tingkat metabolismemu menurun yang akhirnya membuat lemak di dalam tubuh meningkat. Beberapa sumber zat besi terbaik adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam, daging merah, makanan laut, daging ayam, kacang, dan lain sebagainya.

Minum Lebih Banyak Air

Minum air putih/foto: FreepikcomMinum air putih/Foto: Freepikcom

Minum air putih tidak hanya dapat membuat tubuh lebih sehat dan terasa segar, tetapi juga dapat membuat tingkat metabolisme naik. Air putih merupakan minuman yang direkomendasikan oleh semua dokter untuk mengatasi berbagai tipe penyakit dan masalah kesehatan seperti kelebihan berat badan.

Konsultan kesehatan dan nutrisi, Deborah Orlick Levy mengungkapkan bahwa para peneliti Jerman menemukan fakta bahwa minum air putih dengan suhu yang sangat dingin sebanyak 6 cangkir sehari dapat membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak kalori untuk menghangatkan suhu air agar sesuai dengan suhu tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh membakar kalori lebih banyak hingga 50 kalori per hari.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE