STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Seperti Melly Goeslaw, Bedah Bariatrik Jadi Solusi Aman untuk Terbebas dari Obesitas!

Rini Apriliani | Beautynesia
Rabu, 16 Nov 2022 21:04 WIB
Mengenal Bedah Bariatrik yang Sukses Dijalani Melly Goeslaw

Bedah Bariatrik Berbeda dengan Sedot Lemak!

Beauties, bedah bariatrik ini berbeda dengan bedah kosmetik seperti sedot lemak. Hal ini karena bedah bariatrik menangani akar persoalan dengan mengobati pasien obesitas dan penyakit penyertanya. Cara kerjanya adalah dengan memodifikasi saluran cerna pasien. 

"Cara kerja bedah bariatrik adalah dengan memodifikasi saluran cerna pasien yang menyebabkan makanan tidak melewati usus dua belas jari (Roux en Y gastric bypass) atau melewatinya dengan lebih cepat (Sleeve gastrectomy). Proses ini menyebabkan terjadinya peningkatan hormon GLP-1 yang memperbaiki metabolisme gula oleh insulin. Hal itu kemudian dapat membantu menghilangkan rasa lapar pasien, memodifikasi profil hormon pasien sehingga lebih efektif bekerja, hingga membantu mengurangi kalori yang diserap tubuh. Sedangkan bedah kosmetik hanya bertindak memperbaiki penampilan tanpa menyentuh akar persoalannya," jelas dr. Peter. 

Tak serta merta langsung beda. Ternyata, sebelum melakukan tindakan ada serangkaian pemeriksaan yang harus dilakukan oleh pasien. Diantaranya adalah pemeriksaan laboratorium, jantung, USG dengan teropong (endoskopi) untuk melihat kondisi sleep apnea. Begitu hasil pemeriksaan didapat, pasien diwajibkan untuk berkonsultasi dengan beberapa dokter seperti dokter spesialis gizi klinik, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dokter spesialis penyakit dalam dengan kompetensi sesuai dengan kebutuhan pada saat sebelum dan sesudah tindakan bariatrik, serta dokter spesialis anestesi. 

Nah, dari deretan pemeriksaan tersebut akan ditentukan layak atau tidaknya seseorang melakukan bedah bariatrik ini. Selain itu, sekitar dua minggu pun pasien akan diimbau menjalani diet rendah kalori, hanya 1.000 kkal per hari saja. Hal ini itu mengecilkan organ hati sehingga tidak menutupi lapang pandang ketika dilakukan bedah bariatrik. 

Melly Goeslaw Menjadi Artis yang Sukses Jalani Bedah Bariatrik

Bedah Bariatrik Melly Goeslaw di RS Pondok IndahBedah Bariatrik Melly Goeslaw di RS Pondok Indah/ Foto: Dok. Rini Apriliani

Beberapa waktu lalu, musisi ternama Melly Goeslaw menjalani bedah bariatrik di Rumah Sakit Pondok Indah. Seperti yang kita tahu, sebelumnya ia memiliki berat badan yang berlebih. Dalam konferensi pers, ia mengatakan jika telah melakukan beragam macam pola diet sejak tahun 2000. Kini, bedah bariatrik menjadi langkah besarnya untuk dapatkan tubuh ideal. 

"Tindakan bedah bariatrik sleeve gastrectomy yang saya lakukan merupakan langkah besar setelah hampir 22 tahun ini saya berjuang untuk menurunkan berat badan. Sejak tahun 2000 saja sudah mencoba berbagai macam metode untuk menurunkan berat badan, mulai dari diet sehat dengan olahraga, konsumsi obat minum sampai suntikan bahkan bedah kosmetik untuk mengecilkan beberapa area tubuh. Semuanya berujung kegagalan, berat badan turun sesaat, setelah itu meningkat kembali (yo-yo), bahkan menimbulkan rasa trauma. Berbekal rekomendasi dari teman dan hasil menggali informasi di internet, saya bersyukur dipertemukan dengan dr. Peter dan bisa sampai pada tahap ini," ujar Melly Goeslaw.

Beauties, tindakan bedah yang dilakukan oleh Melly Goeslaw ini merupakan tindakan pemotongan lambung kurang lebih sebanyak 85 persen sehingga didapatkan ukuran lambung yang lebih kecil. Dilakukan dengan teknik minimal invasive laparoskopi, memungkinkan rasa nyeri dirasakan lebih minimal, risiko komplikasi pasca tindakan lebih rendah, dan proses pemulihan berlangsung lebih cepat. 

Musisi kenamaan ini, kini hidup dengan versi yang lebih baik usai menjalani bedah bariatrik. Ia pun bisa bekerja lebih optimal tanpa keluhan yang berarti. Melly menjelaskan, yang dahulu ia hobi bergadang sampai merokok, kini tak pernah dilakukannya lagi. Gaya hidup sehat, kini ia pegang. 

Chief Executive Officer (CEO) RS Pondok Indah Group, dr. Yanwar Hadiyanto, MARS mengatakan, angka obesitas yang makin tinggi membuat RS Pondok Indah berupaya untuk menyediakan solusi untuk mengatasinya, yakni dengan bedah bariatrik ini. 

"Angka obesitas di Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun, mendorong kami untuk berusaha menyediakan berbagai solusi untuk mengatasinya, salah satunya melalui tindakan bedah bariatrik ini. Layanan bedah bariatrik di RS Pondok Indah didukung oleh teknologi medis terkini untuk menegakkan diagnosis dan tenaga medis ahli yang meliputi dokter spesialis bedah serta dokter spesialis terkait lainnya, seperti dokter spesialis gizi klinik dan dokter spesialis penyakit dalam subspesialis endokrin metabolik dan diabetes untuk pasien yang mengalami obesitas dengan komorbid diabetes. Kami berharap semoga bedah bariatrik ini dapat menjadi layanan kesehatan terdepan yang dapat meningkatkan harapan hidup dan kualitas hidup para pasien kami. Kami akan terus berkomitmen untuk menghadirkan layanan kesehatan yang mengutamakan kebutuhan pasien kami di masa mendatang," tutup dr. Yanwar. 

____________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE