sign up SIGN UP

Sering Dibuang Percuma, Ini Manfaat Biji Pepaya yang Nggak Banyak Orang Tahu!

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Kamis, 04 Aug 2022 07:15 WIB
Sering Dibuang Percuma, Ini Manfaat Biji Pepaya yang Nggak Banyak Orang Tahu!
Ini Deretan Manfaat Biji Pepaya/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Biji pepaya sering dianggap sebuah sampah yang tidak memiliki manfaat sehingga tidak jarang biji ini dibuang secara percuma. Namun, sejatinya biji dari buah pepaya ini memiliki beragam manfaat yang jarang diketahui lho!

Salah satunya dapat membantu kamu mencegah terserang penyakit kanker. Selain itu, apa sajakah manfaat lain dari biji pepaya?

Nah, dilansir dari detikFood, ini dia deretan manfaat dari biji pepaya yang harus kamu tahu. Yuk simak!

1. Membantu Melawan Infeksi

Membantu Melawan Infeksi
Membantu Melawan Infeksi/Foto: Freepik.com/Lifestylememory

Manfaat biji buah pepaya yang pertama yaitu membantu melawan infeksi. Sebab, kandungan nutrisinya yang tinggi. Hal ini seperti menghancurkan beberapa jenis jamur dan parasit di dalam tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa biji pepaya efektif melawan tiga jamur. Salah satu jenis jamur yaitu patogen yang dapat menyebabkan infeksi jamur. Biji pepaya juga sangat membantu membunuh parasit usus.

2. Memelihara Fungsi Ginjal

Memelihara Fungsi Ginjal
Memelihara Fungsi Ginjal/Foto: Freepik.com/Benzoix

Memelihara fungsi ginjal juga merupakan salah satu manfaat biji pepaya untuk kesehatan. Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian.

Penelitian tersebut dilakukan pada tikus yang diberi obat berupa ekstrak biji pepaya. Studi tersebut menunjukkan bahwa ekstrak biji pepaya membantu mencegah kerusakan ginjal dan mengatasi segala penyakit ginjal.

3. Membantu Melancarkan Pencernaan

Membantu Melancarkan Pencernaan
Membantu Melancarkan Pencernaan/Foto: Freepik.com/Cookie_studio

Dikutip dari Eat This Not That, biji pepaya mampu membantu melancarkan pencernaan. Sebab, biji pepaya mengandung tinggi serat dan air serta telah terbukti dapat membantu meningkatkan pencernaan dan meredakan sembelit. Hal ini tentunya sangat berguna terutama saat kamu sudah menuju ke usia penuaan.

4. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker
Mencegah Kanker/Foto: Freepik.com/Diana.Grytsku

Biji pepaya dikatakan mampu mencegah kanker yang sangat berbahaya bagi tubuh. Keunggulan ini telah dibuktikan oleh penelitian. Biji pepaya kaya akan antioksidan sehingga memiliki peran penting dalam memerangi radikal bebas.

Radikal bebas dapat menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Salah satu studi menemukan bahwa biji pepaya dapat mengurangi peradangan dan mencegah perkembangan kanker.

Nah Beauties, itu dia deretan manfaat biji pepaya yang wajib kamu ketahui. Biji pepaya memiliki banyak manfaat bukan? terutama bagi kesehatan. Jadi, mulai sekarang stopĀ  membuang biji pepaya secara cuma-cuma ya! Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id