sign up SIGN UP

Sering Dikira Mirip dengan Sakit Kepala Biasa, Kenali Tanda-tanda Vertigo dan Risikonya!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Selasa, 02 Aug 2022 21:00 WIB
Sering Dikira Mirip dengan Sakit Kepala Biasa, Kenali Tanda-tanda Vertigo dan Risikonya!
Mengenal Vertigo, Tanda, dan Risikonya/Foto: Freepik.com/

Sakit kepala merupakan gangguan kesehatan yang hampir semua orang pernah mengalaminya. Mulai dari sakit kepala sebelah, bagian belakang, hingga keseluruhan kepala yang membuat seseorang kesakitan dan sulit beraktivitas. Namun ada yang gejala penyakit yang sekilas mirip dengan sakit kepala dan membuat penderitanya merasa dunianya seolah berputar-putar, yakni vertigo.

Melansir dari Medical News Today, vertigo merupakan gejala dari berbagai kondisi masalah kesehatan dengan sensasi pusing berputar. Rasa pusing berputar tersebut dapat terjadi dalam durasi yang singkat hingga berkelanjutan, meskipun sedang dalam kondisi duduk diam. Namun paling sering, durasinya hanya berlangsung dalam beberapa detik atau menit. 

Vertigo sering kali dikaitkan dengan adanya masalah dengan telinga bagian dalam, otak, atau jalur saraf sensorik. Jika  sering mengalami sakit kepala dan pusing berputar, kamu tidak boleh mengabaikannya begitu saja, lho, Beauties. Seseorang yang sedang diserang vertigo biasanya akan kehilangan keseimbangan dan tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal. Kamu pun tidak boleh mengabaikan kondisi ini begitu saja. Sebab vertigo pun dapat berisiko parah dan membahayakan penderitanya.

Tanda-Tanda Vertigo

Mual dapat menjadi indikasi tanda vertigo
Mual/Foto: Freepik.com/8photo

Melansir dari Medical News Today, untuk mengetahui perbedaan serangan sakit kepala biasa dengan vertigo dapat dikenali dengan tanda-tanda berikut ini:

  • Masalah keseimbangan
  • Pusing
  • Rasa mabuk perjalanan
  • Mual dan muntah
  • telinga berdenging, yang disebut tinnitus.
  • Perasaan penuh di telinga
  • Sakit kepala
  • Nystagmus, kondisi di mana mata bergerak tak terkendali.

Penyebab Vertigo

Sakit kepala sebelah dapat menjadi faktor penyebab timbulnya vertigo
Sakit Kepala/Foto: Freepik.com/jcomp

Banyak hal yang dapat menjadi faktor penyebab vertigo yang hampir semua orang pernah mengalaminya. Dilansir dari Healthline, umumnya vertigo disebabkan oleh faktor-faktor seperti :

  • Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV), merupakan faktor paling sering yang menyebabkan orang mengalami vertigo. Kondisi ini membuat penderitanya merasa seolah berputar atau bergerak. Kondisi ini dipicu karena adanya perubahan cepat dalam gerakan kepala, seperti pukulan ke kepala.
  • Infeksi virus pada saraf vestibular yang disebut neuritis vestibular atau labirin juga dapat menyebabkan timbulnya serangan vertigo yang intens dan konstan pada seseorang.
  • Vertigo juga kerap dikaitkan oleh penyakit meniere, yaitu kondisi di mana adanya penumpukan cairan yang berlebihan di telinga bagian dalam. Sehingga ini menyebabkan episode vertigo mendadak berlangsung selama beberapa jam dan telinga berdenging, hingga gangguan pendengaran.
  • Vertigo juga dapat terjadi akibat migrain atau sakit kepala sebelah yang berlangsung dalam beberapa menit hingga berjam-jam.
  • Cedera kepala atau leher juga dapat menjadi penyebab adanya serangan vertigo.
  • Vertigo dapat disebabkan oleh faktor konsumsi obat-obatan tertentu. Dilansir dari detikHealth, penggunaan obat anti depresan, obat penenang, atau obat tidur dapat menjadi pemicunya.

Risiko Kesehatan

Vertigo dapat menyebabkan penderitanya pingsan akibat kehilangan keseimbangan
Pingsan/Foto: Freepik.com/freepik

Meskipun vertigo merupakan hanya suatu kondisi gejala penyakit, namun bukan berarti kamu dapat mengabaikannya begitu saja. Kondisi ini pun perlu mendapatkan perhatian dan pemeriksaan agar tidak menjadi penyakit serius yang dapat mengancam nyawa. Misalnya bahaya risiko kecelakaan lalu lintas saat berkendara, pingsan saat setiap beraktivitas akibat hilang keseimbangan, masalah kehamilan bagi ibu hamil, gangguan kesehatan telinga, hingga stroke.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id