sign up SIGN UP

Sering Merasa Cemas? 7 Jenis Teh Ini Bisa Bantu Menenangkan Sekaligus Redakan Stres

Retno Anggraini | Beautynesia
Kamis, 05 May 2022 09:30 WIB
Sering Merasa Cemas? 7 Jenis Teh Ini Bisa Bantu Menenangkan Sekaligus Redakan Stres
caption
Jakarta -

Beauties, apakah kamu sering merasa cemas atau gelisah? Membuat tubuh menjadi rileks bisa menjadi cara untuk mengatasi rasa cemas. Nah, salah satu cara untuk bersantai dan relaksasi adalah dengan minum teh. Beberapa jenis teh menawarkan relaksasi yang lebih baik dibandingkan jenis lain.

Juga, ada beberapa jenis teh yang ternyata cocok dikonsumsi untuk mengatasi rasa cemas. Melansir dari Sencha Tea Bar, berikut adalah 7 jenis teh yang cocok dikonsumsi untuk menenangkan kamu dari rasa cemas. Yuk, cari tahu!

Chamomile Tea

Teh chamomile
Teh chamomile/Foto: Freepik.com/freepik

Teh chamomile terkenal dengan efek menenangkannya. Studi menunjukkan bahwa teh chamomile dapat mengikat reseptor di otak dan bantu menginduksi relaksasi. Kamu bisa minum teh ini di malam hari untuk bantu tingkatkan kualitas tidur atau minum di siang hari jika kamu merasa gugup atau cemas.

Green Tea

Teh hijau
Teh hijau/Foto: Freepik.com/zirconicusso

Terkenal akan ragam manfaatnya, studi menunjukkan bahwa teh hijau mampu bantu penurunan berat badan hingga mengontrol tekanan darah. Fakta bahwa teh hijau mengandung asam amino L-theanine, teh ini telah terbukti sebagai obat untuk menenangkan saraf.

Studi juga menunjukkan bahwa kandungan L-theanine pada teh hijau memiliki efek langsung pada otak. L-theanine meningkatkan aktivitas gelombang alfa di otak sehingga mampu meningkatkan relaksasi tanpa rasa kantuk.

Passion Flower Tea

Teh passion flower
Teh passion flower/Foto: Pinterest.com/Life's Little Sweets

Teh passion flower menawarkan cita rasa yang lembut dan juga manis. Teh ini memiliki rasa yang ringan sehingga cocok dicampur dengan herbal lain seperti serai. Teh passion flower telah lama digunakan di Eropa sebagai obat alami untuk atasi kecemasan.

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan flavonoid dalam teh ini memiliki efek modulasi pada reseptor otak. Teh passion flower juga mengandung flavon chrysin yang terbukti sama efektifnya dalam mengurangi kecemasan.

Lemon Balm Tea

Teh lemon balm
Teh lemon balm/Foto: Pinterest.com/Brewed Leaf Love

Teh lemon balm dibuat dengan memasukkan daun lemon balm ke dalam air panas. Minuman ini menawarkan rasa asam yang menyegarkan. Rasa dan aroma teh lemon balm dapat meningkatkan mood dan menghilangkan stres.

Studi yang diterbitkan oleh Nutrients menyebutkan bahwa teh lemon balm membantu mengurangi stres tanpa efek samping. Para peneliti menemukan bahwa konsumsi teh ini dapat menurunkan kecemasan setelah 1-3 jam mengonsumsinya.

Rose Tea

Teh mawar
Teh mawar/Foto: Freepik.com/jcomp

Teh mawar mampu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk tidur pulas. Peneliti mengaitkan manfaat ini dengan kandungan flavonoid yang terdapat dalam teh mawar. Flavanoid secara langsung membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.

Peppermint Tea

Teh peppermint
Teh peppermint/Foto: Freepik.com/jcomp

Teh peppermint telah lama digunakan oleh praktisi pengobatan tradisional sebagai cara untuk meningkatkan relaksasi dan memperbaiki suasana hati. Teh ini bantu tingkatkan mood melalui aromanya yang menyegarkan serta rasanya yang nikmat.

Lavender Tea

Teh lavender
Teh lavender/Foto: Pinterest.com/Oh, How Civilized

Lavender telah dikenal memiliki sifat untuk menenangkan dan menjadi salah satu herbal yang paling populer untuk mengatasi kecemasan secara alami. Teh lavender juga dapat meningkatkan produksi dopamin yang merupakan salah satu senyawa bahagia di otak.

Itulah 7 jenis teh yang direkomendasikan ketika kamu merasa cemas dan gelisah. Jenis teh mana yang mau kamu coba, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id