sign up SIGN UP

Waspada, Deretan Makanan dan Minuman Ini Bisa Memperburuk Rasa Cemas! Apa Saja?

Nadya Quamila | Beautynesia
Kamis, 17 Mar 2022 23:30 WIB
Waspada, Deretan Makanan dan Minuman Ini Bisa Memperburuk Rasa Cemas! Apa Saja?
caption
Jakarta -

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya cemas. Saat dilanda kecemasan, tiap orang memiliki cara masing-masing untuk melampiaskannya, salah satunya dengan makanan. Pada umumnya, orang yang sedang cemas cenderung mengonsumsi makanan manis seperti es krim atau makanan pedas.

Namun yang harus diketahui, ternyata ada beberapa jenis makanan dan minuman yang justru bisa memperburuk rasa cemas, lho! Banyak makanan yang dinilai menenangkan alias menjadi comfort food ternyata malah dapat memicu kecemasan.

Lantas, makanan dan minuman apa saja yang bisa memperburuk rasa cemas? Dihimpun dari berbagai sumber, yuk simak penjelasannya!

Makanan Manis

Kepribadian penyuka makanan manisIlustrasi makanan manis/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Makanan tinggi gula seperti kue, cookies, permen, dan pie dapat membuat gula darah tinggi dan berhubungan dengan kecemasan. Hal tersebut diungkapkan Maggie Michalczyk, ahli diet kepada US News.

"Ketika Anda makan sesuatu yang tinggi gula, itu menyebabkan gula darah Anda melonjak dan kemudian turun lebih cepat daripada jika Anda makan sesuatu yang lebih seimbang dengan protein, karbohidrat, dan lemak," kata Michalczyk.

Lonjakan dan penurunan inilah yang dapat memperburuk perasaan cemas dan bagi sebagian orang akan merasakan serangan panik atau panic attack. Memang mengonsumsi makanan manis saat sedang cemas tampak seperti godaan besar.

Namun untuk mencegah rasa cemas yang semakin parah, cobalah hindari sampai kamu merasa tenang. Jika sedang cemas namun tetap ingin makanan manis, cobalah konsumsi buah segar seperti blueberry, persik, plum, dan ceri.

Makanan Olahan

MakanIlustrasi fast food/ Foto: Freepik.com/nakaridore

Makanan olahan seperti roti, kue, daging olahan, keju, dan makanan siap saji memicu kecemasan dengan meningkatkan peradangan dalam tubuh. Menurut Dr Daniel Devine, dokter spesialis penyakit dalam dan geriatri, makanan olahan rendah serat dan dianggap mengganggu mikrobioma usus normal.

"Diet tinggi karbohidrat dan lemak olahan menyebabkan tingkat keseluruhan peradangan yang tinggi di dalam tubuh, mencapai sistem saraf pusat dan memengaruhi suasana hati kita. Itu mengarah ke tingkat kecemasan yang lebih besar, kata Devine.

Kopi, Teh, dan Minuman Energi

Ilustrasi Menghirup Aroma Kopi/ Foto: Canva/UfukSaracogluIlustrasi minum kopi/Foto: Canva/UfukSaracoglu

Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan minuman berenergi, dapat meningkatkan kecemasan.

"Semakin banyak kafein yang Anda konsumsi, semakin besar kemungkinan munculnya kecemasan," kata Devine.

Penelitian menunjukkan bahwa efek rasa cemas paling berdampak pada orang yang mengonsumsi lebih dari 5 cangkir kopi sehari.

"Kafein mengaktifkan reseptor adenosin di sistem saraf perifer dan pusat. Adenosin terlibat dalam memediasi respons tubuh melawan atau lari (fight or flight)," kata Devine.

Alkohol

Alkohol dinilai sebagai minuman yang dapat digunakan untuk meredakan kecemasan sosial. Namun sebenarnya, minuman ini bisa memperburuk rasa cemas.

"Meskipun mungkin tampak seperti menenangkan saraf Anda, alkohol dapat berdampak negatif pada hidrasi dan tidur, yang keduanya dapat memicu gejala kecemasan," kata Erin Palinski-Wade, RD, CDE, penulis "Belly Fat for Dummies", kepada Healthline.

Alkohol mengubah kadar serotonin dan neurotransmiter di otak yang dapat memperburuk kecemasan. Pasca mengonsumsi alkohol, rasa cemas kemungkinan jadi meningkat.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id