sign up SIGN UP

Sering Terlupakan, Ini 4 Cara Mudah Merawat Miss V Supaya Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Yemima Prasetya Christiana Putri | Beautynesia
Sabtu, 30 Jul 2022 15:30 WIB
Sering Terlupakan, Ini 4 Cara Mudah Merawat Miss V Supaya Sehat dan Terhindar dari Penyakit
caption

Beauties, pernahkah kamu bertanya tentang seberapa pentingkah perawatan untuk Miss V? Atau mengapa perawatan Miss V itu penting?

Tentu saja setiap perempuan wajib merawat Miss V yang merupakan bagian paling sensitif pada tubuhnya. Banyak perempuan yang tidak peduli dengan kebersihan dan kesehatan bagian sensitif tersebut.

Saat pubertas tiba, setiap perempuan pasti akan mengalami masa datang bulan atau yang biasa kita sebut menstruasi. Menstruasi tersebut biasanya terjadi setiap bulan selama kurang lebih 14 hari. Tahukah kamu bahwa selama proses menstruasi tersebut Miss V akan menjadi rentan terhadap bakteri, jamur, dan parasit yang akan membuat iritasi. Karena itulah merawat dan menjaga kesehatan Miss V sangatlah penting dilakukan.

Sebenarnya, Miss V memiliki kemampuan untuk membersihkan diri dengan cara mengeluarkan cairan seperti air liur. Namun, cairan tersebut tidak mampu menanggulangi jika bakteri yang singgah terlalu banyak. Bakteri, jamur, dan parasit bisa menimbulkan masalah seperti infeksi jamur dan infeksi saluran kemih (ISK). Oleh karena itu, penting bagi perempuan untuk selalu menjaga kebersihan area sensitif tersebut.

Apa saja tips untuk perawatan Miss V? Simak beberapa tips yang mudah dilakukan berikut ini yuk!

1. Air Hangat

membersihkan dengan air hangat(Foto:www.freepik.com/wirestock)
air hangat(www.freepik.com/wirestock)

Membersihkan dengan air hangat merupakan cara terbaik yang tidak akan menimbulkan risiko iritasi. Beberapa perempuan terkadang ingin menggunakan sabun agar Miss V menjadi harum.

Padahal, membersihkan dengan menggunakan sabun yang mengandung parfum dapat menyebabkan iritasi. Selain itu, sabun sendiri dapat menghilangkan cairan alami yang berfungsi sebagai pembersih area Miss V tersebut.

2. Mencuci Celana Dalam

pastikan celana dalam selalu bersih sebelum dipakai(Foto:www.freepik.com/atlascompany)
celana dalam(www.freepik.com/atlascompany)

Setelah menggunakan celana dalam, sebaiknya segera cuci agar terhindar dari jamur yang akan menempel dan susah hilang. Saat mencuci alangkah baiknya kita mencuci dengan tangan, bukan dengan mesin cuci.

Sebab, mencuci dengan mesin cuci akan merusak serat kain pada celana dalam yang tipis. Selain itu, pemilihan deterjen pun harus berhati-hati. Sebaiknya pilih deterjen khusus untuk mencuci pakaian dalam, atau gunakan sampo bayi sebagai alternatif lain.

3. Rajin Mengganti Pembalut Saat Menstruasi

mengganti pembalut tanpa harus menunggu penuh(Foto:www.freepik.com/freepik)
pembalut(www.freepik.com/freepik)

Seperti yang telah kita ketahui bahwa menstruasi mengandung banyak bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan iritasi. Karenanya, mengganti pembalut saat menstruasi tidak usah menunggu saat penuh ya, Beauties.

Saat masa menstruasi berlangsung sebaiknya ganti pembalut maksimal setiap 4 jam sekali agar bakteri dan jamur tidak menumpuk terlalu lama. Saat membeli pembalut, jangan lupa untuk selalu cek tanggal pembuatannya agar tidak salah membeli produk yang sudah kedaluwarsa.

4. Jangan Takut Bertanya pada Dokter

jangan pernah takut bertanya pada dokter(Foto:www.freepik.com/stefamerpik)
bertanya pada dokter(www.freepik.com/stefamerpik)

Terkadang kita merasakan ada hal yang aneh pada Miss V seperti keputihan, gatal, dan bau tak sedap. Hal-hal seperti ini memang kerap terjadi dan dianggap wajar.

Namun, apabila kamu merasa ada hal aneh yang mengganggu jangan takut untuk datang pada dokter ya, Beauties. Ingat, masalah kecil jika dibiarkan terlalu lama akan menjadi masalah buruk yang berdampak pada kesehatan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id