sign up SIGN UP

Tanpa Diet, 7 Kebiasaan Kecil Ini Bantu Mengecilkan Perut Buncit! Yuk, Cobain dari Sekarang!

Diny Tiara Putri | Beautynesia
Jumat, 29 Jul 2022 23:00 WIB
Tanpa Diet, 7 Kebiasaan Kecil Ini Bantu Mengecilkan Perut Buncit! Yuk, Cobain dari Sekarang!
Cara mengecilkan perut buncit tanpa diet/Foto: Getty Images/iStockphoto/mangpor_2004

Beauties, memiliki perut buncit memang menjadi salah satu faktor turunnya rasa percaya diri, sebab perut buncit sangat mempengaruhi penampilan setiap individu. Maka dari itu, banyak orang ketika berdiet tidak hanya fokus mengurangi angka timbangan, tetapi juga menghilangkan perut buncit mereka.

Namun, tak semua orang dapat melaksanakan diet sesuai yang dianjurkan. Namun, rupanya ada beberapa kebiasaan kecil yang bantu mengecilkan perut buncit tanpa harus berdiet, lho, Beauties! Kira-kira apa saja? Melansir dari Eat This, Not That! simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Memulai Hari Lebih Awal

Ilustrasi Bangun Tidur/Pexels/Miriam Alonso
Ilustrasi Bangun Tidur/Pexels/Miriam Alonso

Beauties, jangan biarkan dirimu bersantai atau terlalu lama berada di tempat tidur. Alangkah baiknya jika kamu mendapatkan tidur yang cukup, sebab dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Salah satu studi mengenai obesitas, mengungkap bahwa orang yang tidur larut malam, lalu bangun lebih dari pukul 10:45 di pagi hari, biasanya akan memakan hampir 250 kalori.

Namun, jika kamu bangun tidur lebih awal dan memulai harimu, maka kamu akan mendapat tambahan metabolisme. Peneliti di Northwestern University telah menemukan bahwa orang yang terpapar sinar matahari pagi dalam waktu singkat akan memiliki indeks massa tubuh lebih rendah daripada mereka yang bangun terlalu siang.

Banyak Konsumsi Buah Berry

Ilustrasi Buah Beri/Pexels/Suzy Hazelwood
Ilustrasi Buah Beri/Pexels/Suzy Hazelwood

Dibandingkan memuaskan hasrat dengan mengonsumsi makanan manis, beralihlah ke buah berry dan kamu bisa mendapat lingkar pinggang lebih ramping dalam waktu terbilang singkat.

Melansir dari Eat This, Not That! buah berry memiliki antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Selain itu penelitian dari University of Michigan mengungkapkan bahwa tikus yang diberi diet kaya ceri ternyata mampu menghabiskan sebagian besar lemak perut mereka.

Angkat Beban

Ilustrasi Angkat Beban/Pexels/The Lazy Artist Gallery
Ilustrasi Angkat Beban/Pexels/The Lazy Artist Gallery

Jika kamu serius ingin menghilangkan lemak yang ada di perut, latihan ketahanan menjadi kuncinya. Sebuah studi dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa menambahkan latihan beban ke latihan subjek tes pria dewasa secara signifikan mengurangi risiko obesitas perut selama periode studi multi-tahun.

Tidak hanya itu penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland bahkan menemukan bahwa hanya 16 minggu latihan beban, mampu meningkatkan tingkat metabolisme peserta studi sebesar 7,7 persen. Ini membuat kamu lebih mudah untuk membuang lemak di sekitar tubuh bagian tengah.

Lebih Banyak Makan Serat

Memperbanyak konsumsi serat bisa membuat perut rataMemperbanyak konsumsi serat bisa membuat perut rata/ Foto: istockphoto.com/bit245

Ketika diet, banyak orang enggan menambahkan karbohidrat ke dalam makanan mereka, terutama saat diet penurunan berat badan. Kamu bisa menambahkan makanan kaya serat yang tepat karena dapat membantu dalam mengurangi lemak perut dengan cepat.

Beberapa makanan tinggi yang serat yang harus kamu konsumsi untuk menghilangkan lemak perut dengan cepat, di antaranya adalah kacang polong atau kacang-kacangan, biji-bijian, buah berry, labu, brokoli, dan gandum utuh.

Terkena Paparan Sinar Matahari

Ilustrasi perempuan yang terpapar sinar matahariIlustrasi perempuan yang terpapar sinar matahari/ Foto: istockphoto.com/PongtepChithan

Mendapatkan sinar matahari alami dapat membantu dalam menghilangkan lemak perut hanya dengan hitungan minggu. Para peneliti di Fred Hutchinson Cancer Research Center, menemukan bahwa perempuan yang kelebihan berat badan dan kekurangan vitamin D berusia antara 50 – 75 tahun. Setelah melakukan perbandingan, nyatanya mereka yang meningkatkan asupan vitamin sinar matahari, menurunkan lebih banyak berat badan dan lemak tubuh daripada mereka yang tidak sama sekali.

Melakukan Kardio

Ilustrasi Kardio/Freepik/lookstudio
Ilustrasi Kardio/Freepik/lookstudio

Melakukan jogging dengan intensitas sedang beberapa kali seminggu ternyata dapat menghilangkan lemak perut, lho! Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan di Duke Univeristy Medical Center menemukan bahwa selama studi delapan bulan, subjek penelitian yaitu orang dewasa yang kelebihan berat badan dan berlari 12 mil seminggu, kehilangan lemak di perutnya paling banyak serta membakar 67 persen lebih banyak kalori dibandingkan peserta yang melakukan lari pagi.

Berhenti Makan setelah Makan Malam

Ilustrasi Membuka Kulkas/Freepik/rawpixel.com
Ilustrasi Membuka Kulkas/Freepik/rawpixel.com

Ketika makan malam kamu sudah selesai, tutup kulkas dan jangan membukanya atau mencari makanan di dapur sampai pagi. Perut kamu akan berterima kasih akan hal ini, sebab kamu tentu tahu perlu waktu lama bagi perut untuk mencerna makanan yang telah dikonsumsi. Semakin banyak kamu makan, maka semakin lama juga waktu pencernaan untuk mencerna makanan tersebut. Apalagi saat malam, tidak hanya diri yang butuh beristirahat, tetapi juga anggota tubuh terutama pencernaan.

Beauties, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut buncit. Namun yang harus diperhatikan, terapkan pola makan sehat dan jangan lupa berolahraga rutin, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id