sign up SIGN UP

Tarik Napas Dulu, Ini 5 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran saat Merasa Cemas

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Senin, 04 Jul 2022 23:30 WIB
Tarik Napas Dulu, Ini 5 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran saat Merasa Cemas
caption

Beauties, pernahkah kamu merasa cemas? Kecemasan melibatkan perasaan khawatir serta ketakutan, yang dapat menyebabkan dampak pada fisik, kognitif dan emosi. Kecemasan dapat membuat seseorang bertingkah di luar kendali. Biasanya, kecemasan juga bisa mengakibatkan respon pada tubuh seperti berkeringat, gemetar, sesak nafas, hingga mual.

Tidak hanya orang-orang yang mengalami gangguan kecemasan yang bisa merasakan kondisi ini. Hal ini juga bisa berefek bagi siapa saja yang sedang mengalaminya. Namun, kamu tidak perlu khawatir, Beauties.

Melansir dari Very Well Mind, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kecemasan agar hati dan pikiran tenang. Yuk, simak baik-baik!

Cari Tahu Hal yang Mengganggu

Cari tahu penyebab kecemasanmu agar kau bisa tahu cara mengendalikannya
Ilustrasi Cemas/foto: pexels.com/shvets-production

Penting bagi kamu untuk mengetahui apa yang membuatmu merasa cemas. Karena biasanya, perasaan cemas hadir karena pemikiranmu saja, bukan realita sesungguhnya yang terjadi. Untuk itu, kamu perlu mencari tau penyebabnya hingga ke akar masalah. Buatlah sebuah jurnal atau catatan dan cari tau penyebab-penyebab dari kecemasanmu hingga ke pusatnya.

Lakukan Relaksasi

cobalah untuk melakukan relaksasi saat kamu sedang merasa cemas
Ilustrasi Relaksasi/foto: pexels.com/andrea-piacquadio

Ketika sedang mengalami kecemasan, luangkan waktu untuk menenangkan pikiran. Refleksikan kembali apa yang membuatmu begitu khawatir. Biasanya, kecemasan datang saat kamu memikirkan tentang masa lalu atau hal yang akan terjadi. Untuk itu, penting bagi kamu untuk bisa mengembalikan dirimu kembali ke kondisi saat ini.

Caranya dengan menutup mata, posisikan dirimu senyaman mungkin dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung kemudian hembuskan lewat mulut. Jika kamu sudah merasa tenang, maka sekarang mulailah untuk menenangkan hati dan pikiranmu. Bahwa hal yang akan terjadi tidak seburuk yang kamu pikirkan, serta masa lalu yang sudah terjadi pun adalah hal yang sudah kamu lewati. Lakukan terus menerus hingga kamu merasa hadir pada saat ini dan tidak mencemaskan apa yang akan dan sudah terjadi.

Fokus Dengan yang Dapat Kamu Ubah

Fokus pada hal yang bisa kamu ubah untuk dapat mengurangi kecemasan
Ilustrasi Cemas/foto: pexels.com/olya-kobruseva

Hidup tidak bisa diprediksi dan sampai kapan pun kamu tidak akan bisa mengendalikan hal-hal di luar kendalimu. Seperti misalnya perilaku orang lain, dan hal yang terjadi di sekitarmu. Maka, kamu bisa memutuskan untuk menghadapi hal-hal yang bisa kamu lakukan saja serta hindari untuk mengendalikan hal-hal yang ada di luar kemampuanmu.

Ganti kecemasan dan ketakutanmu dengan mengubah sikap terkait hal itu. Misalnya, saat kamu merasa cemas akan diberhentikan dari pekerjaan karena ada pengurangan karyawan. Daripada cemas dan berharap atasanmu akan berbaik hati mengizinkamu untuk tetap bekerja, kamu bisa berusaha lebih giat agar kamu tidak termasuk karyawan yang diberhentikan. Fokuslah pada apa yang bisa kamu lakukan, bukan berharap bisa mengendalikan situasi.

Alihkan Perhatian

Kebiasaan membaca di pagi hari bantu meningkatkan kreativitas .Ilustrasi membaca buku/Foto: Freepik.com/Pvproductions

Meskipun tidak menyelesaikan secara tepat, namun, mengalihkan perhatian terhadap hal lain bisa membantumu tidak terlalu larut dalam kecemasanmu. Kamu bisa terlibat ke dalam beberapa hobi yang kamu sukai. Atau, kamu bisa menata ulang kamarmu, membuat sebuah karya seperti menggambar, melukis, atau menulis. Bisa juga dengan mendengarkan musik, menonton film, atau membaca buku, dan melakukan aktivitas fisik seperti berjalan-jalan, atau olahraga.

Perhatikan Kondisi Fisik

perbaiki pola hidup mulai dari jam tidur, pola makan, makanan yang kamu konsumsi, dan perbanyak aktivitas fisik
Ilustrasi Hidup Sehat/foto: pexels.com/destiawan-nur-agustra-

Perubahan gaya hidup bisa membantumu untuk mencegah kecemasan. Jam tidur, pola makan dan apa yang kamu konsumsi serta aktivitas sehari-hari dapat mempengaruhi kondisi kecemasanmu. Untuk itu, kamu perlu membuat pola hidupmu menjadi lebih sehat dan teratur.

Penelitian menyebutkan bahwa suasana hati dan pikiran dapat dipengaruhi oleh apa yang kamu konsumsi sekaligus juga bisa berasal dari jam tidurmu. Selain itu, aktivitas fisik yang teratur juga dapat berguna untuk mengurangi kecemasan.

Beauties, kecemasan seringkali dapat terjadi tanpa ada tanda-tanda. Hingga akhirnya menyebabkan hati dan pikiranmu tidak tenang. Untuk itu, kamu perlu menempatkan dirimu agar bisa mengatur kecemasan yang sedang kamu alami. Jika kamu merasa kesulitan atau sudah berlarut-larut, kamu bisa mengunjungi profesional seperti psikolog atau psikiater ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id