STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Ternyata Rajin Berenang Ada Banyak Manfaat Kesehatannya Lho! Bisa Bantu Hilangkan Perut Buncit

Astari Dewi Larasati | Beautynesia
Sabtu, 15 Jan 2022 21:30 WIB
Ternyata Rajin Berenang Ada Banyak Manfaat Kesehatannya Lho! Bisa Bantu Hilangkan Perut Buncit

Beauties pasti sudah tahu kan kalau olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh? Apapun jenis olahraganya pasti punya manfaat. Hal ini kembali pada kemampuan dan kemauan diri masing-masing orang. Seperti olahraga berenang yang dianggap paling menyenangkan sekaligus menyehatkan. 

Apalagi berenang termasuk olahraga super lengkap karena menggerakkan seluruh anggota tubuh, menguji daya tahan otot, dan bisa melakukan gerakan kardio. Selain melatih fisik, berenang juga meningkatkan kesehatan dalam berbagai cara lain. Untuk lebih lengkapnya, ini beberapa manfaat dari berenang.

Full Body Workout

Berenang merupakan full body workout.
Full body workout/pexels.com/emilyrose

Berenang hampir melibatkan semua otot tubuh, sehingga nggak heran kalau olahraga ini termasuk full body workout. Apalagi gaya renang punya banyak ragam sehingga bisa pilih sesuai dengan yang dikuasai. Padahal kalau kardio hanya dominan bagian bawah tubuh saja sehingga bagian atas tubuh kurang berkembang.

Manfaat renang di sisi lain bisa menggerakan setiap sendi dan otot utama di tubuh. Memaksa kaki, lengan, dan punggung bekerja secara bersamaan. Jika sudah terbiasa olahraga darat, berenang akan jadi tantangan tersendiri terutama pada bahu dan punggung.

Membakar Kalori

Manfaat berenang untuk membakar kalori.
Membakar kalori/pexels.com/andresaytron

Kebanyakan gaya renang akan melibatkan seluruh anggota tubuh, jadi kalori yang terbakar akan jauh lebih banyak. Namun ini semua bergantung lagi kepada berat badan dan intensitas berenang. Kalau dilakukan dengan benar, berenang bisa membakar hingga seribu kalori per jam.

Sedangkan kalau hanya berenang sambil bermain bisa membakar 180 sampai 266 kalori per 30 menit. Lalu berenang beberapa putaran dapat membakar 300 sampai 444 kalori.

Menghilangkan Stres

Manfaat berenang untuk menghilangkan stress.
Menghilangkan stress/pexels.com/enginakyurt

Dari banyaknya jenis olahraga, berenang ternyata paling efektif lho untuk menghilangkan stres. Apalagi kalau menerapkan gaya renang yang tenang tanpa banyak bergerak. Menyatu dengan air memiliki manfaat menghilangkan stres. Berenang bisa jadi ruang untuk melepaskan diri dan membenamkan diri dalam kesendirian. Selain itu, lebih fokus pada napas dan kebugaran tubuh.

Mengatur Pernapasan

Manfaat berenang untuk mengatur pernapasan.
Mengatur pernapasan/pexels.com/alexandrpodvalny

Setelah berenang dengan menerapkan teknik yang benar, pasti mengalami sesak napas. Hal ini dikarenakan berenang punya gerakan kardio luar biasa sehingga jantung dan paru-paru harus terus memompa darah beroksigen ke seluruh tubuh. Tapi hal ini juga yang bisa mengatur pernapasan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE