sign up SIGN UP

Tidak Pede Punya Paha Besar? Ini Kiat Untuk Mengecilkannya, Beauties!

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Kamis, 23 Jun 2022 22:15 WIB
Tidak Pede Punya Paha Besar? Ini Kiat Untuk Mengecilkannya, Beauties!
Mengecilkan paha/ Foto: freepik.com/benzoix

Kamu mungkin salah satu yang 'resah' dengan bentuk paha yang dirasa cukup besar sehingga berharap bisa menemukan cara cepat untuk mengecilkannya.

Akan tetapi kamu perlu paham Beauties, kamu tidak hanya bisa berkonsentrasi mengecilkan lemak di paha saja. Sebab mengecilkan salah satu bagian tubuh sama halnya dengan mengecilkan badan secara keseluruhan.

Lalu mengapa bagian paha lebih mudah mengalami penggemukan? Melansir dari laman Gentile, penyebab utama di balik kenaikan berat badan di paha adalah estrogen. Hormon ini mendorong peningkatan sel lemak pada perempuan, menyebabkan endapan terbentuk, paling sering di sekitar bokong dan paha.

Dan berikut ini adalah kiat yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengurangi lemak yang menumpuk di paha.

Kurangi Konsumsi Gula

Kurangi konsumsi gula
Kurangi konsumsi gula/ Foto: freepik.com/jcomp

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengurangi lemak di paha adalah dengan mengurangi konsumsi gula. Mengkonsumsi banyak gula, terutama pada minuman kemasan, bisa meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh.

Melansir dari laman Health: University of Utah, sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menghubungkan minuman manis dengan kadar estrogen pada wanita.

Wanita yang minum soda dengan gula, bukan soda diet, memiliki kadar hormon estrogen yang lebih tinggi. Untuk itu, kamu perlu perlahan mengurangi konsumsi gula agar paha tidak semakin besar.

Lakukan Cardio dan Latihan Ketahanan

Berolahraga
Berolahraga/ Foto: freepik.com/benzoix

Mengurangi lemak di paha dan juga lemak secara keseluruhan tubuh juga bisa dilakukan dengan melakukan latihan kardiovaskular untuk membakar kalori dan latihan ketahanan setidaknya 2 kali seminggu.

Melansir dari laman Healthline, latihan ketahanan setidaknya 2 kali seminggu berpartisipasi dalam memperkuat otot total tubuh. Membantu membakar kalori, mengurangi massa lemak, dan memperkuat paha.

Lebih lanjut, memasukkan high-intensity-interval-training (HIIT) dan kardio intensitas rendah dalam keseluruhan rencana latihan akan membantu mengurangi lemak tubuh total dan dapat mengencangkan paha.

Diet dengan Defisit Kalori

Defisit kalori
Defisit kalori/ Foto: freepik.com/tirachardz

Tidak berhenti di latihan fisik, kamu juga perlu menjaga pola makan. Maksudnya yaitu pola makan dengan mengurangi asupan kalori harian, karenanya kalori yang masuk ke dalam tubuh akan lebih sedikit daripada yang dibakar tubuh.

Ketika kamu bisa menerapkan diet sehat dan defisit kalori, maka tubuh secara otomatis akan perlahan kehilangan berat badan termasuk di area paha.

Namun perlu diingat ya Beauties, diet yang sehat bukanlah diet yang menyiksa, apalagi kamu sampai jatuh sakit. Jadi, pilihlah jenis diet yang sesuai dengan kebutuhanmu tanpa membuatmu kelaparan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id