sign up SIGN UP

Catat! Kata Ahli Gizi, Ini 10 Buah yang Direkomendasikan untuk Diet Agar Cepat Kurus

Tim Redaksi HaiBunda | Beautynesia
Jumat, 17 Jun 2022 13:45 WIB
Catat! Kata Ahli Gizi, Ini 10 Buah yang Direkomendasikan untuk Diet Agar Cepat Kurus
Ada 10 buah yang direkomendasikan untuk diet agar cepat kurus. Apa saja? Simak artikel berikut ini. (Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages)
Jakarta -

Rekomendasi makanan untuk diet banyak beredar di internet. Umumnya, pelaku diet dianjurkan untuk menghindari makanan berlemak dan natrium serta kalori tinggi. Oleh karena itu, sayuran dan buah pun jadi makanan yang direkomendasikan untuk diet.

Kendati begitu, nggak semua buah pun dianjurkan untuk dikonsumsi. Pasalnya, ada beberapa buah yang memiliki kalori tinggi sehingga mengganggu diet. Menurut ahli gizi, Amy Shapiro, RD, pendiri Real Nutrition, ada 10 buah yang cocok untuk diet lantaran mengenyangkan perut.

Ilustrasi wanita diet atau makanIlustrasi perempuan diet. / Foto: Getty Images/iStockphoto/miya227

Dengan begitu, keinginan makan atau ngemil tidak sehat jadi lebih ditekan. "Buah adalah makanan bergizi sebagai hadiah untuk dinikmati selama menjalani penurunan berat badan dan mengurangi keinginan Anda mengonsumsi makanan manis yang kurang sehat lainnya," ujar Shapiro kepada Women's Health.

Lebih lanjut, Amy merekomendasikan untuk tidak lebih dari dua porsi buah sehari dalam mengonsumsi buah untuk diet agar cepat kurus. Lalu, apa saja saja buah yang direkomendasikan untuk diet agar cepat kurus?

Apel

Apel merupakan buah yang direkomendasikan untuk diet cepat kurus. Pasalnya, apel memiliki kalori rendah dan tinggi serat, yaitu 116 kalori dan 5,4 gram serat per buah berukuran besar. Konon, buah-buahan rendah kalori lebih mengenyangkan.

ApelApel. (foto: pexels.com/Polina Tankilevitch) / Foto: Gabriella Gebby

Menurut penelitian, untuk mengurangi rasa lapar dan mengendalikan nafsu makan, apel lebih baik dimakan utuh daripada dijus.

Jeruk Bali

Tahukah kamu? Setengah jeruk bali mengandung kalori yang rendah, lho, yaitu hanya mengandung 39 kalori. Uniknya, di saat yang bersamaan, jeruk bali juga mengandung 65% vitamin C. 

diabetes, dietIlustrasi diet. / Foto: Getty Images/Moyo Studio

Bagusnya lagi, jeruk bali memiliki indeks glikemik (GI) rendah. Itu berarti jeruk bali bisa melepaskan gula ke dalam aliran darah menjadi lebih lambat. Dengan begitu, penurunan dan pemeliharaan berat badan pun jadi lebih terkendali.

Beri

Konon, beri adalah pembangkit tenaga nutrisi rendah kalori. Sebanyak 74 gram blueberry hanya mengandung 42 kalori dengan 12% RDI untuk vitamin C dan 18% vitamin K. Dari sebuah penelitian kecil menunjukkan orang yang ngemil beri akan makan 65 kalori lebih sedikit pada makanan berikutnya, daripada mereka yang ngemil permen dengan jumlah kalori sama.

Selengkapnya BACA DI SINI, ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id