sign up SIGN UP

Tinggi Lemak, 6 Makanan Ini Justru Baik untuk Kesehatan Tubuh! Jangan Di-skip, Beauties

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Jumat, 24 Jun 2022 09:45 WIB
Tinggi Lemak, 6 Makanan Ini Justru Baik untuk Kesehatan Tubuh! Jangan Di-skip, Beauties
Foto: iStock

Makanan tinggi lemak sering dianggap buruk karena dikaitkan dengan risiko kenaikan berat badan hingga penyakit jantung. Padahal, tidak semua makanan yang mengandung lemak harus kamu jauhi, Beauties.

Terdapat pula makanan-makanan tinggi lemak yang justru baik dikonsumsi karena kandungan lemaknya merupakan 'lemak baik' yang menyehatkan bagi tubuh.

Nah, mengutip dari Healthline, ini dia 6 pilihan makanan tinggi lemak yang  bergizi dan baik untuk kesehatan!

1. Alpukat

alpukat
Alpukat termasuk makanan tinggi lemak yang baik untuk kesehatan/Foto: Freepik/Dashu83

Mengandung sekitar 80% lemak, alpukat menjadi satu-satunya makanan dari kelompok buah yang memiliki kandungan lemak tinggi, bahkan lebih tinggi daripada kebanyakan makanan hewani. 

Meski begitu, kandungan lemaknya ini merupakan lemak tak jenuh sehingga justru baik untuk kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

2. Telur

telur
Telur termasuk makanan tinggi lemak yang baik untuk kesehatan/Foto: Freepik/Azerbaijan-stockers

Telur termasuk makanan yang sering dihindari karena kuningnya dianggap tinggi kolesterol dan lemak. Padahal menurut penelitian yang dilansir dari laman NCBI, lemak dalam kuning telur sebenarnya tidak berdampak negatif pada kadar kolesterol dalam darah. 

Di samping itu, makanan ini juga padat akan nutrisi dan baik dikonsumsi untuk diet karena kandungan proteinnya yang tinggi bisa membuat perut kenyang lebih lama.

3. Ikan

ikan salmon sashimi
Ikan salmon termasuk makanan tinggi lemak yang baik untuk kesehatan/Foto: Freepik/Topntp26

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, sarden, trout dan herring sarat akan kandungan asam lemak omega-3, protein serta berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. 

Menurut penelitian, mengonsumsi jenis ikan ini secara teratur dapat meningkatkan fungsi kognitif otak, mengatur kadar gula dalam darah serta membantu mengurangi resiko penyakit jantung, lho.

4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan
Kacang termasuk makanan tinggi lemak yang baik untuk kesehatan/Foto: Freepik/Azerbaijan-stockers

Selain merupakan sumber protein nabati, kacang-kacangan juga tinggi akan kandungan lemak tak jenuh dalam bentuk asam oleat dan linoleat, vitamin, serat hingga mineral yang baik untuk menutrisi tubuh. 

Bahkan, sebuah studi menunjukkan orang yang makan kacang-kacangan cenderung lebih sehat dan memiliki risiko rendah terkena penyakit obesitas, jantung dan diabetes tipe 2. Jenis kacang-kacangan yang bisa kamu pilih di antaranya seperti kacang merah, almond, mede, walnut hingga kedelai.

5. Cokelat Hitam

cokelat
Cokelat hitam termasuk makanan tinggi lemak yang baik untuk kesehatan/Foto: Freepik/Freepik

Berbeda dengan cokelat biasa yang umumnya telah dicampur gula dan susu, cokelat hitam biasanya masih memiliki kandungan kakao murni yang cukup tinggi sehingga lebih menyehatkan.

Jenis cokelat ini kaya akan kandungan serat, antioksidan serta beberapa nutrisi penting lainnya, termasuk kandungan lemak yang menyumbang 65% kalori.

Nah, untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan, pastikan kamu mengonsumsi cokelat hitam dalam porsi yang tepat, yakni sekitar 40 gram per hari dan pilih produk yang setidaknya mengandung 70% kakao murni.

 6. Yogurt

yogurt
Yogurt termasuk makanan tinggi lemak yang baik untuk kesehatan/Foto: Freepik/Nensuria

Yoghurt memiliki semua nutrisi penting yang terdapat pada susu seperti kalsium, vitamin B12, fosfor, protein dan lemak. Di samping itu, yogurt juga mengandung probiotik yang membuatnya tidak hanya dapat menjaga kekuatan tulang, mengontrol berat badan dan mengurangi resiko penyakit jantung, namun juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan.

Namun saat mengonsumsi yogurt, pastikan kamu memilih produk yang plain atau tidak mengandung gula tambahan agar lebih sehat ya, Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id