sign up SIGN UP

Kalau Lagi Diare, Hindari Konsumsi Buah dan Sayuran Ini Dulu Agar Tidak Makin Parah

Fina Prichilia | Beautynesia
Senin, 20 Jun 2022 19:45 WIB
Kalau Lagi Diare, Hindari Konsumsi Buah dan Sayuran Ini Dulu Agar Tidak Makin Parah
Foto: Getty Images/iStockphoto/Phira Phonruewiangphing
Jakarta -

Saat mengalami diare, tentu bisa membuat aktivitasmu jadi terganggu. Selain segera mencari tahu harus mengkonsumsi apa biar segera pulih, kamu juga perlu pahami ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari.

Sayuran dan buah secara umum mendatangkan kesehatan, tapi rupanya ada beberapa di antaranya yang tidak disarankan saat diare. Selengkapnya cek di bawah ini yuk!

Sayuran dan Buah Berserat

Sayuran Yang Mampu Menurunkan Kolesterol/Foto: Freepik.com/JcompIlustrasi sayuran berserat. /Foto: Freepik.com/Jcomp

"Jadi kalau orang sedang diare justru nggak boleh makan sayuran karena sayuran mengandung serat yang banyak. Serat kan dicernanya sebentar dan dia akan dikeluarkan lagi. Jadinya saat diare hindari konsumsi serat," kata dr Hepi Novlina dari Puskesmas Babadan, Indramayu, dikutip dari detikHealth.

Sebaliknya, sayuran dan buah berserat, cocok dikonsumsi ketika lagi sembelit atau susah BAB. Dirinya memberi contoh, hindari konsumsi buah naga saat diare. Asupan tinggi serat lain yang juga perlu dihindari sementara yaitu agar-agar.

Sayuran yang Mengandung Gas

Rajin mengonsumsi brokoli bisa membuat glowing.Brokoli/Foto: pexels.com/Cats Coming/

Sayuran yang mengandung gas, juga dinilai dapat memperparah diare kamu, Beauties. Selain itu akan bikin perut terasa penuh atau kembung, dan membuat kamu terus buang angin.

Contohnya brokoli, kembang kol, buncis, kacang polong, sayuran berdaun hijau, paprika, jagung, dan kubis. Dan buah-buahan yang perlu dihindari saat diare, yaitu anggur, ceri, nanas, dan buah ara.

Kiat Biar Sembuh dari Diare

Meski tampaknya hampir semua sayur dan buah adalah berserat, tapi ada pengecualian atau baik untuk diare. Yaitu pisang dan apel, karena punya kandungan pektin yang bisa membantu memadatkan feses.

Sementara pada sayuran yang aman dikonsumsi ada wortel, kacang hijau, dan buah bit.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id