sign up SIGN UP

Urutan Mandi Bisa Menyebabkan Munculnya Jerawat, Lho Kok Bisa?

Iftifani Sayyida Asausan | Beautynesia
Jumat, 05 Aug 2022 13:30 WIB
Urutan Mandi Bisa Menyebabkan Munculnya Jerawat, Lho Kok Bisa?
caption

Beauties, apakah kamu masih struggle dengan jerawat? Apalagi jerawat yang tidak hanya di kulit wajah, tetapi mendadak muncul di badan terutama bagian punggung.

Sekarang ini sudah banyak produk skincare dan body care yang dikhususkan untuk mengatasi jerawat di kulit wajah dan badan. Selain berusaha mengatasinya, apakah kamu sudah tau penyebab munculnya jerawat ini?

Ternyata, hal sepele seperti urutan mandi juga bisa memengaruhi jerawat yang muncul di kulitmu. Penasaran penyebabnya? Simak selengkapnya di bawah ini ya, Beauties!

1. Sabun yang Kamu Pilih Mengandung Banyak Deterjen

Kebiasaan mandi orang Jepang yang jarang orang lain ketahui/ foto: Freepik.com/ lifeforstockIlustrasi sedang Mandi/Foto: Freepik.com/ lifeforstock

Sabun yang memiliki banyak busa bisa membuatmu lebih nyaman karena kulit terasa lebih bersih dan sensasinya menyenangkan. Tetapi, sabun yang memiliki banyak busa biasanya mengandung banyak deterjen.

Dikutip dari Insider, sabun dengan banyak deterjen dapat menghilangkan minyak alami kulit sehingga membuatnya terasa kering. Ketika kulit terlalu kering, itu dapat memicu tubuh untuk memproduksi sebum berlebih yang membuat kulit menjadi rentan berjerawat.

2. Urutan Mandi yang Salah

Urutan Mandi Mempengaruhi Jerawat, Kok Bisa?
Urutan mandi mempengaruhi jerawat/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Seorang ahli dermatologi yang menangani selebritas Kendall Jenner bernama Christie Kidd melalui Good House Keeping menyatakan bahwa urutan mandi bisa memengaruhi munculnya jerawat di badan ataupun kulit wajah.

Jika kamu mencuci wajah dulu dan baru keramas, maka residu sampo akan mengenai kulit wajah. Sama dengan ketika kamu keramas, memakai kondisioner, dan menunggunya kering dengan memakai sabun badan. Maka, residu kondisioner akan mengenai kulit badanmu yang seharusnya sudah bersih tadi.

Residu yang tertinggal tanpa dibersihkan ini akan menyumbat pori-pori dan menumbuhkan jerawat. Seharusnya kamu mandi dengan urutan dari kepala hingga ke kaki, yaitu menyelesaikan urutan mencuci rambut, membersihkan badan, menyikat gigi, dan baru mencuci wajah.

3. Memakai Handuk yang Kotor

Urutan Mandi Mempengaruhi Jerawat, Kok Bisa?
Memakai handuk kotor/Foto: pexels.com/Dom J

Debu sekecil apapun juga bisa membuat kulitmu rentan berjerawat, apalagi untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Handuk yang jarang dicuci atau diganti membuat kotoran menumpuk dan menjadi sarang bakteri. Sebaiknya kamu rajin mengganti handuk setiap minggu atau akan lebih baik lagi jika kamu membedakan handuk untuk mengeringkan badan dan wajah.

Hindari beberapa penyebab di atas. Semoga bermanfaat ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id