sign up SIGN UP

Usir 4 Kg Cuma Seminggu, Ini Rekomendasi Makanan Sehat dan Enak untuk Program Diet Keto!

Aqillah Diaz Rahmadyani | Beautynesia
Selasa, 10 May 2022 06:15 WIB
Usir 4 Kg Cuma Seminggu, Ini Rekomendasi Makanan Sehat dan Enak untuk Program Diet Keto!
caption

Diet keto merupakan salah satu program diet yang cukup populer dilakukan oleh banyak orang untuk menurunkan berat badan. Diet keto efektif dilakukan karena diet ini menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak.

Program diet yang satu ini dilakukan dengan membatasi asupan karbohidrat sebanyak 20 hingga 50 gram per hari. Dilansir dari Wolipop, diet keto dapat menurunkan berat badan hingga 4 kilogram dalam waktu seminggu lho, Beauties! Tentunya jika hasilnya ingin maksimal juga harus dibarengi dengan olahraga. 

Dikutip dari detikFood, seseorang yang menjalani diet keto harus mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat dan gula, tapi dapat mengganti makanan dengan kandungan tinggi protein dan lemak baik.

Melansir dari Healthline, berikut beberapa makanan yang bisa dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalani diet keto. Simak yuk!

1. Telur

Telur / foto : pexels.com/AndieCumber
Telur / foto : pexels.com/AndieCumber

Telur merupakan sumber protein yang sangat sehat, karena telur mengandung kurang dari 1 gram karbohidrat dan 6 gram protein. Telur juga dapat membangkitkan hormon leptin yang dapat membuat kenyang lebih lama dan dapat mengendalikan nafsu makan. Bahkan, dengan mengonsumsi telur juga dapat menstabilkan gula darah. 

Ketika kamu sedang menjalani diet keto, kamu bisa mengonsumsi seluruh bagian telur, baik putih dan kuningnya. Kuning telur mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang baik untuk mata. Kamu bisa mengonsumsi telur dengan cara direbus. 

2. Daging Sapi atau Daging Ayam

Daging Sapi atau Daging Ayam / foto : pexels.com/BecerraGoveaPhoto
Daging Sapi atau Daging Ayam / foto : pexels.com/BecerraGoveaPhoto

Salah satu makanan pokok bagi seseorang yang sedang menjalani diet keto adalah daging sapi atau daging ayam. Daging sapi dan daging ayam tidak mengandung karbohidrat, justru mengandung vitamin B, seperti kalium, selenium, dan zinc. Bahkan jenis makanan ini juga mengandung protein tinggi, sehingga dapat mempertahankan massa otot. 

Jika kamu ingin mengonsumsi daging sapi, usahakan memilih hasil ternak yang diberi makan rumput karena memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi dibandingkan hewan yang diberi makan jenis lain. Lalu, jika kamu ingin mengonsumsi ayam, kamu bisa memilih bagian dada dan menghindari lemak atau kulit ayam. Kamu bisa mengolahnya menjadi sup atau dikukus supaya lebih sehat ya!

3. Keju

Keju / foto : pexels.com/NastyaSensei
Keju / foto : pexels.com/NastyaSensei

Makanan selanjutnya yang bisa dikonsumsi bagi seseorang yang menjalani diet keto adalah keju. Berbagai jenis keju yang dijual di supermarket atau di pasar modern memiliki kandungan karbohidrat yang rendah dan tinggi lemak.

Selain mengonsumsi susu, keju juga aman dikonsumsi untuk diet. Kamu bisa menjadikan keju sebagai tambahan untuk meningkatkan nafsu makan. Lalu, keju juga dapat membantu mengurangi hilangnya massa dan kekuatan otot yang terjadi akibat bertambahnya usia lho!

4. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau / foto :pexels.com/MagdaEhlers
Sayuran Hijau / foto :pexels.com/MagdaEhlers

Sayuran hijau juga cocok dikonsumsi untuk diet karena kandungan karbohidrat di dalam sayuran sangat rendah dan kaya vitamin, mineral, serta antioksidan. Ada berbagai jenis sayuran hijau yang bisa jadi pilihanmu untuk menjalani diet, seperti brokoli, bayam, sawi, kangkung, selada, dan lainnya. Sayuran hijau juga mengandung vitamin K dan zat besi.

Jika kamu ingin mengonsumsi sayuran hijau dengan rasa yang lezat, kamu bisa menambahkan rempah-rempah seperti rosemary atau oregano karena tidak akan menambah kandungan karbohidrat dalam makananmu.

5. Seafood

Seafood / foto : pexels.com/HuyPhan
Seafood / foto : pexels.com/HuyPhan

Kabar baik buat kamu yang suka mengonsumsi seafood, karena jika kamu sedang menjalani diet keto, kamu juga bisa mengonsumsi seafood, lho!

Berbagai jenis makanan laut ternyata hanya mengandung sedikit karbohidrat atau bahkan tidak mengandung karbohidrat. Ikan dan kerang memiliki kandungan kaya vitamin, mineral, dan omega-3 yang baik untuk kesehatan. Bahkan salmon mengandung vitamin B, kalium, dan selenium, serta tidak mengandung karbohidrat. 

Namun, jangan terlalu sering mengonsumsinya, kamu bisa mengonsumsi seafood setidaknya 2 porsi seminggu karena yang berlebihan itu juga nggak baik ya, Beauties.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi ketika akan menurunkan berat badan dengan diet keto. Ada baiknya juga berkonsultasi dengan dokter agar diet keto yang kamu jalani lebih aman. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id