sign up SIGN UP

Dikenal Punya Rasa Asam, 5 Makanan Ini Justru Jadi Makanan Favorit bagi Warga Dunia, Cocok untuk Diet!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Senin, 09 May 2022 08:00 WIB
Dikenal Punya Rasa Asam, 5 Makanan Ini Justru Jadi Makanan Favorit bagi Warga Dunia, Cocok untuk Diet!
caption

Beauties, kamu termasuk penyuka olahan makanan bercita rasa asam? Bukannya basi, tetapi olahan makanan yang memiliki rasa asam umumnya telah melewati proses fermentasi.

Nggak main-main, makanan fermentasi seperti yogurt dan tempe mengandung probiotik atau bakteri baik yang banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Contohnya, probiotik jenis Lactobacillus dan Bifidobacterium bagus untuk kesehatan sistem saluran pencernaan dan sistem saluran kemih. Sedangkan, probiotik jamur Saccharomyces boulardii (S. boulardii) bisa mengobati diare hingga jerawat.

Inilah beberapa daftar makanan rasa asam yang banyak diminati oleh warga dunia. Plus, bisa kamu jadikan camilan diet sehat juga, loh!

1. Kimchi

makanan asam mengandung probiotik yang bagus untuk diet
Kimchi/Foto: Pexels.com/makafood

Kimchi adalah makanan fermentasi populer yang berasal dari Korea Selatan. Beberapa orang bahkan menyebutnya sebagai makanan “super-probiotik”.

Asinan sayur ini dibuat dari fermentasi sawi putih yang ditambahkan campuran bumbu seperti cabai merah, bawang putih, jahe, daun bawang, dan garam. Rasanya cukup asam dan kuat.

Makanan fermentasi ini mengandung probiotik Lactobacillus yang sehat untuk usus serta sejumlah vitamin K, vitamin B2, dan zat besi.

2. Yogurt

makanan asam mengandung probiotik yang bagus untuk diet
Yogurt/Foto: Pexels.com/Any Lane

Makanan favorit untuk diet ini memiliki rasa asam tapi juga segar. Apalagi yogurt bisa diolah menjadi berbagai sajian lezat, mulai dari salad buah, milkshake yogurt, smoothies, hingga kue. Jadi wajar saja jika yogurt banyak diminati oleh orang dewasa juga anak-anak.

Yogurt merupakan olahan fermentasi susu oleh bakteri Lactobacillus dan Bifidobacteria. Mengonsumsi yogurt banyak dikaitkan sebagai cara mengatasi diare, meningkatkan kesehatan tulang, hingga menjaga tekanan darah tetap stabil.

3. Sauerkraut

makanan asam mengandung probiotik yang bagus untuk diet
Sauerkraut/Foto: Pexels.com/Polina Tankilevitch

Sauerkraut mungkin terdengar asing di telingamu, sebab ini adalah makanan tradisional di beberapa negara Eropa, khususnya Jerman. Sauerkraut ialah hasil fermentasi dari irisan halus kol atau kubis. Biasanya sauerkraut disantap sebagai salad atau isian roti lapis.

Makanan tinggi probiotik ini dipercaya bisa mengurangi alergi dan menjaga kesehatan mata. Makanan ini juga kaya akan nutrisi vitamin, serat, mineral, dan antioksidan.

4. Acar Mentimun/Pickle

makanan asam mengandung probiotik yang bagus untuk diet
Acar mentimun atau pickle/Foto: Freepik.com/Maria Verkhoturtseva

Orang Barat biasanya suka sekali makan pickle atau acar mentimun dalam toples kaca sebagai camilan atau isian roti lapis. Ternyata, acar mentimun ini memang bagus untuk diet karena memiliki rendah kalori dan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, termasuk sumber vitamin K.

Berbeda dengan acar Indonesia, pickle dibuat dari mentimun yang direndam dalam larutan air, garam, gula, cuka, dan rempah lainnya selama beberapa waktu. Proses fermentasi dari probiotik Lactobacillus menjadikan acar mentimun terasa asam.

5. Kefir

makanan asam mengandung probiotik yang bagus untuk diet
Kefir/Foto: Freepik.com/racool_studio

Kefir adalah minuman susu fermentasi yang memiliki rasa, warna dan konsistensi mirip yogurt, namun aromanya lebih tajam dan khas seperti tape. Kefir mengandung beberapa strain dan bakteri probiotik yang berguna untuk kesehatan pencernaan, tulang, dan sistem kekebalan tubuh. Jenis susu fermentasi ini telah marak dikonsumsi di beberapa negara Asia dan Skandinavia.  

Proses fermentasi kefir diperoleh dengan menambahkan bibit/biji kefir (kefir grain) ke dalam susu pasteurisasi. Bibit/biji kefir sendiri merupakan kultur bakteri asam laktat dan ragi yang bentuknya tampak seperti kembang kol.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id