sign up SIGN UP

Wah, Jenis Camilan Satu Ini Ternyata Bisa Bikin Berat Badan Turun Lebih Cepat! Cek di Sini!

Nadya Quamila | Beautynesia
Senin, 07 Mar 2022 19:00 WIB
Wah, Jenis Camilan Satu Ini Ternyata Bisa Bikin Berat Badan Turun Lebih Cepat! Cek di Sini!
caption
Jakarta -

Beauties, apakah kamu sudah menjalankan program diet namun masih kesulitan menurunkan berat badan? Ada beberapa penyebab mengapa berat badan susah turun, di antaranya kurang asupan protein, jarang minum air putih, tidak mengatur pola makan, hingga kebiasaan mengonsumsi camilan atau ngemil yang buruk.

Yup, mengonsumsi camilan adalah hal yang sering kali sulit dihindari ketika diet. Mulai dari makanan manis hingga asin yang tentu menggugah selera, terlebih jika dinikmati saat bersantai. Sebenarnya, ngemil saat diet sah-sah saja, lho. Asalkan camilan yang dikonsumsi adalah makanan yang sehat dan tidak termasuk makanan yang berpotensi menambah berat badan.

Nah, kira-kira jenis camilan apa, sih, yang baik untuk diet? Ahli diet membagikan jenis camilan yang bisa dikonsumsi saat diet, bahkan bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Penasaran? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Jenis Camilan yang Bantu Turunkan Berat Badan Lebih Cepat

Kacang almondIlustrasi kacang/ Foto: Freepik

Menurut ahli diet Kim Yawitz, cobalah untuk memilih camilan atau makanan ringan yang mengandung protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks sendiri adalah jenis karbohidrat yang lebih sehat dan bergizi karena kaya akan serat, mineral, dan vitamin yang sangat penting bagi tubuh.

Lantas, apakah ada jenis camilan yang mengandung ketiga nutrisi tersebut? Jawabannya ada, Beauties!

Menurut Yawitz, jenis camilan terbaik untuk membantu menurunkan berat badan lebih cepat adalah kacang dan apel. Wah, kok bisa ya?

"Kacang mungkin tampak seperti pilihan yang mengejutkan, mengingat kandungan lemaknya yang relatif tinggi. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak kacang cenderung memiliki berat badan lebih ringan dan memiliki lebih sedikit lemak perut daripada orang yang tidak makan kacang," ungkapnya kepada Eat This! Not That.

Ada banyak jenis kacang yang bisa dikonsumsi, namun pilihan Yawitz jatuh kepada pistachio. Ia menjelaskan, menurut sebuah penelitian, pistachio yang dimakan bersama kulitnya memiliki kalori 41 persen lebih sedikit dibandingkan pistachio yang dikupas.

Dikutip dari Healthline, pistachio adalah sumber lemak sehat, serat, protein, antioksidan, dan berbagai nutrisi, termasuk vitamin B6 dan tiamin. Selain bisa membantu menurunkan berat badan, pistachio juga dapat menurunkan kolesterol dan gula darah, dan meningkatkan kesehatan usus, mata, dan pembuluh darah.

Kombinasi Camilan Kacang dan Apel untuk Turunkan Berat Badan

Apel adalah buah pembawa keberuntungan di tahun macan airIlustrasi apel/Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Untuk melengkapi, kombinasi kacang dan apel adalah pilihan camilan yang tepat untuk dikonsumsi saat diet. Sebab, menurut Yawitz, apel adalah sumber serat makanan yang baik yang dapat membuat kamu merasa puas dan kenyang lebih lama.

"Satu penelitian menunjukkan bahwa makan apel sehari dapat menurunkan berat badan, dan penelitian lain menunjukkan bahwa makan hingga tiga apel per hari bisa membantu menurunkan berat badan," tambahnya.

Sebuah penelitian yang dilansir Healthline, kelompok perempuan mengonsumsi tiga apel, tiga pir, dan tiga kue gandum setiap hari yang memiliki tingkat kalori yang sama selama 10 minggu. Hasilnya, kelompok perempuan yang mengonsumsi apel mengalami penurunan berat badan yang signifikan dibanding kelompok perempuan yang mengonsumsi pir atau kue gandum.

So, tertarik mengubah camilanmu menjadi apel dan kacang-kacangan untuk menurunkan berat badan, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id