sign up SIGN UP

Wajib Diingat! Masker Jenis Ini Menurut WHO Nggak Bisa Tangkal Omicron!

Fina Prichilia | Jumat, 14 Jan 2022 14:30 WIB
Wajib Diingat! Masker Jenis Ini Menurut WHO Nggak Bisa Tangkal Omicron!
Panduan pakai masker buat bantu mencegah penyebaran varian covid omicron/freepik/tirachardz
Jakarta -

Varian Omicron dinilai lebih ringan dibanding varian sebelumnya, tetapi bukan berarti membuat kita lalai. Pasalnya beberapa negara melaporkan kasus covid-19 meningkat, dan didominasi Omicron.

"Omicron adalah virus yang sangat menular, mungkin patogen paling menular di bumi," kata Lawrence Gostin, profesor hukum kesehatan global di Universitas Georgetown dan Direktur Pusat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Hukum Kesehatan Global, dikutip dari ABC News Kamis (13/1).

Inggris jadi negara pertama yang melaporkan kasus kematian pertama karena varian ini, seperti dikutip dari laman BBC UK. Para pakar kesehatan di dunia pun memperbarui rekomendasi penggunaan masker yang bisa menangkal Omicron.

Masker yang Disarankan dan yang Dinilai Tidak Efektif

Panduan pakai masker buat bantu mencegah penyebaran varian covid omicron/freepik/tirachardzPanduan pakai masker buat bantu mencegah penyebaran varian covid omicron/freepik/tirachardz

Menurut pakar di AS, menyarankan warganya menggunakan masker N95, dibanding masker lain.

Gostin mengungkap masker kain hampir tidak melindungi sama sekali seseorang dari Omicron. "Melawan Delta saja, masker kain hanya efektif sekitar 20 hingga 30 persen. Dan tentu saja, dengan Omicrron, efektivitasnya dapat semakin berkurang, atau bahkan tidak melindungi sama sekali."

Ia juga menambahkan masker bedah biasa pun bisa tidak seefektif seperti biasanya, Beauties. Para pakar sepakat masker N95, KN95 atau KF94 merupakan pilihan terbaik dalam melawan varian Omicron. Masker-masker tersebut dibuat dari bahan sintetis berlapis-lapis dan menyaring atau menangkap sekitar 95 persen partikel di udara.

tips makeup kondanganMasker KF94 meminimalisir makeup berpindah/Foto: Twitter.com/hyew_36pt/

Lantas bagaimana dengan masker ganda, serta bila tidak tersedia masker yang direkomendasikan?

Menurut ahli, pilihan terbaik berikutnya ialah masker bedah kelas media berlapis-lapis, bukan kertas. Dan yang paling penting pas dengan wajah.

Sebab biasanya masker beda hanya ada satu ukuran, sehingga sering ada celah di samping yang otomatis bisa mengurangi efektivitas masker. Tetapi ini bisa diakali dengan cara simpul, sehingga memastikan tak ada celah yang bisa masuk.

Sementara dengan masker ganda, seperti masker bedah ditambah masker kain juga bisa membantu melindungi diri dari Omicron dalam batas waktu tertentu.

"Saya akan mengatakan kepada siapa pun yang masih menggunakan masker kain, harap pertimbangkan dengan serius untuk meningkatkan masker Anda setidaknya menjadi masker bedah kelas medis yang cocok," kata Sabrina Assoumou, seorang dokter penyakit menular di Boston Medical Center.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id