sign up SIGN UP

Wajib Tahu! Ini Cara Daftar Vaksin Booster COVID-19 dan Cek Tiket di PeduliLindungi, Catat ya!

Tim Redaksi detikHealth | Beautynesia
Kamis, 13 Jan 2022 14:00 WIB
Wajib Tahu! Ini Cara Daftar Vaksin Booster COVID-19 dan Cek Tiket di PeduliLindungi, Catat ya!
caption
Jakarta -

Sejak 12 Januari 2022 kemarin, pemerintah Indonesia telah melakukan program vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster. Vaksin booster ini penting untuk memperkuat antibodi dalam melawan virus corona penyebab COVID-19.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa vaksin booster akan diberikan secara gratis dengan memprioritaskan lansia dan kelompok rentan terlebih dahulu. Warga berusia 18 tahun ke atas yang sudah mendapat vaksinasi dosis lengkap minimal 6 bulan juga tentu akan mendapatkan vaksin booster gratis. Tak hanya itu, izin darurat lima merek vaksin booster juga sudah dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Lantas, bagaimana cara daftar vaksin booster COVID-19? Kementerian Kesehatan RI menganjurkan untuk cek tiket di PeduliLindungi. Berikut cara daftar vaksin booster COVID-19 dan cek tiket di PeduliLindungi. Catat, ya!

Cara Cek Tiket dan Jadwal Vaksin Booster Gratis di PeduliLindungi

Syarat dan kriteria penerima vaksin booster/ Foto: Pexels/ CDCIlustrasi vaksin/ Foto: Pexels/ CDC

Beauties, jika kamu atau orang terdekat masuk kelompok prioritas vaksin booster COVID-19, segera cek tiket dan jadwal vaksinasi di web maupun aplikasi PeduliLindungi. Tiket tersebut bisa digunakan di lokasi vaksin booster gratis yang telah ditentukan.

Ada dua cara untuk mengecek tiket, yakni melalui web dan aplikasi PeduliLindungi. Berikut caranya:

Lewat Web PeduliLindungi:

  • Masukkan nama lengkap, NIK, lalu periksa

Lewat Aplikasi PeduliLindungi:

  • Buka aplikasi PeduliLindungi
  • Masuk dengan akun yang terdaftar
  • Klik 'profil' dan pilih 'status vaksinasi dan hasil tes COVID-19'
  • Status dan jadwal vaksin booster akan muncul di akun
  • Cek tiket vaksin melalui menu 'Riwayat dan tiket vaksin

Apabila kamu termasuk kelompok prioritas namun belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksin booster gratis, jangan khawatir, Beauties! Kamu bisa langsung datang ke fasilitas kesehatan atau lokasi vaksin booster gratis terdekat. Jangan lupa untuk membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2.

Tiga Versi Kombinasi Vaksin Booster

WHO merekomendasikan vaksin boosterIlustrasi vaksin/Foto: Pexels/ Gustavo Fring

Kementerian Kesehatan RI menetapkan 3 versi regime vaksin booster berdasarkan jenis vaksin primer yang diterima pada dosis 1 dan 2. Kombinasi ini selain berdasarkan riset juga menyesuaikan ketersediaan stok. Untuk mengetahui 3 versi regime vaksin booster, baca selengkapnya DI SINI ya, Beauties!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id