sign up SIGN UP

Waspada Kolesterol, Ini 4 Cara Aman Konsumsi Makanan Bersantan Saat Lebaran

Atiek Alhamasy | Beautynesia
Rabu, 04 May 2022 19:30 WIB
Waspada Kolesterol, Ini 4 Cara Aman Konsumsi Makanan Bersantan Saat Lebaran
caption
Jakarta -

Beauties, apa makanan favorit kamu saat Lebaran atau Hari Raya Idulfitri? Opor ayam? Gulai? Atau rendang? Memang hidangan berbahan dasar santan tersebut harus selalu ada dalam jajaran daftar menu makanan di saat Lebaran.

Namun, tahukah kamu? Bahaya konsumsi santan yang berlebihan dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti darah tinggi (hipertensi), kolesterol dan juga penyakit jantung, lho. Tapi, bisa jadi kamu tergoda mengonsumsi makanan berbahan santan karena rasanya yang sangat lezat.

Tenang saja, kamu tetap bisa makan makanan berbahan dasar santan tapi tentu dengan cara yang lebih aman dan sehat. Yuk, cari tahu bagaimana cara aman konsumsi makanan bersantan saat lebaran berikut ini!

Jangan Makan Santan Berlebihan

Ilustrasi Curry: Freepik/Timolina
Ilustrasi kari/Foto: Freepik/Timolina

Sesuatu yang berlebihan selalu tidak bagus. Kandungan lemak jenuh yang ada pada santan sangat berisiko menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Makanlah makanan santan dengan porsi yang wajar saja. Ingatlah untuk selalu menjaga kesehatan, ya!                             

Jangan Mencampur Santan dengan Jeroan

Coconut milk atau yang disebut santan oleh orang Indonesia dapat menjadi alternatif pengganti susu hewaniIlustrasi santan/Foto: Freepik.com/jcomp

Untuk apa makanan lezat jika berakibat buruk untuk kesehatan, setuju, Beauties? Menurut situs American Heart Association, batas kalori dari lemak jenuh yang boleh dikonsumsi sekitar 6 persen dari kalori total. Jeroan sendiri kaya akan lemak jenuh, begitu juga dengan santan.

Jeroan dan santan memang merupakan perpaduan makanan yang lezat, gurih dan dan bikin nagih. Tapi kini kamu harus mulai menghindari untuk mencampurnya karena efeknya tidak baik untuk kesehatan.

Seimbangkan dengan Banyak Makanan Mengandung Serat

Ilustrasi Buah-buahan: Freepik/Mdjaff
Ilustrasi Buah-buahan: Freepik/Mdjaff

Serat mampu mengontrol kadar kolesterol yang diakibatkan oleh konsumsi santan yang berlebihan. Maka dari itu penting bagi kamu untuk banyak konsumsi serat seperti buah-buahan dan sayuran saat Lebaran. Selain karena menjaga kolesterol jahat naik, serat juga akan membuat kamu cepat kenyang sehingga terhindar dari makan berlebih.

Jangan Pernah Memanaskan Makanan Santan Berkali-Kali

masak barengIlustrasi masak/Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio/ Foto: Ruhil Anadiah Sabrina

Santan sebenarnya merupakan lemak baik dengan asam lemak dan zat triliserida yang gampang dibakar oleh tubuh. Namun jika dipanaskan berulang kali, lemak pada santan tersebut bisa berubah menjadi lemak jenuh.

Ketika Lebaran, banyak orang akan memasak dengan porsi besar dan jika belum habis maka akan dipanaskan. Namun memanaskan kembali makanan santan itu tidak baik, bahkan bisa sangat berbahaya. Lemak jenis ini diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) di dalam tubuh manusia dan bisa mengakibatkan penyakit jantung, seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Makanan santan memang tidak pernah mengecewakan lidah karena selalu lezat jika diolah dengan cara dan campuran apapun. Apalagi ketika Lebaran, banyak sekali makanan dari bahan santan yang harus dicoba. Namun kamu perlu ingat cara yang aman konsumsi makanan santan karena penting bagi kesehatan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id