sign up SIGN UP

4 Bahan Alami di Dapur untuk Menebalkan dan Menutrisi Rambut, Pernah Cobain Salah Satunya?

Meliana Gusti | Beautynesia
Sabtu, 25 Jun 2022 21:00 WIB
4 Bahan Alami di Dapur untuk Menebalkan dan Menutrisi Rambut, Pernah Cobain Salah Satunya?
caption

Bahan di dapur nggak cuman bisa digunakan untuk masak lho, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk menutrisi rambut kamu, Beauties.

Ketika memikirkan rambut yang berkilau dan sehat, pasti yang terlintas di benak kamu adalah perawatan mahal? Tidak selalu ya, jika kamu melakukan perawatan rutin di rumah juga bisa memberikan hasil yang bagus.

Beberapa bahan alami yang mudah kamu temukan di rumah bisa menutrisi rambut dengan baik. Seperti kandungan vitamin, mineral dan protein yang baik untuk pertumbuhan rambut. Untuk mendapatkan rambut sehat, menjaga kebersihannya juga sangat penting.

Tapi jangan lupa untuk meminimalisir penyebab kerusakan rambut ya Beauties. Terkadang kebiasaan sehari-sehari seperti menggunakan hairdryer bersuhu tinggi yang menyebabkan rambut rontok, hingga penggunaan hair spray yang membuat tekstur rambut jadi kasar.

Yuk perbaiki masalah rambut kamu hanya dengan bahan yang ada di dapur dan pastinya anti-ribet. Simak rekomendasi bahan di dapur untuk menutrisi rambut ini ya!

1. Kemiri

Kemiri bahan alami yang ada di dapur untuk menutrisi rambut.
Kemiri bahan alami yang ada di dapur untuk menutrisi rambut/ foto: pexels/ Marina Leonova

Pasti bahan ini sangat umum ada di dapur kamu Beauties. Selain digunakan sebagai bumbu di dapur, kemiri juga mampu memberikan nutrisi untuk menumbuhkan rambut. Dilansir dari CNN Indonesia, kemiri mengandung asam lemak yang mampu mempercepat pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih kuat.

Caranya cukup mudah, hanya dengan menghaluskan beberapa butir kemiri, kemudian direbus hingga menghasilkan minyak. Aplikasikan ke rambut sambil dipijat lembut untuk memberikan efek rileks. Tunggu hingga dua jam dan bilas bersih dengan sampo.

2. Telur

Telur bisa digunakan sebagai masker rambut.
Telur bisa digunakan sebagai masker rambut/ Foto: pexels/ Pixabay

Meskipun berbau amis, telur bisa dijadikan sebagai bahan melembutkan rambut. Dilansir dari Brydie, bahan makanan yang satu ini mengandung sumber protein dan asam lemak yang baik,  dan mengandung asam amino yang baik untuk pertumbuhan rambut.

Penggunaannya cukup gampang dengan menggunakan sebagai masker. Gunakan sebagai masker selama 30 menit dan bilas hingga bersih. Jangan lupa untuk menggunakannya secara rutin, sebanyak satu bulan sekali ya, Beauties.

3. Seledri

Seledri bisa menjaga kesehatan rambut.
Seledri bisa menjaga kesehatan rambut/ foto: pexels/ engin akyurt

Tumbuhan hijau satu ini selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, bisa menutrisi rambut lho. Selain mudah dijumpai di rumah, seledri bisa kamu gunakan untuk masker rambut. Menggunakan masker rambut dari seledri dipercaya dapat membantu pertumbuhan rambut.

Seledri mengandung vitamin A, B, mineral, serta kalsium yang sangat baik untuk menutrisi rambut. Wah pantas saja kita sering menemukan sampo dengan kandungan seledri ya Beauties.

Caranya penggunaannya, yaitu dengan menghaluskan seledri dengan tambahan air. Kemudian gunakan sebagai masker rambut diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

4. Madu

Ilustrasi madu dapat melembutkan rambut.
Ilustrasi madu dapat melembutkan rambut/ foto: pexels/ pixabay.

Tak hanya digunakan sebagai penambah rasa manis pada makanan, madu juga sangat baik untuk menghaluskan rambut. Dilansir dari Pink Villa, menggunakan madu dapat menjaga rambut tetap terhidrasi dengan baik.

Selain itu rambut kamu juga akan lebih berkilau, serta merawat kulit kepala kamu tetap sehat. Gunakan madu sebagai masker rambut kemudian diamkan hingga 30 menit. Jangan lupa dibilas hingga bersih ya beauties. 

Deretan bahan alami di atas sangat mudah ditemukan di dapur kamu kan Beauties? Jangan lupa lakukan secara rutin ya, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Selain itu penting untuk menjaga rambut kamu terhindar dari penyebab kerusakan, serta menjaganya tetap bersih. Selamat mencoba Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id