sign up SIGN UP

4 Kesalahan Pakai Sunscreen pada Kulit Berminyak, Bikin Kulit Kusam!

Dian Aprilia | Beautynesia
Sabtu, 31 Jul 2021 10:30 WIB
4 Kesalahan Pakai Sunscreen pada Kulit Berminyak, Bikin Kulit Kusam!
caption

Sunscreen termasuk skincare wajib untuk semua jenis kulit. Namun adakalanya pemakaian sunscreen justru menimbulkan masalah baru, utamanya pada kulit berminyak. Biasanya sunscreen pada kulit berminyak bisa membuat kulit jadi terlihat kusam dan semakin berminyak parah.

Kondisi tersebut disebabkan karena kesalahan pakai sunscreen, sehingga terjadi oksidasi produk. Kalau sudah begini, tak sedikit yang memilih tidak menggunakan sunscreen. Padahal keputusan tersebut justru menyebabkan masalah yang lebih fatal pada kulit. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 kesalahan penggunaan sunscreen pada kulit berminyak.

Salah Pilih Sunscreen

Kesalahan memakai sunscreen
Kesalahan memakai sunscreen/pixabay.com/AdoreBeautyNZ

Kesalahan memakai sunscreen yang pertama adalah salah pilih sunscreen. Berbeda halnya dengan sunscreen untuk kulit kering, sunscreen yang cocok untuk kulit kering perlu memenuhi beberapa kriteria. Di antaranya adalah sunscreen yang non-comedogenic, water based, oil free, matte-finish, dan juga ada kandungan oil control. Jadi tips memakai sunscreen adalah memakai sunscreen yang tepat sehingga tidak membuat kulit jadi semakin berminyak dan memicu efek kusam.  

Pakai Dua Produk Sunscreen dan Pelembap

Kesalahan memakai sunscreen
Kesalahan memakai sunscreen/pixabay.com/chezbeate

Kesalahan memakai sunscreen yang kedua adalah menggunakan dua produk berbeda untuk sunscreen dan pelembap. Hal ini bisa memicu kulit jadi sangat berminyak dan lembap bahkan terlihat kusam.

Tips memakai sunscreen yang bisa kamu ikuti adalah menggunakan sunscreen yang mengandung pelembap sekaligus. Jadi kamu bisa memakai hanya 1 produk saja dengan manfaat perlindungan dari sinar UV dan melembapkan kulit. Namun hal ini tidak harus dilakukan, jika kamu memilih dua produk yang berbeda pastikan pilih jenis sunscreen yang tepat.

Layering Terlalu Banyak

Kesalahan memakai sunscreen
Kesalahan memakai sunscreen/pexels.com/Adrienn

Kesalahan memakai sunscreen yang bisa bikin kulit kusam adalah menggabungnya dengan banyak produk. Layering skincare yang terlalu banyak di pagi hari juga bisa memicu kulit jadi kusam usai pakai sunscreen.

Cara memakai sunscreen yang tepat adalah layering produk skincare yang tidak banyak. Contoh urutan yang sederhana dan tidak terlalu banyak adalah face wash, toner, serum, sunscreen, cushion, dan bedak tabur. Jangan terlalu banyak pakai produk skincare dan make up di pagi hari.  

Tidak Membersihkan Wajah Sebelum Re-Apply

Kesalahan memakai sunscreen
Kesalahan memakai sunscreen/pexels.com/Jonaorle

Kesalahan memakai sunscreen yang terakhir adalah tidak membersihkan wajah sebelum re-apply sunscreen. Padahal sebelum re-apply biasanya kulit terasa sangat berminyak, penuh dengan debu, kotoran dan make up. Akibatnya jika langsung mengaplikasikan ulang sunscreen, wajah terlihat lusuh, kusam dan semakin berminyak.

Jadi cara memakai sunscreen yang tepat adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum re-apply. Selain membuat wajah lebih ringan dan segar, cara ini bisa membuatmu terhindar dari masalah komedo, bruntusan dan jerawat.

Itulah 4 kesalahan pakai sunscreen yang bikin kulit berminyak terlihat kusam dan lusuh. Hindari 4 kesalahan tersebut ya, beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id