sign up SIGN UP

5 Fakta Menarik Celak Mata, Eyeliner Jadul dari Zaman Nabi yang Tetap Eksis dan Punya Manfaat Baik bagi Mata

Nisrina Salsabila | Sabtu, 15 Jan 2022 14:00 WIB
5 Fakta Menarik Celak Mata, Eyeliner Jadul dari Zaman Nabi yang Tetap Eksis dan Punya Manfaat Baik bagi Mata
Fakta Menarik Celak Mata, Eyeliner Jadul dari Zaman Nabi yang Tetap Eksis/Foto: Yementimes.com

Beauties, apa kamu pernah mendengar celak? Celak mata atau sipat adalah kosmetik yang digunakan di sekeliling garis mata untuk mempercantik dan menegaskan bentuk mata. Kalau zaman sekarang, mungkin kamu mengenalnya dengan sebutan eyeliner. Meski begitu, ada perbedaan antara celak dan eyeliner biasa yang kamu kenal saat ini.

Bila eyeliner konvensional murni dipakai untuk tujuan estetik, lain hal nya dengan celak yang terbuat dari bahan sejenis batu bernama itsmid. Menurut riwayat hadis, memakai celak merupakan salah satu bentuk sunah bagi kaum Muslim, karena kebiasaan ini dapat mendatangkan sejumlah manfaat baik bagi kesehatan mata.

Ingin tahu khasiat menarik di balik celak atau sipat mata? Yuk, kepoin fakta-faktanya berikut ini ya!

1. Kebiasaan yang Dianjurkan dari Zaman Nabi

manfaat penggunaan celak mata untuk mempertajam penglihatan
Rasulullah SAW menyunahkan penggunaan celak/Foto: Yementimes.com

Mengutip detikEdu, sebuah buku "The Mirror of Mohammed" karya Abdul Ghaffar Chodri menerangkan bahwa celak mata merupakan sunah yang dicontohkan Rasulullah SAW semasa hidupnya.

Dikatakan oleh Ibnu Abbas RA dalam hadis rasul yang diriwayatkan oleh Ahmad No. 3317, bahwa Rasulullah SAW menganjurkan untuk bercelak menggunakan itsmid pada kedua mata sebelum tidur sebanyak tiga goresan.

2. Bahan Pembuatan Celak

manfaat penggunaan celak mata untuk mempertajam penglihatan
Celak terbuat dari itsmid/Foto: Etsy.com

Berasal dari Persia, itsmid merupakan sejenis batu hitam yang mudah melekat, memiliki butiran sangat halus yang berkilauan, dan bersih tanpa mengandung kotoran berbahaya. Selain itu, ada pula celak yang terbuat dari hazelnut, almond atau minyak biji lainnya yang dibakar. Kosmetik yang boleh digunakan oleh laki-laki mau pun perempuan ini biasanya dikemas berupa serbuk dalam botol.

Celak yang sumbernya dari batu itsmid asli mampu membantu pandangan mata menjadi terang dan menumbuhkan bulu mata. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memilih celak butiran asli dan tidak memilih celak berbentuk krim dan mirip lipstik, karena dikhawatirkan sudah diberi campuran bahan kimia berbahaya.

3. Manfaat Celak bagi Mata

manfaat penggunaan celak mata untuk mempertajam penglihatan
Manfaat sipat mata/Foto: Shopee.co.id/oemar_99

Celak itsmid dipercaya memiliki sederet manfaat bagi kesehatan mata. Bila digunakan secara rutin, celak berfungsi untuk memperkuat penglihatan, menjernihkan mata, mengeluarkan kotoran mata, mencegah infeksi mata, melentikkan bulu mata, dan membantu pertumbuhan bulu mata supaya terlihat tebal alami. Selain itu, celak juga menjadikan bentuk mata menjadi lebih tegas.

4. Kerap Dipakaikan pada Mata Bayi

manfaat penggunaan celak mata untuk mempertajam penglihatan
Celak mata pada bayi/Foto: Pexels.com/Sangeet Rao

Kamu suka penasaran nggak sih, kalau melihat ada bayi yang dipakaikan celak hitam di bawah atau atas matanya? Sebenarnya apa fungsi celak pada bayi?

Sunah sipat mata juga lazim dipakaikan pada bayi karena besarnya kandungan manfaat di dalamnya. Kebiasaan ini bahkan telah menjadi budaya yang terkenal di kalangan bangsa Arab.

Wah, pantas saja beauty influencer Hamidah Rachmayanti turut memakaikan celak mata pada putri kecilnya, Shireen, mulai dari baru lahir.

5. Cleopatra juga Pakai Celak, Loh!

manfaat penggunaan celak mata untuk mempertajam penglihatan
Celak juga populer pada zaman Mesir Kuno oleh Cleopatra/Foto: Pinterest.com/TheSunOnline

Nggak hanya digunakan sejak zaman Nabi, faktanya manfaat celak juga telah diakui oleh bangsa Mesir Kuno pada 3.500 tahun yang lalu. Ratu Mesir Cleopatra kerap menorehkan celak mata hitam tebal di sekitar matanya, hingga akhirnya kebiasaan itu menjadi inspirasi makeup saat ini.

Di samping untuk mempercantik penampilan, orang-orang Mesir kuno kala itu pun percaya akan khasiat celak. Dilansir dari BBC Indonesia, para arkeolog meyakini orang-orang Mesir kuno menggunakan celak sebagai penangkal bakteri begitu bercampur dengan uap mata dan sekaligus dapat membantu mengurangi silaunya cahaya matahari.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id