sign up SIGN UP

Agar Kulit Wajah Tetap Kencang di Usia 40-an, Ini 7 Trik Mudah untuk Jaga Elastisitas Kulit

Ratih Dewi | Beautynesia
Rabu, 23 Mar 2022 07:45 WIB
Agar Kulit Wajah Tetap Kencang di Usia 40-an, Ini 7 Trik Mudah untuk Jaga Elastisitas Kulit
caption

Kulit kencang selalu menjadi idaman banyak perempuan, walaupun usia sudah tidak muda lagi. Pada dasarnya, hilangnya elastisitas kulit adalah bagian alami dari proses penuaan yang bisa dialami oleh siapapun. 

Hal ini dikarenakan produksi kolagen akan menurun 1-2% per tahun pada usia 25 tahun. Kulit mulai benar-benar terlihat kehilangan elastisitasnya menginjak usia 30-an hingga 40-an yang ditandai dengan munculnya kerutan, kulit kusam, dan kering. 

Kabar baiknya, ada beberapa trik mudah yang bisa Beauties lakukan untuk menjaga elastisitas kulit wajah, diantaranya sebagai berikut: 

1. Kurangi Jam Begadang 

Kurangi Jam Bergadang
Kurangi Jam Bergadang/Foto : pexels.com/cottonbro

Tidak hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh, terlalu sering begadang dapat berpengaruh pada kesehatan kulit juga lho, Beauties. Menurut dokter kulit Rossi, M.D, sel-sel kulit akan melakukan pergantian ketika kita tidur. 

Tidak hanya itu, sel-sel kulit juga membutuhkan waktu untuk istirahat selama proses pergantian dan merupakan hal sama yang dibutuhkan oleh otak kita, seperti yang dilansir dari laman BYRDIE. 

Kalau Beauties mengalami susah tidur, coba untuk melakukan meditasi, berendam air hangat, atau lakukan olahraga ringan untuk membantu membuat badan lebih lelah. 

2. Konsumsi Suplemen Kolagen

Konsumsi Suplemen Kolagen
Konsumsi Suplemen Kolagen/Foto : pexels.com/ready made

Kolagen merupakan protein yang ada di jaringan kulit dan berpengaruh pada kekencangan kulit wajah. Suplemen kolagen yang diminum akan dicerna oleh usus dan dikirim ke kulit melalui aliran darah di tubuh kita. 

Dalam sebuah penelitian, mengkonsumsi suplemen kolagen dengan kandungan vitamin C yang dikonsumsi selama 3 bulan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam elastisitas dan kekencangan kulit wajah dalam 4 minggu. Demikian yang dilansir dari laman Healthline. 

Namun, ada baiknya kamu perlu mengkonsultasikannya ke dokter terlebih dulu sebelum membeli suplemen ya, Beauties!

3. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi 

Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi
Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi/Foto : pexels.com/Daria Shevtsova

Jangan pernah meremehkan pentingnya minum air putih ya, Beauties. Kebutuhan air yang cukup pada tubuh akan membantu organ-organ tubuh bekerja dengan maksimal yang berpengaruh untuk mempertahankan kekencangan kulit wajah, termasuk memperlancar aliran darah. 

4. Pentingnya Menggunakan Pelembap 

Penting Menggunakan Pelembap
Penting Menggunakan Pelembap/Foto : pexels.com/Anna Tarazevich

Pelembap menjadi salah satu rangkaian skincare yang harus dipertimbangkan penggunaannya. "Kulit yang kering tidak dapat memperbaiki sel kulitnya sendiri dan mengalami lebih banyak kerusakan," ujar Fedrik Brand, seorang dokter kulit di New York. 

Pastikan untuk menggunakan pelembap dengan kandungan, seperti ceramide, niacinamide, ataupun hyaluronic acid yang baik untuk menjaga skin barrier dan melembapkan kulit wajah. Demikian yang dilansir dari laman Allure. 

5. Gunakan Retinol pada Malam Hari 

Gunakan Retinol pada Malam Hari
Gunakan Retinol pada Malam Hari/Foto : pexels.com/KoolShooters

Retinol menjadi salah satu kandungan skincare yang terkenal untuk menjaga kekencangan kulit wajah dan mengontrol tanda-tanda penuaan pada kulit sampai batas waktu tertentu. Hal ini dikarenakan retinol bekerja dengan meningkatkan produksi kolagen dan pergantian sel-sel kulit. Demikian yang dilansir dari laman MBG Lifestyle. 

Sayangnya, retinol membuat kulit menjadi lebih sensitif dengan sinar UV matahari. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen pada esok harinya. 

6. Jangan Pernah Melewati Sunscreen

Jangan Pernah Melewati Sunscreen
Jangan Pernah Melewati Sunscreen/Foto : pexels.com/ Tima Miroshnichenko

Salah satu penyebab menurunnya elastisitas kulit wajah adalah paparan sinar UV matahari. Ketika elastisitas kulit wajah menurun, produksi kolagen juga akan berkurang yang mempercepat proses penuaan di wajah, seperti yang dilansir dari laman Forbes. 

Walaupun tidak melakukan aktivitas di luar ruangan, penggunaan sunscreen di dalam ruangan juga penting yang dikarenakan sinar UV matahari dapat menembus jendela. 

7. Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol

Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol
Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol/Foto : pexels.com/Maria Orlova

Selain buruk untuk kesehatan organ tubuh, rokok dan alkohol juga berakibat buruk pada kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan nikotin akan mempersempit pembuluh darah dan mengganggu peredaran darah ke kulit. 

Bahan kimia dan tembakau yang diisap juga mengurangi produksi kolagen dan merusak elastisitas kulit wajah. Demikian yang dilansir dari laman Waterhouse Young. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id