sign up SIGN UP

Kamu Tim Makeup atau Skincare? Kenali Perbedannya Berikut Ini, Yuk!

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Kamis, 21 Jul 2022 20:30 WIB
Kamu Tim Makeup atau Skincare? Kenali Perbedannya Berikut Ini, Yuk!
caption
Jakarta -

Makeup dan skincare adalah dua hal yang sering banget digunakan oleh wanita. Namun bagi pemula, tak jarang ada yang  tidak mengetahui kedua perbedaannya. Bahkan ada yang kerap menganggap makeup dan skincare adalah sama.

Kendati kedua manfaat penggunaannya adalah sama agar tampil cantik, namun keduanya memiliki perbedaan yang jelas banget, Beauties. Apa sih perbedaan skincare dan makeup? Mana yang lebih baik skincare atau makeup? Simak sama-sama langsung yuk perbedaannya.

Skincare

Ilustrasi skincare/Freepik.com/Freepik
Ilustrasi skincare/ Foto: Freepik.com/Freepik

Dilihat dari asal katanya skincare merupakan perawatan untuk kulit sehingga kulit tetap sehat. Nah, produk skincare sendiri ini sering disebut sebagai investasi jangka panjang. Karena merawat kulit sedari dini bakalan membuat kulitmu sehat dalam jangka waktu lama.

Selain itu, yang nggak kalah pentingnya, penggunaan skincare akan membantu kulitmu terhindar dari masalah kulit. Contohnya jerawat, komedo, kulit kering, bahkan penuaan dini.

5 Kesalahan dalam Memakai Skincare/Foto; freepik/wayhomestudioIlustrasi memakai skincare/Foto; freepik/wayhomestudio

Produk skincare sendiri ada banyak macamnya mulai dari pencuci muka, toner, essence, serum, pelembab, krim mata, sunscreen, sheet mask hingga clay mask scrub. Berbagai produk skincare masing-masing memiliki manfaat seperti mencerahkan, melembabkan dan melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Skincare sendiri digunakan di pagi hari sebelum menggunakan makeup dan pada malam hari setelah membersihkan makeup. Dari segi harga, skincare memiliki harga yang relative mahal dibandingkan dengan makeup. Hal ini disebabkan skincare digunakan untuk perawatan dari dalam dan jangka panjang.

Makeup

Ilustrasi makeup/Pexels.com/Photo by Anderson Guerra
Ilustrasi produk makeup/ Foto: pexels.com/Photo by Anderson Guerra

Jika kamu ingin tampil cantik secara cepat, makeup adalah jawabannya. Yup, produk makeup ini dapat digunakan agar tampil cantik seketika. Dengan bantuan makeup, kamu bisa mendapatkan bentuk wajah yang kamu inginkan.

Mulai dari wajah yang lebih mulus, hidung yang terlihat lebih mancung hingga pipi yang lebih tirus. Nggak kalah sama skincare, produk makeup untuk mempercantik juga ada banyak lho jenisnya.

Sebut saja, primer, foundation, bb cream, eye shadow, contour, highlighter, lipstick, mascara, pensil alis dan masih banyak lagi. Berbeda dengan skincare yang membutuhkan perawatan telaten agar kulit terlihat glowing, dengan makeup kamu bisa mendapatkannya seketika dengan mengaplikasikan highlighter. 

Foto: Courtesy of LANEIGEIlustrasi menggunakan base makeup/ Foto: Courtesy of LANEIGE

Nggak heran jika makeup ini biasanya digunakan sebelum beraktivitas dan untuk acara-acara tertentu. Soal harga sebenarnya cukup relatif ya, Beauties. Meskipun skincare lebih mahal, namun ada juga beberapa produk makeup highend yang bisa bikin kantong meringis.

Mana yang Lebih Baik Skincare atau Makeup?

Ilustrasi skincare/Freepik.com/Freepik
Ilustrasi skincare/ Foto: Freepik.com/Freepik

Sebenarnya jika keduanya dibandingkan, skincare dan makeup sama-sama memiliki kelebihannya masing-masing. Namun jika kamu ingin kulitmu sehat jangka panjang dan glowing kamu bisa memilih perawatan dari dalam alias menggunakan skincare.

Selain itu, penggunaan skincare juga akan membantu memperbaiki kulitmu bukan menutupinya. Plus-nya lagi, kulit yang terawat akan membuat tampilan makeupmu lebih sempurna. So, untuk menunjang penampilanmu kamu bisa kok menggunakan keduanya, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id