sign up SIGN UP

Kenalan dengan Solid Perfume, Apa Kelebihannya Dibanding Parfum Biasa?

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Jumat, 23 Sep 2022 07:45 WIB
Kenalan dengan Solid Perfume, Apa Kelebihannya Dibanding Parfum Biasa?
caption

Dibandingkan dengan parfum biasa yang hadir dalam bentuk spray, solid perfume mungkin kurang begitu populer ya, Beauties. Sesuai namanya, jenis parfum ini memiliki tekstur yang "solid" atau padat dan digunakan dengan cara dioleskan langsung ke kulit.

Digemari oleh sebagian orang, yuk kenalan lebih jauh dengan jenis parfum ini dan apa sih kelebihannya dibanding jenis parfum lainnya?

Mengenal Solid Perfume

solid perfume
Solid perfume dalam kemasan tin jar/Foto: Freepik/Pixel-Shot.com

Meski kurang populer, solid perfume menjadi pilihan bagi sebagian orang, terutama mereka yang tidak menyukai parfum beralkohol. Mengutip dari Byrdie solid perfume umumnya terbuat dari bahan-bahan alami seperti beeswax dan shea butter, kemudian dicampurkan dengan essential oil maupun jenis wewangian lainnya untuk memberikan aroma yang diinginkan.

Jika kebanyakan parfum spray memiliki kandungan alkohol untuk membuat aromanya lebih tahan lama, solid perfume mengandalkan kandungan konsentrasi essential oil yang tinggi agar aromanya lebih awet meski tanpa alkohol. Bahkan, aroma jenis parfum ini disebut bisa bertahan sepanjang hari hanya dengan beberapa olesan saja, lho.

Solid Perfume vs Parfum Spray

solid perfume vs parfum spray
Solid perfum dan parfum spray/Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Selain soal ketahanan aroma dan kandungan bahan dasarnya, salah satu perbedaan paling mencolok dari solid perfume dan parfum spray adalah dari kemasannya. Solid perfume yang memiliki tekstur padat biasanya hadir dalam wadah tin jar, kaleng kecil maupun kemasan stick yang praktis dibawa-bawa tanpa takut tumpah, pecah maupun makan tempat.

Perbedaan lain antara solid perfum dan parfum spray terletak pada metode pengaplikasiannya. 

Cara Mengaplikasikan Solid Perfume

solid perfume
Mengaplikasikan solid perfume stick/Foto: instagram.com/fourteenth.fragrances

Bukan disemprot, solid perfume diaplikasikan dengan cara dioleskan pada titik-titik nadi seperti pergelangan tangan, leher, dada dan belakang telinga. Jika solid perfume hadir dalam kemasan stick, kamu cukup mengaplikasikannya dengan mengoleskannya langsung dari kemasan pada bagian titik-titik nadi.

Sedangkan untuk solid perfume yang hadir dalam wadah tin jar, cara pengaplikasiannya mirip seperti menggunakan balsem, yaitu cukup gosokkan jari pada solid perfume di dalam kemasan, lalu oleskan ke titik-titik nadi yang disebutkan sebelumnya. Panas dari kulit dan gesekan jari akan membuat tekstur solid perfume meleleh dan membuat aromanya menguat. 

Nah, selain dapat memberikan keharuman yang tahan lama, solid perfume juga bisa memberikan efek melembapkan pada kulit karena terbuat dari bahan dasar wax maupun oil.

Beberapa produk solid perfum yang bisa kamu coba di antaranya seperti Glossier You Solid Perfume, L'Occitane Cherry Blossom Solid Perfume, Lush Solid Perfume, hingga produk lokal Fourteenth Solid Perfume. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id