sign up SIGN UP

Menurut Dokter Kulit, Ini Cara Mengatasi Jerawat yang Sering Muncul Usai Berolahraga

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Selasa, 19 Jul 2022 17:30 WIB
Menurut Dokter Kulit, Ini Cara Mengatasi Jerawat yang Sering Muncul Usai Berolahraga
caption

Aktivitas olahraga memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kulit. Ini lantaran salah satu manfaat olahraga yakni sanggup memperlancar aliran darah untuk mengedarkan nutrisi ke seluruh tubuh.

Akan tetapi, pernahkah kamu merasa jerawat, kok, malah suka muncul usai berolahraga? Adakah kaitan antara timbulnya jerawat dan olahraga?

Jerawat terkait olahraga adalah masalah yang sering terjadi pada beberapa orang. Hal ini karena adanya peningkatan keringat, minyak, dan kotoran yang menyumbat pori-pori, sehingga mengakibatkan kulit bereaksi dalam bentuk jerawat yang tidak diinginkan.

Bukan hanya di wajah, area kulit lain seperti leher, dada, atau punggung yang banjir keringat setelah berolahraga juga rentan muncul jerawat.

Eits, tapi jangan karena hal ini kamu jadi malas atau bahkan berhenti olahraga, ya. Melansir Byrdie, simak kiat-kiat dari para ahli kulit untuk mencegah munculnya jerawat terkait olahraga berikut ini.

1. Bersihkan Wajah Sebelum dan Sesudah Berolahraga

cara mengatasi jerawat pasca berolahraga
Bersihkan wajah sebelum dan setelah olahraga/Foto: Freepik.com/jcomp

Aktivitas olahraga mampu meningkatkan aliran darah ke kulit yang menyebabkan pori-pori kulit terbuka. Sementara, kombinasi dari riasan dan keringat di wajah saat berolahraga berpotensi menyumbat pori-pori yang berujung jerawat.

Dr. Dhaval Bhanusali, MD, dokter kulit dan pengusaha kesehatan digital, menyarankan agar kamu menghapus riasan sebelum memulai olahraga dan langsung mencuci muka usai berolahraga.

Untuk tambahan, gunakanlah sabun pembersih wajah yang mengandung salicylic acid, sebagai kandungan yang baik untuk membersihkan pori-pori dari keringat dan minyak.

2. Hindari Rambut Menutupi Wajah

Untuk mengurangi jumlah keringat dan bakteri yang masuk ke kulitmu, pertimbangkan untuk ikat rambutmu atau kenakan ikat kepala yang bersih. Sebab, bisa saja terjadi kontak antara minyak alami dari rambut dengan kulit wajah.

3. Gunakan Handuk yang Bersih

cara mengatasi jerawat pasca berolahraga
Gunakan handuk bersih saat berolahraga/Foto: Freepik.com/jcomp

Handuk diperlukan ketika berolahraga untuk menyeka keringat. Namun, itu juga berarti handuk dapat menjadi sarang dari minyak, bakteri, dan kotoran yang menempel di wajah.

Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan handuk yang bersih dan lembut setiap memulai latihan. Selain itu, jangan pula menaruh handuk bersih sembarangan.

4. Hindari Menyentuh Wajah dengan Tangan

Ini mungkin terdengar klise, namun saran ini benar-benar efektif untuk mencegah bakteri, minyak, atau kotoran apa pun yang kamu sentuh berpindah ke kulitmu.

5. Pilih Material Pakaian yang Tepat

cara mengatasi jerawat pasca berolahraga
Pilih pakaian olahraga yang nyaman/Foto: Freepik.com/user18526052

Pakaian olahraga dengan material katun, poliester, nilon-spandeks, polipropilena, bambu, dan campuran wol memiliki kemampuan bernapas dan menyerap keringat dengan baik. Di sisi lain, sebaiknya hindari pakaian yang terlalu ketat dan membuat kulit lecet.

6. Mandi Setelah Olahraga

Menurut Dr. Bhanusali, mandi tepat setelah berolahraga berguna untuk mencegah bau badan sekaligus membersihkan keringat dan bakteri yang menempel di kulitmu.

Jessica Weiser, dokter kulit dari New York Dermatology Group turut mengungkapkan bahwa hawa panas dan lembap pasca olahraga menjadi tempat berkembang biak favorit bagi bakteri penyebab jerawat dan jamur panu. Ini seperti yang dikutip dari Allure.

7. Bersihkan Peralatan Olahraga

cara mengatasi jerawat pasca berolahraga
Rutin bersihkan peralatan olahraga/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Kebayang nggak sih, bagaimana kotornya peralatan olahraga yang rutin digunakan bersama di gym?

Dr. Jeannette Graf, seorang dokter kulit klinis berbasis di New York, punya tips untuk hal ini.

Saat di gym, sebagai upaya pencegahan di masa pandemi, kamu bisa semprotkan desinfektan ke gagang peralatan sebelum digunakan.

Lalu, untuk peralatan pribadi seperti dumbbell, matras yoga, atau bola fitnes, bersihkan dengan desinfektan setiap sesudah sesi latihan. Jangan lupa juga untuk mencuci pakaian olahraga, termasuk topi, ikat kepala, dan aksesori lain yang kamu pakai.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id