sign up SIGN UP

Pilates vs Yoga, Sama-sama Jadi Olahraga Populer Tapi Mana yang Paling Cocok Dipilih Pemula?

Anindya Milagsita | Beautynesia
Kamis, 16 Jun 2022 09:45 WIB
Pilates vs Yoga, Sama-sama Jadi Olahraga Populer Tapi Mana yang Paling Cocok Dipilih Pemula?
Mengenal lebih dekat olahraga populer pilates dan yoga/freepik/user18526052

Melakukan rutinitas olahraga kerap dilakukan oleh banyak orang untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan juga bugar. Tapi seringkali memilih olahraga yang cocok tak mudah untuk dilakukan, Beauties. Ada beberapa olahraga yang memberikan efek tersendiri bagi tubuh setelah selesai melakukannya.

Nah, kalau kamu ingin menjalani olahraga yang memberikan low-impact alias dampak rendah hingga minim risiko cedera, ada yoga dan pilates yang bisa dipilih. Kedua olahraga ini sama-sama populer sekaligus dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Tapi sebenarnya apa sih beda yoga dan pilates? Lalu manakah yang cocok dipilih untuk pemula yang ingin memulai rutin berolahraga? Simak jawabannya dengan membaca artikel ini, ya!

Apa Itu Pilates?

Mengenal olahraga populer yang bernama pilates.
Mengenal lebih dekat olahraga populer pilates dan yoga/freepik/senivpetro

Pilates ternyata hadir setelah yoga sudah dikenal terlebih dahulu sebagai olahraga yang populer di dunia, Beauties. Tepatnya di tahun 1920-an yang diperkenalkan oleh seorang bernama Joseph Pilates. Ini seperti dikutip melalui Women's Health Magazine, awalnya metode ini bernama contrology yang digunakan untuk membantu para veteran yang terluka selama Perang Dunia II. 

Pilates sendiri lebih menekankan pada pemakaian pikiran untuk mengontrol otot dengan cara fokus pada inti. Tujuan metode ini buat menciptakan kesadaran secara postural lewat aktivasi dan stabilisasi pada tubuh. Pilates sendiri berwujud latihan kekuatan yang cenderung lambat tapi tepat, dengan kontrol napas yang kebanyakan berbeda dengan yoga.

Manfaat Melakukan Pilates

Manfaat rutin melakukan olahraga pilates.
Mengenal lebih dekat olahraga populer pilates dan yoga/freepik/senivpetro

Pilates banyak dikenal salah satunya berkat para selebritas yang memilih olahraga ini untuk kebugaran. Tapi sebenarnya apa sajakah manfaat saat seseorang menjalani rutinitas latihan yang satu ini? Masih melansir dari sumber yang sama, pilates melibatkan seluruh otot pada tubuh melalui gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas, Beauties.

Bukan hanya itu, pilates juga dapat dipilih sebagai alternatif olahraga bagi siapa saja yang ingin memperbaiki postur tubuh. Seperti membungkuk atau postur tubuh lain yang cenderung buruk. Seseorang yang rutin berolahraga pilates akan merasakan tubuh terasa lebih ringan dan juga nyaman, asalkan benar dalam melakukannya.

Mengenal Lebih Dekat Yoga

Seputar olahraga yoga yang tengah menjadi tren dan banyak dipilih untuk kebugaran.
Mengenal lebih dekat olahraga populer pilates dan yoga/freepik/diana.grytsku

Kalau sebelumnya sudah mengenal tentang pilates, kali ini ada yoga yang seringkali dianggap mirip satu sama lain. Padahal keduanya berbeda, Beauties. Yoga sendiri sudah ada jauh sebelum pilates. Yoga telah ada lebih dari 5000 tahun yang lalu sebagai praktik dari India kuno. Lewat metode yang satu ini, tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan juga kesehatan mental.

Serupa dengan pilates, yoga juga memiliki gerakan tersendiri yang fokus pada postur, pernapasan sekaligus meditasi. Yoga dapat terhubung dengan pikiran dan tubuh secara mendalam melalui gerakan fisik yang berfokus pada pernapasan.

Keuntungan Jalani Yoga

Manfaat menjalani olahraga yoga.
Mengenal lebih dekat olahraga populer pilates dan yoga/freepik/jcomp

Sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu, yoga dapat memberikan manfaat bagi siapa saja yang melakukannya secara rutin. Seperti dilansir dari Harperbazaar UK, seorang instruktur yoga asal The Refinery mengungkap yoga bisa membantu dalam meningkatkan kekuatan sekaligus fleksibilitas lewat otot dan persendian, Beauties.

Tak sampai di situ, yoga juga cenderung dapat membantu membakar kalori, lho. Selanjutnya yoga dapat dipilih sebagai salah satu media untuk bermeditasi. Hingga nggak heran kalau jenis latihan kebugaran yang satu ini dapat memberikan kebahagiaan bagi yang menjalaninya.

Perbedaan Yoga dan Pilates

Perbedaan olahraga pilates dan yoga.
Mengenal lebih dekat olahraga populer pilates dan yoga/freepik/senivpetro

Setelah mengetahui seputar pilates dan yoga secara umum, lantas sebenarnya apakah perbedaan dari kedua latihan kebugaran ini? Dirangkum dari berbagai sumber, pilates dikenal sebagai metode untuk rehabilitasi terutama untuk perbaikan postur tubuh. Lalu beberapa gerakan pilates juga membutuhkan beberapa alat khusus yang hanya dapat ditemukan di tempat latihan.

Di sisi lain, yoga lebih banyak melibatkan gerakan dan spiritual yang keduanya berjalan dengan seimbang untuk fleksibilitas sekaligus kesehatan mental. Yoga juga cenderung punya lebih banyak gerakan dibanding pilates, Beauties.

Meskipun ada berbagai perbedaan, tapi keduanya jenis latihan ini punya kesamaan, lho. Baik pilates maupun yoga sama-sama punya low-impact alias berdampak rendah, minim risiko cedera, lembut untuk persendian, dan ramah untuk semua tingkat kebugaran.

Mana yang Lebih Baik untuk Pemula?

Memilih pilates ataupun yoga yang tepat untuk para pemula.
Mengenal lebih dekat olahraga populer pilates dan yoga/freepik/our-team

Pilates dan juga yoga dapat dipilih sebagai latihan kebugaran yang keduanya sama-sama ramah untuk pemula. Cara terbaik untuk memilih mana yang paling cocok dilakukan adalah dengan mengetahui tujuan melakukannya, Beauties. Ini karena keduanya sama-sama bagus dan mampu memberikan manfaat baik bagi tubuh dengan cara yang berbeda.

Saat kamu masih bingung harus memilih yang mana, jangan ragu untuk berkonsultasi pada pelatih atau instruktur terlebih dahulu buat menentukan yang terbaik di antara keduanya. Selamat mencobanya, ya!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id