sign up SIGN UP

Nggak Sulit kok, Lakukan 6 Cara Perawatan Kulit Tubuh Ini Agar Tetap Bersih dan Sehat!

Octavia Tunggal Dewi | Jumat, 14 Jan 2022 22:30 WIB
Nggak Sulit kok, Lakukan 6 Cara Perawatan Kulit Tubuh Ini Agar Tetap Bersih dan Sehat!
Cara Merawat Kulit Tubuh Agar Tetap Bersih dan Sehat/Foto: Freepik.com/Diana.Grytsku

Memiliki kulit tampak cantik, sehat, dan bersih tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Tetapi tentunya memiliki kulit sehat dan cantik tidak bisa didapatkan secara instan tanpa usaha.

Namun, bukan berarti perawatan kulit harus dengan pergi ke salon atau mengeluarkan uang yang yang tidak sedikit. Sebab, perawatan kulit dapat dilakukan dengan beberapa cara sederhana di bawah ini. Berikut cara merawat kulit agar tetap sehat dan bersih. Yuk simak informasi selengkapnya, Beauties!

1. Mandi Dua Kali Sehari

Mandi
Mandi Dua Kali Sehari/Foto: Freepik.com/Jcomp

Cara merawat kulit tubuh agar tetap sehat dan bersih yang pertama dengan mandi dua kali sehari. Sebab, mandi mampu menghilangkan minyak, keringat, dan kotoran yang menempel di tubuh setelah beraktivitas. Gunakan sabun mandi dengan kandungan yang ringan untuk menjaga kandungan minyak alami di kulit.

2. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Lindungi kulit dari sinar matahari
Lindungi Kulit dari Sinar Matahari/Foto: Freepik.com/Maggie Zhan

Tips menjaga kesehatan kulit selanjutnya dengan melindunginya dari paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari yang perlu dihindari yaitu di antara pukul 10.00-16.00. Berada di bawah sinar matahari pada rentang waktu tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti keriput, penuaan, bintik-bintik, dan juga risiko kanker kulit.

3. Gunakan Pelembab

Mengaplikasikan body lotion/ Foto: freepik.com/drobotdeanMenggunakan Pelembab/Foto: Freepik.com/drobotdean/ Foto: Shinta Nikmah

Cara merawat tubuh agar tetap sehat dan cantik berikutnya yaitu jangan lupa menggunakan pelembab untuk menjaga kesehatan kulit. Pilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Jika kulit kamu kering, jangan menggunakan pelembab berbahan dasar alkohol dan jika jenis kulit kamu berminyak maka hindari pelembab dengan bahan dasar air.

4. Gunakan Sunscreen

Gunakan sunscreen
Gunakan Sunscreen/Foto: Freepik.com/Rawpixel.com

Rutin memakai sunscreen 20 menit sebelum pergi keluar di pagi dan siang hari. Ulangi penggunaan sunscreen setiap 2 jam atau lebih jika kamu berkeringat atau berenang. Kamu juga dapat mengenakan pakaian lengan panjang, topi, serta payung sebagai pelindung tambahan selama beraktivitas di luar ruangan.

5. Hindari Merokok

Hindari merokok
Hindari Merokok/Foto: Freepik.com/Freepik

Cara merawat kulit berikutnya dengan berhenti merokok. Merokok dapat mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan kulit luar. Sehingga menyebabkan aliran darah berkurang dan kulit tampak pucat dan kusam. Merokok juga merusak kolagen dan elastin jaringan kulit. Rusaknya kolagen dan elastin menyebabkan kerutan pada kulit.

6. Rutin Eksfoliasi Kulit

Terlalu Kasar saat Eksfoliasi KulitRutin Eksfoliasi Kulit/ Foto: Pexels.com/Nectar Bath Treats

Melakukan eksfoliasi secara rutin juga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan kulit. Eksfoliasi kulit adalah proses pengangkatan sel kulit mati, menjaga kulit tetap bersih dan bercahaya. Dengan rutin melakukan eksfoliasi kulit maka struktur kulit dihaluskan serta membantu mencerahkan warna kulit.

Beauties, itu dia beberapa tips memiliki kulit yang tanpa sehat dan cantik tanpa perlu melakukan perawatan di salon yang cukup menguras biaya. Namun, tentunya hasil yang maksimal tidak bisa didapatkan secara cepat dan instan. Lakukan cara di atas secara rutin dan konsisten ya agar hasilnya tidak sia-sia. Good luck!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id