sign up SIGN UP

Sunscreen Bisa Bikin Alergi, Kenali Ciri-ciri dan Komposisi yang Bisa Bikin Wajah Meradang!

Cica Rahmania | Beautynesia
Sabtu, 18 Jun 2022 09:00 WIB
Sunscreen Bisa Bikin Alergi, Kenali Ciri-ciri dan Komposisi yang Bisa Bikin Wajah Meradang!
Segera hentikan kalau wajahmu meradang setelah memakai sunscreen. Itu bisa jadi tanda-tanda alergi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanKing999)
Jakarta -

Sunscreen adalah salah satu pelindung paling aman ketika kamu beraktivitas di bawah sinar matahari. Namun, tak jarang pelindung ini malah menimbulkan kemerahan dan gatal yang tidak nyaman secara bersamaan.

Biasanya, kondisi tidak nyaman itu disebabkan oleh tercampurnya keringat yang mengalir dengan sunscreen, atau memudarnya tabir surya akibat keringat. Pada beberapa kasus, ketidaknyamanan berasal dari alergi yang tidak disadari.

Ilustrasi sunscreen.Ilustrasi sunscreen./ Foto: Getty Images/AleksandarGeorgiev

Menurut Rachel Nazarian, MD, dokter kulit bersertifikat di Schweiger Dermatology Group di New York City, kasus alergi pada sunscreen terbilang luar biasa alias banyak.

 "Ada beberapa bahan yang agak mengiritasi orang dengan kulit sensitif, menyebabkan apa yang disebut alergi iritan, dan ini jauh lebih umum daripada memiliki alergi sejati (atau alergi kontak)," katanya kepada Byrdie.

Sama halnya dengan jenis alergi pada makanan, alergi pada tabir surya pun akan menampakkan reaksinya dan bisa dirasakan oleh semua orang.

"Sama seperti siapa pun yang memiliki alergi atau sensitivitas makanan, siapa pun dapat alergi atau sensitif terhadap salah satu dari banyak bahan yang ditemukan di tabir surya, atau produk perawatan kulit lainnya," kata Nazarian.

Portrait of a beautiful Asian woman with healthy skin. She uses a sun protection hand that hits her face to protect against UV that has caused her face to dull.Ilustrasi sunscreen. / Foto: Getty Images/iStockphoto/Pongtep Chithan

Menurut Nazarian, setidaknya ada tiga jenis alergi sunscreen, yaitu alergi di kulit sensitif, yang cenderung bereaksi ketika mengoleskan tabir surya mereka. Lalu ada alergi kontak, yaitu reaksi imunologis terhadap bahan yang akan memperburuk gejala setiap saat.

Ada juga alergi kontak foto, yang terjadi terkena sinar matahari. 

Tanda dan Gejala Alergi Tabir Surya

Menurut Audrey Kunin, MD, adalah dokter kulit bersertifikat di Kansas City dan pendiri DERMAdoctor, alergi sunscreen dapat muncul dalam bentuk gatal-gatal, dengan bekas merah, timbul, serta gatal, dan ruam.

8 Tanda Kulit Sensitif/ pexels.com/ Jenna HamraIlustrasi kulit sensitif. (foto: pexels.com/ Jenna Hamra)

"Ada tanda-tanda yang tumpang tindih dari semua kategori, alergi ringan pertama-tama dapat muncul mirip dengan sensitivitas. Untuk sensitivitas iritasi dasar, kulit seringkali hanya sedikit merah muda dan meradang, tetapi dapat bervariasi tergantung pada kondisi kulit," kata Nazarian.

Lebih lanjut, menurut Nazarian, kulit yang terhidrasi dengan baik, akan lebih sehat dan lebih kuat atau sedikit bahkan tidak ada iritasi ketika bersentuhan dengan suncsreen. Beda hal dengan kulit kering, yang berpeluang teriritasi setelah memakai bahan-bahan tertentu.

Siapa yang Berisiko untuk Alergi Sunscreen?

Secara teknis, siapa pun bisa mengalami alergi tabir surya, tapi memang ada beberapa orang lebih rentan daripada yang lain. "Siapa pun yang menderita asma, demam, atau eksim atopik mungkin lebih sensitif dan berisiko alergi terhadap bahan kimia tabir surya," kata Kunin.

Anti ribet, tiga sunscreen sachet ini bisa kamu bawa saat traveling (sunscreen untuk traveling/Foto: freepik.com/Freepik Diller)Ilustrasi sunscreen. (Foto: freepik.com/Freepik Diller)

Meski kulit sensitif berpeluang lebih besar untuk mengalami iritasi oleh sunscreen, tapi ini berbeda dari alergi kontak, kata Nazarian.

Bahan yang Mungkin Memicu Alergi Tabir Surya

Nazarian, lebih lanjut menjelaskan bahwa ada beberapa bahan atau komposisi dari sunscreen yang memicu terjadinya alergi. "Pada kenyataannya, salah satu bahan dapat menyebabkan alergi, tetapi yang paling umum adalah methoxycinnamate, benzophenone-2, benzophenone-3 dan yang dikenal sebagai PABA," jelasnya.

Tak hanya itu, Kunin juga menyarankan untuk menghindari bahan dibenzoylmethane, wewangian, dan pewarna, yang menjadi penyebab paling umum dari alergi bahan perawatan kulit.

Ilustrasi mencuci wajahIlustrasi mencuci wajah. / Foto: Getty Images/iStockphoto/Boyloso

Jika kamu merasa punya kulit sensitif, ada baiknya untuk mencoba sunscreen yang baru kamu beli di pergelangan tangan atau di belakang telinga, untuk melihat apakah kamu punya reaksi alergi atau tidak.

"Kamu bisa sensitif atau alergi terhadap salah satu dari banyak bahan yang berbeda dalam tabir surya, bukan hanya bahan aktifnya, jadi jika kamu mencatat reaksi, itu akan lebih baik untuk melanjutkan uji tempel dengan dokter spesialis kulit, kata Nazarian.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id